Classroom of the Elite Season 2: Spekulasi dan Kemungkinannya

Sebuah anime sukses produksi studio Lerche di tahun 2017, Classroom of the Elite atau Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu e yang diadaptasi dari light novel ini masih belum mendapatkan kabar mengenai kelanjutan season 2 nya. Meskipun light novel ini telah memiliki adaptasi anime dan manga, nyatanya para penggemar belum bisa menyaksikan kepintaran sekaligus kekejaman sebenarnya yang dimiliki oleh sang karakter utama. Akankah penggemar dapat menyaksikan hal tersebut melalui Classroom of the Elite season 2? Inilah penjelasannya.

Tentang Karya Classroom of the Elite

Sebelum memasuki pembahasan tentang Classroom of the Elite Season 2 lebih jauh, pertama-tama mari pahami kembali tentang karya yang kembali menjadi populer ini setelah pemutarannya di Muse Indonesia. Classroom of the Elite merupakan adaptasi anime dari light novel karya Shōgo Kinugasa, dan diproduksi oleh studio Lerche. Anime ini tayang pada summer 2017 dan berakhir dengan total 12 episode.

Serial ini berkisah mengenai sekolah elit di Jepang yang membagi siswa-siswanya menjadi kelas A, B, C, dan D berdasarkan aktifitas akademik seperti nilai ujian dan sebagainya. Sebuah sekolah yang dilengkapi dengan pusat pembelanjaan dan rekreasi di dalamnya membuat masing-masing siswa akan diberikan sebuah kredit poin dimana poin tersebut dapat mereka belanjakan di lingkungan sekolah baik untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka atau hanya untuk bersenang-senang.

Seorang siswa kelas D, Ayanokouji Kiyotaka, merasa acuh takacuh dengan sistem yang ada dan bahkan ia mencoba untuk menyembunykan jati diri yang sebenarnya. Di saat ia tidak peduli dengan dirinya sendiri dan lebih membantu teman sekelasnya untuk terus berusaha naik menjadi kelas A, diakhir kisah season 1 ditemukan kenyataan bahwa mereka, orang-orang yang meminta bantuannya, tak lebih hanya sebuah alat untuk menyukseskan misinya.

Classroom of the Elite Season 2 Kapan Rilis?

Adaptasi anime Classroom of the Elite mengambil sumber sebanyak 3 volume pertama dari 18 volume light novel yang sampai saat ini masih barjalan. Memiliki sisa material sebanyak 15 volume untuk diadaptasikan menjadi anime tentu bukanlah hal sulit, namun rumor mengatakan bahwa sang kreator, Shōgo Kinugasa, bukanlah salah satu penggemar anime dan bila hal ini benar maka mungkin saja menjadi penghalang untuk kelanjutan season 2.

Disamping rumor yang beredar, nyatanya kesusksesan Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu e hanya terjadi pada penjualan novel dan penayangan animenya di luar Jepang saja. Penjualan Manga dan anime seperti merchandise ataupun DVD/BD tidak membawa kabar baik, bahkan tingkat penjualannya tidak seperti yang diharapkan. Tentu hal tersebut menjadi masalah utama untuk melanjutkan serialisasi ketika banyak studio anime yang lebih mengharapkan kesuksesan anime terjadi di Jepang.

Harapan untuk memiliki season 2 Classroom of the Elitej untuk saat ini hanyalah imajinasi belaka. Ditambah hingga detik ini studio Lerche belum mengkonfirmasi apapun, namun penggemar masih memiliki harapan kecil untuk melihat lanjutan seralisasi anime ini.

Baca juga: Highschool of the Dead Season 2: Sesuatu yang Mustahil?