Kapan Rilis Sekai Saikou no Ansatsusha Season 2?

Anime Sekai Saikou no Ansatsusha akhirnya mengakhiri musim pertamanya di episode 12 setelah melalui momen mendebarkan. Sayangnya, ending yang diikuti dengan sebuah cliffhanger itu berakhir tanpa pengumuman apapun, menandakan jika kita tidak akan melihat season 2 anime dalam waktu dekat.

Adaptasi anime The World’s Finest Assassin atau lebih dikenal dengan judul Sekai Saikou no Ansatsusha, Isekai Kizoku ni Tensei suru ini masih meninggalkan beberapa lubang hitam untuk ditutup di season ke-2 atau rasa penasaran para penggemar tidak akan terjawab.

Bagaimana masa depan serial ini, apakah reputasi dan sumber daya yang dibutuhkan untuk memproduksi sekuelnya cukup? Artikel ini akan membahas perkembangan terbaru serial The World’s Finest Assassin season 2 dan segala informasi yang perlu kamu ketahui.

Studio Silve Link Masih Membutuhkan Waktu

Musim pertama serial isekai-fantasy garapan studio Studio Silver Link dengan kerjasama dari studio Palette tersebut seharusnya mulai ditayangkan pada Summer 2021, tapi baru bisa dirilis pada musim berikutnya karena berbagai kendala. Mengindikasikan bahwa studio utama membutuhkan waktu lebih lama dalam memproduksi anime, bahkan dengan bantuan dari Palette.

Studio Palette menangani lebih dari setengah beban kerja. Silver Link memproduksi episode bernomor ganjil, sedangkan Palette menangani episode bernomor genap, OP, dan ED. Studio tersebut merupakan perusahaan yang lebih kecil, didirikan pada tahun 2018, dan sebagian besar kreditnya melibatkan penyelesaian dan pekerjaan animasi di antara sebagai sub-kontraktor.

Maka bukan sesuatu yang mengherankan bila Sekai Saikou no Ansatsusha season 2 belum mendapatkan pengumuman resmi. Namun para penggemar tidak perlu khawatir, karena jika melihat kasus anime BOFURI, Otome Game no Hametsu Flag (Hamefura), dan Maou Gakuin no Futekigousha yang juga digarap oleh Silver Link, maka hanya menunggu waktu sampai konfirmasi resmi di keluarkan.

Sumber Materi Lebih Dari Cukup

Lain halnya dengan anime original yang ceritanya berdiri di atas kaki sendiri, adaptasi anime seperti The World’s Finest Assassin membutuhkan bahan atau sumber cerita yang cukup untuk diangkat ke anime. Kabar baiknya, ini sama sekali tidak menjadi kendala untuk isekai-fantasy satu ini. Dengan tambahan konten orisinal di serial pertamanya, mereka hanya mengadaptasi sekitar satu volume novel saja, dan sampai detik ini light novel sudah diterbitkan hingga 6 volume.

Pada dasarnya musim pertama bisa dikatakan hanya sebagai prolog pengantar. Dan season 2 Sekai Saikou no Ansatsusha diperkirakan akan mengadaptasi cerita pada Volume 2 dan 3 dari light novel.

Menariknya, meski komite produksi memutuskan untuk menambahkan konten original pada anime, hampir tidak pernah terdengar keluhan atau kritik negatif dari penikmat novel dan manga. Di mana biasanya, langkah serupa kerap kali memicu amarah fans, tapi itu nampaknya tidak berlaku untuk anime yang juga dikenal dengan judul bahasa Indonesia “Pembunuh Terhebat di Dunia Reinkarnasi Menjadi Bangsawan Dunia lain” ini.

Terkadang, satu episode bisa mengadaptasi beberapa chapter novel, tetapi banyak episode memperluas cerita dari satu chapter dengan konten orisinal yang hanya ada di anime. Episode pertama adalah konten orisinal anime yang paling berkesan karena mereka mampu mengungkapkan pandangan yang tepat dan holistik.

Alasan dibalik penambahan konten original di musim pertama adalah untuk mengambil waktu dalam mengembangkan plot dan karakter yang lebih dalam, mirip dengan anime 86. Penulis menjelaskan bahwa mereka memilih untuk tidak terburu-buru dalam mengadaptasi materi sumber.

Penjualan DVD/BD Buruk Tapi Laku di Platform Digital

Sebuah fakta yang mungkin terdengar aneh jika kita masih berada di era 10 tahun silam, tapi mulai menjadi sesuatu yang dianggap biasa di era sekarang. Siapa sangka anime langganan peringkat teratas di berbagai platform streaming dalam dan luar Jepang ini nyatanya memiliki reputasi buruk di paket penjualan DVD/Blu-ray disc.

Data penjualan mingguan DVD/Blu-ray disc yang dirilis oleh Oricon pada akhir tahun 2021 cukup mengejutkan, pasalnya jumlah tersebut bahkan tidak cukup untuk memenuhi syarat masuk dalam publikasi peringkat terbaru Oricon. Mengindikasikan bahwa penjualan BD anime kurang dari 1.126 unit, sedangkan DVD hanya terjual kurang dari 236 unit. Hasil ini jelas berada di luar ekspektasi pasar, terlebih ia merupakan karya yang populer.

Baca Juga: Kapan Mieruko-chan Season 2 Rilis?

Untungnya penjualan versi fisik tidak lagi menjadi tolak ukur dalam kesuksesan sebuah anime. Menurut data yang dikeluarkan oleh salah satu portal di Jepang pada tahun 2019, penjualan DVD/Blu-ray disc bahkan tidak mencapai 6% dari total pendapatan sebuah anime. Hasil dari penjualan lisensi di beberapa platform streaming atau distributor dan hak siar di televisi jauh lebih menguntungkan di era sekarang.

Jadi itu tidak akan berpengaruh banyak pada keputusan komite produksi atas Sekai Saikou no Ansatsusha season 2. Lebih jauh, kita dapat melihat keadaan serupa yang dialami oleh serial Ijiranaide, Nagatoro-san yang penjualan versi fisiknya hanya terjual kurang dari 1000 unit dan tetap medapatkan sekuel.

Kabar baiknya, The World’s Finest Assassin Gets Reincarnated in Another World as an Aristocrat memiliki reputasi yang sangat gemilang di berbagai platform streaming, bahkan dilaporkan sempat mengalahkan beberapa judul besar seperti Squid Game dan Komi-san wa, Komyushou desu. Berikut kesuksesan yang berhasil diraih sejak anime ditayangkan.

  • Novel aslinya jadi semakin dikenal dan laku, hingga memasuki top 10 LN terlaris versi Oricon
  • Opening Fall 2021 paling populer di Crunchyroll
  • Seri rilisan terbaik kedua di Fall 2021 versi Abema
  • Ditonton lebih dari 100 juta kali di Bilibili
  • Salah satu serial paling populer dikalangan wanita Jepang
  • Konsisten berada di peringkat atas Netflix Jepang sebagai tayangan paling populer selama Fall 2021

Melihat prestasi yang diraihnya, dan tanggapan positif para penonton, maka season 2 The World’s Finest Assassin Gets Reincarnated in Another World as an Aristocrat bukanlah sesuatu yang mustahil.

Sekai Saikou no Ansatsusha Season 2 Kapan Rilis?

Sampai pada pertanyaan utama, jadi kapan season 2 Sekai Saikou no Ansatsusha, Isekai Kizoku ni Tensei suru rilis? Untuk mengetahui kepastiannya, kita lebih dulu harus menunggu konfirmasi resmi dari staff atau komite produksi mengenai sekuelnya sebelum mendapatkan tanggal rilis pasti. Paling cepat, kita bisa saja mendapatkan pengumuman di tahun 2022 dan paling lama 2024.

Mengingat studio Silver Link saat ini juga sedang sibuk mempersiapkan anime Soredemo Ayumu wa Yosetekuru, Shijou Saikyou no Daimaou, Otome Game no Hametsu (HameFura) Movie, BOFURI s2, dan Maou Gakuin no Futekigousha s2. Tidan heran jika ini akan memakan waktu lebih lama dari yang diperkirakan. Jika beruntung, sebuah OVA Sekai Saikou no Ansatsusha bisa saja dirilis lebih dahulu pada tahun ini.

Adblock Detected

Matikan Adblcoknya ya ^_^