Animator Attack on Titan: Final Season Hengkang dari MAPPA Karena Kondisi Kerja yang Buruk

Dalam beberapa tahun terakhir, studio MAPPA nampak semakin menonjol lewat setiap produksi barunya, seperti Jujutsu Kaisen, Dororo, Zombieland Saga, dan lainnya. Namun, nama studio ini jadi semakin dikenal setelah mereka menggarap serial anime populer Attack on Titan Final Season, yang mulai ditayangkan pada Desember 2020.

Dengan padatnya jadwal produksi di MAPPA. Rumor tentang kondisi kerja yang buruk, deadline yang hampir tidak mungkin dipenuhi, dan pelecehan terhadap pekerja mereka, sudah terdengar sejak tahun lalu.

Hal tersebut kian memprihatinkan, terutama bagi para fans Attack on Titan karena salah satu animator terkenal MAPPA, MUSHIYO belum lama ini menyatakan bahwa dirinya telah meninggalkan studio tersebut karena kondisi kerja yang buruk.

https://twitter.com/Mushiyo07/status/1393328625479413762?s=19

MUSHIYO men-tweet lewat akun Twitter-nya: Saya benar-benar tidak mengerti mengapa saya bekerja sangat keras untuk masuk ke perusahaan ini. Saya tidak mengerti mengapa beberapa orang bahkan ingin bekerja di sini. Bekerja dari minggu ke minggu, ke minggu demi minggu, ke minggu demi minggu, ke minggu demi minggu sampai keesokan harinya? Itulah salah satu alasan saya memutus untuk berhenti.

Awalnya beberapa orang tidak percaya dan menganggap bahwa MUSHIYO mengacu pada perusahaan lain dan bukan studio MAPPA, karena ia tidak menyebutkan nama studio. Namun, ketika salah satu pengikutnya bertanya “Apakah Anda meninggalkan MAPPA?”, dia menjawab “Ya, saya melakukan kesalahan.”

https://twitter.com/Mushiyo07/status/1393441346187264004?s=19
https://twitter.com/Mushiyo07/status/1393439852432019456?s=19
Harap Perhatikan jam publish tweet, agar tidak kebingungan.

MUSHIYO melanjutkan di postingan keduanya: Akan sempurna jika saya bisa melatih seseorang untuk menggantikan saya, setelah pergi, tapi tentu saja, bahkan tidak ada waktu untuk itu… Nah, ketika mereka mengharuskan Anda mengerjakan empat proyek sekaligus, Anda tidak punya waktu untuk apa-apa, bukan begitu?

Salah satu pengguna yang dianggap membela MAPPA berkomentar: “Part kedua dari Attack on Titan: Final Season telah diproduksi sejak bagian pertama ditayangkan, jadi tentu saja orang yang sama tidak akan mengerjakannya, kecuali untuk staf utama. Jadi para animator tidak “berhenti” dari MAPPA, beberapa hanya menyelesaikan bagian mereka dan memulai proyek lain di sana. Beginilah cara kerjanya.”

Pembelaannya tersebut menuai banyak komentar negatif, salah satu postingan yang menonjol menjelaskan: Ketika animator ini secara eksplisit menyebutkan di Twitter bahwa bergabung dengan MAPPA adalah sebuah kesalahan dan bahwa dia pergi karena kondisi kerja yang buruk… maka ya, mereka berhenti, tidak hanya dipindahkan ke proyek lain. Mungkin Anda harus berhenti memutarbalikkan hanya untuk mempertahankan seri yang Anda sukai.