10 Rekomendasi Manhwa Terbaik Pengganti Manga

Sampai sekarang manhwa telah menjadi saranan pengganti manga dikala pembaca merasa bosan dengan gambar siluet hitam-putih. Terlebih manhwa sudah dilengkapi dengan warna detail dan ceritanya juga mudah dipahami. Sebab itu, perkembangannya semakin melonjak naik ketika beberapa adaptasi manhwa populer di serialisasikan dalam bentuk anime TV.

Dengan begitu tidak memungkinkan untuk pembaca mencari rekomendasi manhwa sebagai pengganti manga. Oleh karena itu, animesaku memberikan beberapa daftar pilihan manhwa terbaik yang tentunya tidak membosakan saat dibaca. Tanpa basa-basi langsung saja ke list di bawah ini!

10. Cheese In The Trap (Chijeu In Deo Teuraeb)

Rekomendasi Manhwa Terbaik Pengganti Manga

Dimulai dari manhwa romance terbaik berjudul Cheese in the Trap karya yang ditulis dan diilustrasikan oleh Soon Ki. Jika Anda belum membaca manhwa ikonik ini, maka kami berikan rekomendasi ini untuk pengganti manga yang sering Anda baca. Manhwa ini menceritakan kisah asmara yang rapuh antara dua orang mahasiswa, yakni Hong Seol dan Yoo Jung.

Hong Seol adalah mahasiswi yang bekerja paruh waktu untuk memenuhi biaya hidupnya sehari-hari. Tetapi, suatu hari, seorang senior di jurusannya bernama Yoo Jung, tiba-tiba muncul di lingkungan pertemanannya. Karena sebuah peristiwa, keduanya mulai memiliki perasaan dan seiring berjalannya waktu mereka pun berpacaran.

For your information, manhwa ini sudah mendapatkan adaptasi series live-action dengan judul yang sama, tayang pada tahun 2018 dengan 16 episode bisa Anda tonton di Netflix.

AuthorSoon Ki
GenreComedy, Drama, Mystery, Psychological, Romance, School Life, Slice of Life
Rilis2010
PenerbitNaver Webtoon (Naver)

9. Killstagram

Rekomendasi Manhwa Terbaik Pengganti Manga

Bisa dibilang webtoon yang mengusung tema horror-thriller satu ini memiliki banyak pesan moral di dalam ceritanya. Apalagi inspirasi utama cerita ini diambil dari kejadian tragis di beberapa platform media sosial, terutama Instagram.

Berkisah tentang Remi, seorang selebritis instagram yang hidupnya mendadak berubah ketika ada seorang stalker tak biasa menerror hidupnya. Sebelum itu dikabarkan bahwa ada “hantu medsos” yang tidak segan-segan membunuh para selebgram.

Merasa terpenuhi layaknya seorang artis dengan banyak job yang berdatangan, menuntut dia harus tampil sempurna di hadapan penggemarnya. Sampai ketika sahabatnya tiba-tiba menghilang, dari itulah hidupnya mulai berubah.

AuthorRyoung
GenreHorror, Thriller, Psychological
Rilis2019
PenerbitWebtoon

8. Volcanic Age

Manhwa ini diterbitkan pada tanggal 1 Agustus 2017, membawa unsur martial art dilengkapi dengan seni beladiri. Karya yang dibuat dan diilustrasikan oleh Jeong Jun (Tamato), terbilang cocok sebagai pengganti manga.

Bercerita tentang Joo Seo-Cheon, seorang pria yang selamat dari perang memulai keberuntungan belaka, dengan menjadi sesepuh Gunung Hua Sekte untuk menjalani kehidupan yang dulu di sesali akan keraguan. Dia kemudian berbaring sambil menunggu kematian merenggut nyawanya dan kembali ke masa lalu.

AuthorJeon Jun / Tamato
GenreAction, Drama, Fantasy
Rilis2017
PenerbitWebtoon

7. Lookism

Lookism Subtitle Indonesia

Lookism merupakan karya ciptaan Park Tae Joon. Kisahnya sendiri mengambil unsur pembullyan yang sering terjadi di sekitar kita, banyak yang bilang kalau manhwa ini seperti manga-nya Naruto tapi asal Korea, karena di dalamnya banyak pesan moral yang bisa Anda temukan saat membacanya.

Bercerita tentang seorang anak SMA bernama Park Hyeong Seok yang selalu dibully karena memiliki fisik yang kurang menarik. Dia terus menerus dijadikan bahan candaan, tempat pelampiasan, dan budak oleh teman sekolahnya.

Hingga suatu ketika dia bangun dari tidurnya — menemukan dirinya sedang tidur dan dia sadar bahwa dia keluar dari tubuh lamanya dengan fisik baru yang sempurna. Wajah tampan, badan atletis, dan suara indah. Karena kejadian itu kehidupannya berubah 180 derajat.

AuthorPark Tae Joon
GenreComedy, Drama, Romance, School life, Slice of life
Rilis2014
PenerbitNever Webtoon

6. The Breaker

The Breaker Subtitle Indonesia

Manhwa penuh action yang dikarang oleh Jeon Guek-Jin dan digambarkan oleh Kamaro ini, memang pantas menjadi pengganti manga karena mengahdirkan kisah yang cukup menarik dimana karakter utama diharuskan berjuang dari Zero to Hero.

Cerita tentang anak remaja laki-laki bernama siwon yang lemah, penakut, dan selalu di bully oleh teman-teman kelasnya. Suatu ketika dia meminum pil yang diberikan oleh gurunya tubunya menjadi kuat, dari sinilah perjalanan siwon memasuki dunia pendekar dimulai.

AuthorJEON Geuk-jin
GenreAction, Comedy, Drama, Martial Arts, Romance, School Life, Shounen
Rilis2007
PenerbitDaum Webtoon (Daum), Young Champ (Daiwon)

5. The MAX Leveled Hero Will Return!

The MAX leveled hero subtitle indonesia

Walaupun baru rilis di tahun ini dan masih memiliki sedikit chapter, tapi tidak bisa diragukan lagi dari segi cerita, manhwa ini bisa masuk kedalam daftar terbaik yang rilis ditahun 2020.

Ceritanya mengikuti seorang pangeran lemah dari kerajaan bernama Davey. Setelah gugur dalam pertempuran, dia melarikan diri ke sebuah kuil tempat para pahlawan berkumpul.

Melihat dirinya lemah, dia dilatih oleh para pahlawan disana sampai mencapai level max, sampai akhirnya dia kembali untuk bertempur! Dengan kekuatan dan semangat baru, dia berkata “tunggu saja, aku pasti akan menghadapi kalian semua!”

Ini adalah sebuah kisah kehidupan royal yang dipenuhi dengan aksi balas dendam – dimulai dari kerajaan Devay.

AuthorJudo 유도
GenreAction, Adventure, Fantasy, Isekai, Shounen
Rilis2020
PenerbitWebtoon

4. Noblesse

Noblesse Subtitle Indonesia

Tidak ada yang tidak menarik di dalam cerita manhwa “fenomenal” ini, begitu banyak adegan yang bikin pembacanya deg-degan dengan serangkaian permasalahan yang saling berkesinambungan, tekadang juga sampai membuat cerita menjadi “rumit” dan perlu presisi yang tinggi saat membacanya.

Berkisah tentang Raizel, seorang bangsawan yang terbangun dari tidur panjangnya selama 820 tahun tanpa mengetahui perkembangan umat manusia. Dia terbangun di sebuah bangunan yang ditinggalkan di Korea Selatan, dan berusaha beradaptasi dengan dunia modern.

Ia pergi ke sekolah, dan bertemu dengan pelayan setianya Frankenstein. Dengan bantuannya, dia masuk ke SMA Ye Ran dan secara tidak sengaja berbaur dengan para murid disana. Noblesse berfokus pada petualang Rai, Frankenstein, dan yang lainnya dalam melawan sebuah organisasi rahasia, yang dikenal dengan “Unions”.

Sebagai informasi: Manhwa yang dibuat oleh dua tangan komikus korea, yaitu Jeho Sun dan Kwangsu Lee, sudah mendapatkan adaptasi anime TV dan OVA yang dikerjakan oleh studio Production IG.

AuthorJeho Son
GenreShounen, Fantasy, Action, Comedy, Mystery, Supernatural
Rilis2007
PenerbitNever Webtoon

3. The God of High School

Manhwa The God of High School Subtitle Indonesia

MAPPA menjadi salah satu studio yang berkesempatan untuk mengadaptasi manhwa buatan Yongje Park berjudul The God of High School, ke dalam format anime TV pada tahun 2020 ini. Buat Anda yang sudah menonton versi animenya mungkin akan bingung dengan jalan cerita yang agak dipotong-potong oleh pihak studio.

Tapi untuk masalah itu kami skip saja, karena disini yang perlu dijelaskan hanyalah cerita dari manhwanya saja. Berfokus pada siswa sekolah menengah yang bersaing dalam turnamen epik bersama teman-temannya. Dengan meminjam kekuatan langsung dari dewa, mereka berusaha mengungkap kejanggalan yang ada di bawah panggung turnamen.

AuthorYongje Park
GenreComedy, ‎Martial Arts‎, ‎Supernatural
Rilis2011
PenerbitNever Webtoon

2. Tower of God

Manhwa Tower of God Akan Dilanjutkan Pada Bulan November

Siapa sih yang tidak kenal dengan manhwa terbaik yang memiliki alur cerita menarik ini. Tower of God adalah seri webtoon yang ditulis dan digambar oleh Lee Jong-hui, sebut saja SIU. Dan manhwa ini menjadi salah satu komik Webtoons Korea pertama yang mendapatkan adaptasi anime dengan rating tinggi.

Cerita berpusat pada seorang anak bernama Yoru yang menghabiska hari-harinya di bawah menara misterius. Sampai ketika dia bertemu dengan sosok wanita bernama Rachel, dan hidupnya mulai berubah. Rachel saat itu bilang kepadanya bahwa dia ingin pergi kesebuah menara untuk melihat bintang.

Karena Yoru tidak memiliki siapapun yang menemaninya, dia pun menyusul Rachel ke menara itu. Dia berhasil membuka pintu masuk ke menara, dan sekarang dia harus menghadapi tantangan di setiap lantai menara ini untuk menemukan temannya yang sudah pergi terlebih dahulu.

AuthorSIU
GenreAction, Adventure, Comedy, Drama, Fantasy, Mystery, Shounen, Supernatural
Rilis2010
PenerbitNever Webtoon

1. Solo Leveling

Beberapa orang mungkin telah melihat manhwa yang satu ini berada di daftar rekomendasi manhwa terbaik ataupun terpopuler. Seperti kebanyakan mahwa lainnya, Solo Leveling mengadaptasi cerita yang didasarkan pada novel dengan judul sama.

Dengan jalan cerita yang terkadang membuat pembaca serasa masuk kedalam nuansa yang diberikan oleh efek visualisasinya, membuat manhwa ini mendapatkan banyak pujian dan bahkan akan mendapatkan adaptasi ke anime dan media lainnya.

Mengisahkah hunter peringkat E bernama Sung Jin-Woo. Dia dijuluki oleh rekan-rekan sebagai Hunter terlemah. Suatu hari, dia dan kelompoknya terjebak di dungeon yang sangat berbahaya, dengan hanya sedikit diantara mereka yang selamat dan berhasil melarikan diri.

Sung Jin-woo sendiri hampir tidak dapat bertahan dan merupakan satu-satunya orang yang menyelesaikan semua percobaan di sana. Saat bangun, sesuatu yang tidak biasa terjadi padanya dan di mulailah kisah seorang hunter yang akan mengukir namanya di sejarah.

AuthorJANG Sung-Lak
GenreAction, Adventure, Fantasy, Shounen
Rilis2018
PenerbitD&C Webtoon (D&C Media), KakaoPage (Kakao)

Adblock Detected

Matikan Adblcoknya ya ^_^