Mangaka Act-age Ditangkap Karena Dugaan Melakukan Pelecehan Terhadap Anak di Bawah Umur

NHK melaporkan pada hari Sabtu ini bahwa mangaka Act-age Tatsuya Matsuki (berusia 29 tahun) ditangkap karena dicurigai melakukan pelecehan terhadap seorang gadis yang masih berusia di bawah umur. Menurut polisi, ketika gadis itu sedang berjalan di bangsal Nakano di Tokyo pada 18 Juni pukul 8:00 malam. tersangka mendekati gadis itu dengan sepeda dari belakang dan menyentuhnya. Setelah itu, tersangka kabur dari TKP. Gadis itu melaporkan ke polisi, dan mereka menganalisis rekaman kamera CCTV untuk diselidiki.

Melalui rekaman kamera CCTV tersebut, polisi mengetahui bahwa sekitar satu jam kemudian, insiden serupa di jalan terdekat dengan siswa SMP (12-15) yang berbeda terjadi, dan saat itulah identitas sang mangaka dicurigai. Menurut polisi, Matsuki mengatakan kepada polisi “secara umum tidak ada yang salah” dengan tuduhan tersebut.

Lalu bagaimana nasib manga Act-age kedepannya setelah kejadian ini? Rilis chapter berikutnya di manga plus masih ditetapkan pada hari Senin nanti tapi nampaknya rilis chapter terbarunya di Viz akan mengalami penundaan, tentu saja ini masih belum bisa dipastikan. Sementara penerbitan volume berikutnya dikabarkan akan “tertunda” sampai waktu yang belum ditentukan, begitu juga dengan adaptasi drama panggungnya yang dikabarkan mengalami masalah di proses audisi untuk pemerannya.

Shueisha sendiri selaku penerbit mengeluarkan pernyataan sebagai berikut:

“Ada laporan tentang Tatsuya Matsuki, penulis Act-Age, serial manga di majalah Weekly Shonen Jump, yang akan ditanggapi secara serius oleh departemen editorial. Setelah mengonfirmasi peristiwa ini, kami akan menangani masalah ini dengan tepat. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin ditimbulkan oleh situasi ini pada pembaca kami.”

Act-Age adalah manga shounen yang telah diterbitkan di Indonesia pada 5 Agustus ini, ditulis oleh Tatsuya Matsuki dan diilustrasikan oleh Shiro Usazaki. Manga ini dimuat dalam majalah Weekly Shounen Jump terbitan Shueisha sejak bulan Januari 2018. Chapter-chapter tunggalnya telah dibundel dan diterbitkan oleh Shueisha hingga 12 volume. Viz merilis tiga bab pertamanya untuk program “Jump Start” mereka dan mulai menerbitkan seri ini secara serentak sejak bulan Desember 2018 setelah melakukan proses restrukturisasi Shounen Jump versi bahasa Inggris. Shueisha juga telah merilis seri ini dalam bahasa Inggris di Manga Plus sejak bulan Januari 2019.

Manga ini dinominasikan untuk penghargaan Manga Awards tahunan ke-43 Kodansha tahun lalu, dan mendapatkan adaptasi drama panggung yang akan ditayangkan perdana pada tahun 2022. Manga ini juga masih berstatus on-going.

Source
NHK

Adblock Detected

Matikan Adblcoknya ya ^_^