Situs Bajakan Streaming Anime dan Baca Manga Bahasa Inggris ‘KissAnime’ dan ‘KissManga’ Umumkan Penutupan

Situs web streaming dan baca manga bajakan bahasa Inggris ternama KissAnime dan KissManga secara resmi umumkan penutupannya pada hari Sabtu ini. Pengumuman tersebut membuat penggemar dan pengguna media sosial heboh saat mendengar kabar ini. Penutupan situs ini dikarenakan undang-undang hak cipta Jepang yang lebih ketat tentang perburuan situs bajakan lainnya.

Diketahui melalui tangkapan layar dari server resmi Discord Kissanime yang menyatakan pengumuman mengenai penutupan situs web mereka, terlihat dalam tangkapan layar yang mengungkapkan bahwa semua file dan server web beta telah dihapus oleh pemilik hak cipta sehingga mereka memutuskan untuk menutup situs web untuk selamanya.

Dilaporkan pada bulan Juni tahun ini bahwa parlemen Jepang mulai memberlakukan revisi undang-undang hak cipta untuk memperluas undang-undang tersebut guna menghukum mereka yang sengaja mengunduh manga, majalah, dan karya akademis lainya secara ilegal atau bajakan.

Undang-undang yang direvisi akan mulai berlaku pada 1 Januari 2021 dan hukuman bagi pelanggar berulang mengunduhan film atau anime ilegal akan di penjara selama dua tahun atau denda maksimum 2 juta yen (sekitar Rp. 148 juta), atau keduanya.

Hukuman bagi mereka yang mengoperasikan situs ilegal akan dipenjara selama lima tahun atau denda maksimal 5 juta yen (sekitar Rp. 692 juta), atau keduanya. Bahkan menempel atau memberikan tautan ke media bajakan dapat membawa Anda ke konsekuensi hukum.

Ini adalah cara Jepang untuk mendukung pihak produksi dan meningkatkan industri anime, manga, dan film mereka yang sedang rapuh. Berikut ringkasan Revisi Undang-Undang Hak Cipta Jepang yang akan diterapkan pada 1 Januari 2021.

Implementasi penuh akan dilakukan tahun depan. Dengan ini, kami mungkin mendengarkan mereka tentang apa yang akan menjadi konsekuensinya bagi mereka yang berada di luar Jepang, tetapi yang pasti akan ada hukuman seperti dilarang memasuki negara tersebut, membayar denda, dan menyerahkan keputusan tersebut kepada dewan hukum hak cipta negara Anda masing-masing. . Namun yang pasti, Jepang tidak akan langsung memenjarakan Anda“.

Tidak mustahil setelah KissAnime dan KissManga terkena take down, website anime ilegal lain juga akan turut kena take down. Untuk situs ilegal yang ada di Indonesia maupun luar Indonesia, Anda perlu persiapkan mental karena hari itu pasti akan tiba.

Bagi yang ingin perkembangan anime terus meningkat, mari sama-sama kita menonton anime Legal yang tersedia di platform Crunchyroll, Funimation, serta web legal lainnya yang tentunya dapat membantu produksi anime kedepannya semakin membaik.

Source
Aniradio+

Ryu

Merangkum pengalaman di berbagai bidang dan salah satunya adalah Content Writer.

Adblock Detected

Matikan Adblcoknya ya ^_^