Rasis! Beberapa Fans Barat Mengaggap Nagatoro Sebagai Orang Kulit Hitam Atau Negro

Ijiranaide, Nagatoro-san bisa dikatakan sebagai salah satu anime kontroversial yang ada di tahun 2021, dan bahkan sebelum penayangannya anime ini sempat mendapatkan kritik dari fans. Sepertinya kasus tersebut tidak benar-benar terlupakan karena para fans sampai saat ini masih terus memberikan respon negatif walau tidak sedikit yang juga mensupport serial tersebut.

Kini, berita buruk terhadap anime Ijiranaide, Nagatoro-san muncul kembali lewat forum terpopuler Jepang 4Chan. Bermula dari sebuah tangkapan layar pada sebuah komentar yang telah di hapus dan kemudian dibagikan kembali oleh penggemar lainnya hingga menuai perdebatan baru. Perdebatan kali ini lebih mengarah pada rasisme karena dalam tangkapan layar tersebut berisi komentar fans Barat yang menganggap karakter Nagatoro-san sebagai orang berkulit hitam atau negro.

Jelas pernyataan rasis ini menuai konflik diantara penggemar lainnya. Dan beberapa komentar netral telah kami rangkum sebagai berikut:

  • Wow, itu rasis!.
  • Tampaknya orang Barat gak bisa membedakan antara kulit coklat dan kulit kecokletan, apakah mereka terlahir rasis?
  • Ya, orang-orang seperti ini sangat menyebalkan.
  • Aku suka Nagatoro, tapi fansya tidak asik.
  • Aku bertanya-tanya, ketika mereka melihat seseorang berkulit cokelat, apakah mereka juga akan memanggilnya hitam?
  • Tampaknya di antara orang Barat tak ada orang yang berkulit cokelat seperti Nagatoro-san.
  • Saya terkesan karena mereka memanggilnya menjadi ‘Niggatoro’, saya tidak bisa berkata-kata. Saya tidak berpikir ada orang Jepang berpikiran seperti itu.
  • Tampaknya orang Barat sangat ingin melihat pahlawan wanita berwarna hitam dalam anime romcom.

Seperti yang terlihat, komentar diatas banyak yang tidak perpikiran sampai ingin menjelekkan suatu karakter dengan mengubah nama aslinya. Meski begitu, sepertinya konflik ini tidak terlalu ditanggapin oleh sebagian fans karena sudah jelas kalau hal seperti ini ditanggapi lebih lanjut malah akan menimbulkan konflik baru yang berkepanjangan.

Di sisi lain, serial ini telah ditayangkan sejak 10 April lalu dan dikonfirmasi dengan total dua belas episode. Platform streaming Crunchyroll dan iQiyi juga menayangkan anime – berjudul “Don’t Toy with me, Miss Nagatoro“, dengan subtitle bahasa Indonesia maupun Inggris setiap hari sabtu pukul 23.30.

Nanashi telah menerbitkan manga Ijiranaide, Nagatoro-san melalui layanan Pocket Majalah terbitan Kodansha sejak November 2017. Kemudian Kodansha menerbitkan volume kompilasi kesepuluh pada 9 Maret.