10 Anime Dengan Episode Akhir Paling Sedih Menurut Orang Jepang

Pepatah pernah mengatakan “Apa yang dimulai dengan baik, pasti berakhir dengan baik pula”, namun kata-kata penuh makna ini tidak berlaku di anime. Terlebih, ada banyak serial anime yang meninggalkan bekas luka sedih yang teramat mendalam, apalagi jika sudah menjelang episode akhir dimana biasanya itu merupakan momen paling menyedihkan bagi penggemar.

Maka dari itu, portal survei terpopuler di Jepang, Goo Ranking, melakukan kuesioner/riset kepada para pembacanya dengan mengisi polling bertajuk “Serial anime apa yang membuat Anda menangis hingga episode terakhir?”. Polling ini diadakan antara 17 September hingga 1 Oktober 2020. Selama itu mereka telah mengumpulkan lebih dari 4000 entri, dan terpilihlah 10 judul anime tersedih menurut orang Jepang.

10. Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai (AnoHana: The Flower We Saw That Day)

Anime ini lebih dikenal dengan judul Anohana yang berkisah tentang Menma. Seorang wanita muda yang sudah meninggal dan hantunya muncul lagi 10 tahun kemudian. Ceritanya berfokus pada 6 orang sahabat yang dulu dekat banget, tapi berubah setelah Menma meninggal. Menma balik lagi, tapi cuma bisa dilihat oleh satu orang temannya yaitu Jinta. Intinya, Menma balik lagi ke dunia karena masih punya suatu hal yang belum terselesaikan.

Meski Anohana sudah tayang pada 2011 lalu tapi anime ini masih membekas banget di hati sampai sekarang. Diantara 11 episodenya, hampir setiap dari episodenya bisa membuat Anda meneteskan air mata, apalagi pada episode akhir yang benar-benar menyedihkan.

Episode11
StudioA-1 Pictures
GenreSlice of Life, Supernatural, Drama

9. Ansatsu Kyoushitsu (Assassination Classroom)

Bercerita tentang seorang alien yang datang ke bumi setelah dia menghancurkan bulan hingga berbentuk seperti bulan sabit. Alien tersebut pergi ke pemerintah dan menyatakan ingin menghancurkan bumi seperti yang ia lakukan terhadap bulan, tetapi saat bernegosiasi ia memberikan kesempatan dan batas waktu kepada orang bumi dengan syarat bahwa ia harus mengajar di sekolah SMP kunugigaoka dan menjadi seorang guru serta wali kelas 3-E.

Murid murid disana ditugaskan oleh pemerintah untuk membunuh mahluk tersebut dan mereka akan di beri hadiah sebesar 10M jika berhasil. Para murid disana membuat rencana pembunuhan untuk alien yang di beri nama: “Koro-sensi “. Akan tetapi karena koro sensei sangat cepat dan kuat, hal itu mustahil untuk dilakukan, membuat setiap rencana para murid menjadi gagal karena ia selalu lolos. Selain memiliki kekuatan overpower, koro sensei merupakan seorang guru terbaik yang pernah dimiliki para murid kelas 3-E, tetapi walau begitu rencana pembunuhan terus dilakukan.

Pada episode awal hingga pertengahan anime Ansatsu Kyoushitsu memang tidak ada unsur sedih yang meliputi setiap episodenya. Namun, suasana di anime ini tiba-tiba berubah menjadi sedih ketika menyentuh episode akhir, dimana para murid sudah berhasil membunuh guru terbaik mereka sendiri. Inilah mengapa banyak orang Jepang ataupun diluar Jepang yang memilih anime ini sebagai anime tersedih ketika menyentuh episode akhir.

Episode22
StudioLerche
GenreAction, Comedy, School, Shounen

8. ef: A Tale of Melodies.

Berlatar pada dua kota yang berbeda namun memiliki nama yang sama yaitu Otawa. Otawa yang satu berada di Jepang, dan Otawa yang lain berada di Australia. Tidak hanya nama kota saja yang mirip, beberapa tempat di kedua kota itu dan bahkan salah satu sekolahnya pun mirip. Selain itu, anime ini juga menceritakan 2 kisah asmara yang terjadi di dua kota tersebut. Diharapkan jika menonton ef: A Tale of Memories harus fokus dengan jalan ceritanya karena jika tidak begitu Anda akan kebingungan.

Selain memberi suasana romansa yang berat dan pembawaan cerita yang kadang sulit dimengerti. Anime ini juga penuh dilema dan terkadang dapat menaikan emosional penonton di setiap episodenya.

Episode12
StudioShaft
GenreMystery, Supernatural, Drama, Romance

7. Kanon

Yuichi Aizawa akhirnya kembali ke kotanya setelah tujuh tahun merantau. Di masa kecilnya, ia sering mengunjungi tempat dimana sesuatu terjadi hingga menyebabkan ia kehilangan ingatannya. Pada hari setelah menetap kembali, ia bertemu dengan seorang gadis yang membawa ransel dengan sayap di tasnya. Namanya Tsukimiya Ayu dan ia mulai mengingat kembali kenangan yang telah hilang.

Alur cerita yang dibuat panjang namun memberikan kesan penasaran tentunya bisa membuat Anda menikmati setiap episodenya. Berbagai konflik terus terjadi hingga Anda pasti akan selalu menanti apa yang akan terjadi selanjutnya, mengapa begini, mengapa begitu. Namun, jika sudah menyentuh bagian akhir kita akan disuguhkan dengan kesedihan yang mendalam dari karakter utamanya.

Episode12
StudioShaft
GenreMystery, Supernatural, Drama, Romance

6. Flanders no Inu (A Dog of Flanders)

Flanders no Inu mengkisahkan tentang seorang anak yatim piatu bernama Nello yang tinggal bersama kakeknya disebuah desa di Antwerp Belgia. Kehidupannya yang miskin memaksa Nello harus membantu kakeknya berkeliling desa untuk menjual susu kepada para pelanggannya. Meski hidup miskin, Nello selalu memberikan aura kebahagiaannya kepada semua orang.

Pada suatu hari Nello dan kakeknya menemukan seekor anjing yang teraniaya. Anjing ini kelak diberinya nama Patrasch yang nantinya menemani hari-hari Nello sepeninggal kakeknya. Bersama dengan anjing inilah kisahnya penuh emosional dimulai hingga sampai pada episode terakhir yang bisa membuat kita berlinangan air mata.

Episode1
StudioNippon Animation
GenreDrama, Historical

5. Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume wo Minai (Rascal Does Not Dream of Bunny Girl Senpai)

Dikisahkan tentang Sakuta Azusagawa yang bertemu dengan aktris bernama Mai Sakurajima di sebuah perpustakaan. Namun, Sakuta merasa ada yang aneh dengan Mai yang kala itu sambil mengenakan kostum kelinci. Dia berpikir bukankah kostum itu terlalu mencolok, akan tetapi anehnya tidak ada orang yang bisa melihat Mai selain dirinya. Sakita menduga kejadian aneh ini disebabkan oleh sindrom pubertas.

Sebuah sindrom aneh yang terjadi pada remaja labil. Efek sindrom ini berbeda-beda, ada yang bisa menjadi hilang dari pandangan atau ingatan orang lain seperti yang dialami Mai, adapula yang bertukar tubuh dengan orang lain ataupun berpindah ke masa depan. Hal ini dibuktikan ketika adik Sakuta juga mengalami sindrom pubertas ini. Setiap kali ia dibuli dari media sosial atau internet, maka adiknya secara misterius akan mendapatkan luka ditubuhnya.

Walau begitu cerita yang ada di Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume wo Minai sangat amat baik dan tersusun, awal cerita kita bisa menyaksikan bagaimana tingkah laku kocak dari Sakuta yang terus menjahili Mai, akan tetapi kesenangan itu hanya semata saja karena pada episode akhir akan muncul kesediah yang mungkin tidak Anda duga sebelumnya.

Episode13
StudioCloverWorks
GenreComedy, Supernatural, Drama, Romance, School

4. Mahou Shoujo Madoka Magica (Puella Magi Madoka Magica)

Kaname Madoka, seorang gadis SMP yang bersekolah di Mitakihara City Middle School. Kehidupannya mulai berubah semenjak ia bertemu dengan murid baru, Akemi Homura dan makhluk magis bernama Kyuubey. Makhluk ini bisa mengabulkan satu permohonan akan tetapi dengan syarat harus menyetujui kontrak untuk menjadi gadis Mahou Shoujo.

Dalam anime ini kita bisa menemukan nuansa penuh harapan, keputusasaan dan persahabatan. Semua bersatu ketika seorang gadis magis harus mengorbankan banyak hal dalam hidupnya dan menghadapi berbagai kesulitan untuk membuat harapannya menjadi sebuah kenyataan. Pantas saja Mahou Shoujo Madoka Magica menjadi pilihan sebagai anime tersedih menurut orang Jepang, karena anda tidak akan dikejutkan dengan jalan cerita yang begitu menyedihkan.

Episode12
StudioShaft
GenrePsychological, Drama, Magic, Thriller

3. AIR

Setelah mendengar kisah masa kanak-kanaknya dari ibunya, Yukito Kunisaki berada dalam perjalanan untuk mencari Winged Maiden yang terikat ke langit 1 abad lalu. Dengan tinggal di kota Kuno, Yukito mengenal lebih banyak orang dan belajar banyak dengan penduduk setempat. Mereka juga membantu perjalanannya dalam menemukan Maiden bersayap.

Cerita dari anime ini benar-benar menyentuh perasaan di setiap episodenya. Air juga mampu memaksa penonton untuk merasakan pahitnya perjalanan hidup hingga membuat kita meneteskan air mata. Tidak hanya itu, alur ceritanya juga sangat unik dan menyentuh membuat anime yang satu ini benar-benar menyisakan kesan yang mendalam bagi setiap orang yang sudah menontonnya.

Episode12
StudioKyoto Animation
GenreSlice of Life, Supernatural, Drama, Romance

2. Kimi ga Nozomu Eien (Rumbling Hearts)

Tentang seorang gadis bernama Haruka Suzumiya yang naksir dan diam-diam menyimpan hati pada Takayuki Narumi. Kemudian ia dibantu oleh temannya Mitsuki Haruka, untuk mendekati lelaki pujaannya dan mereka menjadi teman baik. Tetapi disini, lelaki pukaannya malah memiliki rasa pada temannya sendiri dan ia lebih menjaga hugan pertemannya dengan Haruka. Oleh karena itu Haruka membiarkan perasaannya yang juga menyukai Takayuki pupus begitu saja.

Anime dengan cinta segita ini punya awal yang unik karena tokoh utamanya langsung jatuh dalam kolam penuh duri. Kisah yang tersaji mampu mempermainkan perasaan penonton hingga menguras air. Maka dari itu Kimi ga Nozomu Eien terpilih sebagai anime tersedih menurut orang Jepang.

Episode14
StudioStudio Fantasia
GenreDrama, Romance, Slice of Life

1. Shuumatsu Nani Shitemasu ka? Isogashii Desu ka? Sukutte Moratte Ii Desu ka? (WorldEnd: What do you do at the end of the world? Are you busy? Will you save us?)

Berlatar pada abad pertengahan di mana adanya ilmu sihir, pertarungan di setiap daerah, dan monster nan ganas yang bisa kapan saja menyerbu ke kepulauan terapung diatas langit kala itu. Tinggallah gadis muda belia yang dinamakan Leprechauns dan memiliki kekuatan untuk membunuh monster tersebut dengan menggunakan Dug Weapons. Setelah ratusan tahun, munculah seorang lelaki dewasa bernama Willem Kmetsch, satu-satunya manusia yang berhasil bertahan dari kiamat di permukaan bumi.

Sebuah cerita World End yang bener-bener menarik untuk disaksikan. Karena nantinya Willem akan menjalin kisah asmara dengan seorang perempuan yang pernah ia selamatkan bernama Chtholly. Awalan dari anime ini kita akan disuguhkan dengan berbagai macam karakter menarik, tetapi jika sudah menyentuh akhir maka perspektif tentang kisah asmara akan sirnah dalam sekejap, karena bagian paling akhir dari anime ini adalah kematian.

Episode12
StudioSatelight, C2C
GenreSci-Fi, Drama, Romance, Fantasy

Itulah 10 daftar anime tersedih menurut orang Jepang. Tidak hanya di episode terakhir, adapun sebagian anime dari list diatas mampu memberikan rasa sedih di setiap episodenya. Jadi manakah diantara mereka yang pantas menjadi anime tersedih di hati Anda? Tulis jawabanmu di kolom komentar.

Source
Goo Ranking

Adblock Detected

Matikan Adblcoknya ya ^_^