Resmi Tamat, Attack on Titan Berpeluang Mendapatkan Spin-off atau Sekuel?

Manga Attack on Titan atau Shingeki no Kyojin resmi tamat di chapter 139 yang telah dirilis hari ini, 9 April 2021. Dalam penghujung akhir cerita, kita diperlihatkan dengan sebuah adegan emosional yang pastinya bakalan membuat penggemar berlinang air mata karena menyaksikan karakter protagonis kita, Eren Yeager, yang telah selesai memperjuangkan kebebasannya dan mendapatkan tempat paling tenang di tanah Paradise, dan di dampingi oleh Mikasa yang tetap setia berada disampingnya.

Ini mungkin merupakan salah satu ending terbaik, meski banyak juga yang tidak setuju ataupun kurang puas dengan akhir ceritanya, tapi semuanya sudah menjadi keputusan sang penulis dan kita hanya bisa menerima apa yang telah dibuat olehnya. Sehingga para penggemar yang merasa tidak puas akan itu terus bertanya-tanya apakah ada peluang bagi Attack on Titan untuk bisa memiliki sebuah cerita spin-off atau sekuel?

Jika melihat keseluruhan cerita, tamatnya Attack on Titan sampai saat ini masih banyak meninggalkan sebuah lubang dalam alur cerita yang ada, itulah yang menjadi sumber permasalahan di antara penggemar tentang bagaimana nasib para karakter utama maupun sampingan. Itulah mengapa manga ini sangat bisa memainkan logika penggemar hingga mereka menebak-nebak jalan cerita yang ada untuk membuat sebuah spekulasi masuk akal.

Mungkin saja dari spekulasi liar penggemar yang bertebaran, Hajime Isayama sedang memikirkan sebuah sekuel atau spin-off untuk manga AOT itu sendiri, di mana nantinya bakalan dijelaskan semua pertanyaan yang selama ini menghantui kita dalam bentuk cerita alternatif.

Mengingat kepopuleran manganya kini terus melonjak, maka peluang besar untuk membuat sebuah cerita alternatif untuk Shingeki no Kyojin mungkin saja bisa terjadi. Seperti yang telah di sampaikan editorial Majalah Bessatsu Shonen dalam postingan Twitternya, dengan sebuah pesan yang mengisyaratkan bahwa kemungkinan seri ini akan memiliki kelanjutan cerita dalam bentuk spin-off ataupun sekuel. Berikut pesan suratnya:

“Untuk Pembaca Attack on Titan”

“Dunia yang sejatinya tak ada pada tahun 2009 dibuat menjadi kata-kata dan gambar, diberi makna, diubah menjadi cerita, di cetak di Majalah Bessatsu Shonen Magazine edisi pertama, dan diserialkan selama sebelas tahun tujuh bulan oleh tangan Hajime Isayama.

Belum lagi sebelas tahun tujuh bulan memberikan kabar baik yang berkelanjutkan. Serial ini penuh dengan masalah, kesedihan, dan perpisahan.

Meski begitu, kami percaya bahwa tak ada hal yang lebih berharga daripada kemampuan seseorang untuk berbagi emosi yang diungkapkannya dengan kata-kata hingga menjadi sebuah cerita. Itu membuat kami senang bahwa kami bisa merasakan apa yang dirasakan pembaca dan mitra melalui Attack on Titan. Meski serial ini telah berakhir, kenangan pasti akan selalu menghangatkan hati kami, terima kasih sudah membaca.

Pertempuran kita baru saja dimulai!”

Hingga kini, setelah surat itu diterbitkan belum ada sama sekali pengumuman lebih rinci mengenai spin-off atau sekuel untuk kelanjutan akhir dari cerita karangan Hajime Isayama yang masih menyisakan banyak lubang untuk diceritakan lebih detail lagi.

Terlebih pesan diatas yang bertuliskan “Pertempuran baru saja dimulai” seperti mengisyaratkan bahwa AOT memiliki peluang besar untuk mendapatkan sebuah spin-off. Meski begitu semua keputusan masih berada di tangan sang penulis dan penerbit, kita hanya menunggu sampai waktu itu tiba.

Chapter 139 Attack on Titan diakhiri dengan kematian Eren Yeager, dia rela menjadi villain demi melindungi teman-temannya supaya tetap hidup. Kita juga melihat semua orang yang menjadi titan ataupun memiliki kekuatan titan sekarang sudah benar-benar menjadi manusia biasa, karena keturuan Ymir sudah tidak ada. Walaupun di sisi lain, sahabatnya kehilangan orang yang paling berharga tapi lebih berharga lagi mereka di berikan kesempatan oleh Eren untuk merubah dunia di masa depan.

Tidak diragukan lagi ending yang seperti ini memang sudah dipersiapkan Hajime sedari dulu untuk membuat akhir cerita yang sangat berbeda dari kebanyakan serial manga lainnya. Meski begitu, hal yang patut kita nantikan adalah apakah mungkin serial ini bisa mendapatkan sebuah sekuel atau spin-off? Kita hanya perlu mempersiapkan diri dan menunggu sampai kabar tersebut disampaikan di masa mendatang.

Adblock Detected

Matikan Adblcoknya ya ^_^