Kapan Mieruko-chan Season 2 Rilis?

Serial Mieruko-chan resmi dinobatkan sebagai anime terbaik di musim gugur 2021 oleh Anime Trending. Pertanyaannya sekarang, bagaimana dengan season 2 anime? Data penjualan mingguan DVD/Blu-ray disc yang dirilis oleh Oricon cukup mengejutkan, pasalnya jumlah tersebut bahkan tidak cukup untuk memenuhi syarat masuk dalam publikasi peringkat terbaru Oricon.

Data mengindikasikan bahwa penjualan BD anime kurang dari 1.126 unit, sedangkan DVD-nya hanya terjual kurang dari 236 unit. Hasil tesebut jelas berada di luar ekspektasi pasar, terlebih judul ini merupakan karya yang cukup populer, termasuk manga aslinya. Membuat sebagian penggemar khawatir dengan masa depan Mieruko-chan season 2.

Apakah penjualan versi fisik sekarang masih menjadi tolak ukur dalam kesuksesan sebuah anime dan dapat mempengaruhi produksi sekuelnya? Artikel ini akan membahas perkembangan terbaru Mieruko-chan season 2 dan segala informasi perlu kamu ketahui.

BD/DVD Bukan Sumber Pendapatan Utama Sebuah Studio

Apakah DVD/Blu-ray disc masih menjadi salah satu sumber pendapatan sebuah studio animasi di Jepang? Jawabannya Ya, tapi bukan lagi tolak ukur dalam kesuksesan sebuah anime, karena faktanya di zaman yang serba digital, di mana sudah jarang orang-orang yang memiliki alat pemutar disc video dalam format fisik. Penjualan DVD/BD juga ikut menurun, tidak hanya dalam industri anime, tapi juga di industri game.

Menurut data yang dikeluarkan oleh salah satu portal di Jepang pada tahun 2019, penjualan DVD/Blu-ray disc bahkan tidak mencapai 6% dari total pendapatan sebuah anime. Hasil dari penjualan lisensi di beberapa platform streaming atau distributor dan hak siar di televisi jauh lebih menguntungkan di era sekarang.

Tak mengherankan mengapa sudah cukup sulit hanya untuk mendapatkan hasil penjualan yang tergolong “lumayan”, kecuali untuk anime yang sangat populer dan memiliki basis fans loyal seperti Kimetsu no Yaiba yang kita semua ketahui dapat dengan mudah memiliki season 2 setelah berhasil menjual versi fisik anime hingga lebih dar 200 ribu unit.

Peluang Mieruko-chan Season 2 Masih Terbuka

Penobatan Mieruko-chan sebagai anime terbaik di Fall 2021 oleh AniTrend tidak serta merta membuatnya meraih hasil yang sama di platform lainnya, begitu juga dengan season 2 serial ini. Tidak ada jaminan apakah anime garapan studio Passione tersebut akan mendapatkan sekuel kedepannya, setidaknya untuk saat ini.

Melihat reputasinya, penjualan DVD/BD memang berada di bawah ekspektasi, untungnya itu tidak akan telalu berpengaruh terhadap keputusan komite produksi, apakah Mieruko-chan akan mendapatkan season 2 atau tidak. Berkaca dari kasus Ijiranaide, Nagatoro-san yang penjualan versi fisiknya hanya terjual kurang dari 1000 unit dan tetap medapatkan season kedua, maka itu bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan oleh para penggemar.

Kurangnya Materi Dari Manga Masih Menjadi Kendala Season 2 Anime

Anime Mieruko-chan jelas bukan sebuah adaptasi yang gagal, kehadirannya diterima dengan baik oleh sebagian besar penikmat anime dan mendapatkan banyak pujian karena konsep horror-ecchi yang ia usung ke dalam fan service dianggap menarik.

Salah satu alasan kenapa anime Mieruko-chan season 2 belum diumumkan karena sumber cerita dari manga aslinya belum mencukupi untuk dimuat ke adaptasi sekuel anime. Untuk 12 episode di musim pertamanya saja, membutuhkan setidaknya 4 volume dan 24 chapter pada manga. Sedangkan manganya saat ini masih berada di volume keenam, jadi setidaknya membutuhkan dua volume dan beberapa chapter lagi agar sekuel anime mendapatkan sumber bahan yang cukup.

Jadi kapan Mieruko-chan Season 2 rilis? Untuk mengetahuinya, kite terlebih dahulu harus menunggu pengumuman resmi dari komite produksi. Jika beruntung, para penggemar akan lebih dulu mendapatkan sebuah spin-off atau OVA sebelum pengumuman season keduanya di tahun 2023-2024, bila tidak ada penundaan yang berarti pada karya sastranya.

Baca Juga: Mieruko-chan: Lanjut Manga Chapter Berapa Setelah Anime?

Adblock Detected

Matikan Adblcoknya ya ^_^