Karena Kontroversi, Episode Terbaru Attack on Titan Sempat Dihapus Dari Amazon Prime Video 

Para fans di Jepang bingung ketika Amazon Prime Video menghapus episode ke-70 Attack on Titan, yang juga dikenal sebagai episode 11 dari Attack on Titan Final Season, dari katalognya di negara tersebut. Meskipun pada awalnya tidak ada yang menjelaskan alasannya, beberapa orang mengatakan itu untuk “mengurangi kontroversi yang telah terjadi antara orang Korea dan Jepang”.

Situasi tersebut dilaporkan oleh seorang pengguna Twitter: “Saya tidak pernah memikirkan orang Korea ketika melihat episode tersebut, tetapi memang benar bahwa saya tidak dapat melihat episode 70 dari Attack on Titan di Amazon Prime Video. Apa ini benar-benar penyebabnya?”.

Akun Twitter Amazon Prime Video mulai menanggapi postingan tersebut beberapa jam kemudian, mencatat bahwa mereka telah memulihkan episode tersebut. “Terima kasih telah menggunakan Amazon Prime Video! Anda sudah bisa menonton “Attack on Titan Episode 70″ sekarang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin ditimbulkan.”

Kontroversi yang ditimbulkan oleh episode tersebut adalah perbandingan antara cara berpikir Gabi Braun (yang menginginkan bahwa semua Sesepuh di paradis harus membayar atas kejahatan yang dilakukan oleh nenek moyang mereka) dan orang Korea, yang masih menyimpan kebencian terhadap Jepang atas kejahatan perang yang dilakukan di masa lalu. selama ekspansionisme Kekaisaran Jepang.

Menurut pendapat banyak fans di forum Jepang, Amazon Prime Video untuk sementara menghapus episode tersebut dengan harapan dapat mengurangi kontroversi, meskipun platform tersebut tidak mengeluarkan pernyataan apa pun yang menjelaskan situasinya dan hanya menyampaikan permintaan maaf.

Baca juga: Attack on Titan Picu Kontroversi Antara Korea dan Jepang