10 Anime Ini Cocok Ditonton Bersama Keluarga Saat Libur Natal

Memasuki libur natal hingga tahun baru, banyak keluarga yang menggunakan kesempatan ini untuk menghabiskan waktu liburan mereka dengan orang terkasih. Walaupun merupakan negara beriklim tropis dan penduduk dengan mayoritas beragama muslim, namun tayangan hiburan saat natal yang berbau erat seperti musim salju dan Santa Clause selalu ditayangkan di berbagai stasiun TV di Indonesia. Tak jarang beberapa judul anime turut ditayangkan di setiap libur nasional baik itu natal maupun lebaran.

Untuk memilih tayangan anime yang tepat untuk dinikmati bersama keluarga tidaklah mudah, dikarenakan banyak dari anime yang memiliki bumbu tambahan alur yang kurang pas dinikmati oleh anak-anak dan membawa kecanggungan jika ditonton bersama orang dewasa. Oleh karena itu, inilah 10 rekomendasi anime yang aman dan sangan cocok ditonton bersama keluarga saat libur natal.

10. Suzumiya Haruhi no Shoushitsu

Seorang brigade SOS bernama Kyon merasa hidupnya tidak damai tiap kali Haruhi Suzumiya berada di sisinya. Suatu hari, Haruhi tiba-tiba menghilang dan hampir seluruh orang-orang disekitarnya menjadi tidak tahu siapa itu Haruhi Suzumiya. Kyon sadar bahwa hanya dirinyalah yang masih mengingat Haruhi dan ia juga tahu bahwa ini bukan lagi sebuah candaan.

Suzumiya Haruhi no Shoushitsu berisi banyak peristiwa aneh yang akan membawa penonton seperti naik rollercoaster. Anime ini memiliki beberapa plot twist, belokan yang membingungkan, dan pengaturan yang membingungkan yang semuanya akan mengikat pada akhirnya. Konon, serial ini tetap harus ditonton oleh penggemar serial di musim liburan dan cocok ditonton bersama keluarga saat libur Natal.

9. Hello World

Di tahun 2007, peradaban teknologi di Tokyo berkembang dengan pesat. Namun itu semua tidak berjalan sealan dengan Naomi Katagaki yang senang menyendiri dan juga seorang kutubuku. Suatu hari, Naomi Katagaki dari masa depan datang mengunjunginya dan menjelaskan kondisi yang akan terjadi pada waktu tersebut. Ia mengatakan bahwa sebuah acara misterius terjadi tepat saat Naomi sedang berkencang dengan Ruri Ichihyou dan acara tersebut merenggut nyawa gadis terebut. Naomi di masa sekarang pun harus keluar dari zona nyamannya dan mengemban misi demi menyelamatkan Ruri.

Hello World menampilkan sebuah anime dengan perpaduan genre sci-fi romance dengan grafis serta soundtrack yang sangat baik. Untuk menikmati anime ini, penonton wajib menyimak agar dapat memahami alur cerita yang dibagikan.

8. Sailor Moon S: The Movie

Ketika Tokyo dilanda badai salju yang tidak normal, ditemukan bahwa ada sesuatu yang jauh lebih mengerikan. Kaguya, seorang ratu salju jahat, berencana untuk mengubah Bumi menjadi neraka dan Sailor Moon hadir untuk menjadi pahlawan. Sementara semua ini terjadi, Luna menemukan dirinya dalam keadaan dilema. Ia jatuh cinta dengan seorang astronot, dan ingin menjadi manusia untuk membantunya dengan penyakitnya.

Kisah klasik tidak tepaut dari usia penonontonnya. Generasi yang lebih tua banyak yang familiar dengan franchise ini, sementara pesona animenya pasti akan memikat hati generasi yang lebih muda. Membuatnya cocok ditonton bersama keluarga saat libur Natal. Meskipun transformasinya sangat menarik perhatian, hal terbaik tentang Sailor Moon S: The Movie adalah soundtrack, alur dan perkembangan karakternya.

7. Okko’s Inn

Okko bersama orang tuanya pergi menuju kampung halaman mereka untuk merayakan sebuah festival di sana. Namun sangat disayangkan kecelakaan tragis harus terjadi dan menyebabkan kedua orangtuanya tewas dalam keecelakaan tersebut. Semenjak kehilangan kedua orangtuanya, Okko berada dibawah pengawasan neneknya. Di tempat baru itu, Okko bertemu dengak sesosok hantu yang memintanya untuk mengikuti jejak nenenya.

Terlepas dari kisah yang gelap dan juga penuh kesedihan akan kehilangan orangtua, namun Okko’s Inn memberikan cerita bagaimana Okko harus berjuang bangkit dari keterpurukannya. Lalu bagaimana soundtrack serta grafis animasi yang semakin mendukung alur cerita yang mampu membuat penonton meneteskan air mata.

6. Grave of the Fireflies

Anime yang cocok ditonton bersama keluarga saat libur Natal berikutnya adalah Grave of the Fireflies. Bercerita tentang seorang adik dan kakak yang harus berjuang bertahan hidup di tengah perang dunia yang masih terjadi. Perang yang tak kunjung berhenti menyebabkan kedua orangtuanya tewas dan mereka berdua hidup dibawah pengawasan bibinya. Namun situasi tidak semakin membaik dan sang kakak harus berusaha mencari cara agar mereka berdua dapat menikmati makanan yang layak.

Grave of the Fireflies benar-benar menyajikan konflik keluarga yang penuh air mata dan juga bagaimana kasih sayang seorang kakak yang sesungguhnya. Drama yang ditampilkan tidak berlebihan dan semuanya sesuai untuk menggambarkan arti dari sebuah perjuangan. Namun pastikan terlebih dahulu bahwa jiwa kalian sanggup menonton anime yang satu ini ya!

5. Tokyo Godfathers

3 sekawan yang merupakan tunawisma berharap menemukan sebuah hadiah natal di tumpukan sampah. Memang benar pada akhirnya mereka menemukan hadiah natal, tetapi bukan hadiah seperti itulah yang mereka inginkan. Mereka menemukan seorang bayi di dalam tumpukan itu dan mereka sadar bahwa mereka tidak mampu untuk menghidupi bayi tersebut. Eve,Gin, dan Hana pun melakukan perjalanan untuk menemukan ibu bayi yang baru saa mereka temukan. Perjalanan yang mereka harapkan akan berjalan lancar namun berakhir dengan berbagai rintangan yang akan dihadapi.

Tokyo Godfathers merupakan anime yang tepat untuk dinikmati pada saat natal. Eve,Gin, dan Hana mengajarkan penonton untuk merasakan kehangatan keluarga di saat cuaca iklim sedang ekstrim dan turun salju. Walaupun ketiganya dan bayi yang baru saja ditemukan tidak memiliki hubungan darah sama sekali, namun mereka benar-benar menggabarkan apa itu keluara.

4. Weathering with You

Janji bahwa Tokyo akan memiliki kehidupan yang normal dan juga baik hanyalah omong kosong belaka. Nyatanya Tokyo dihadapkan dengan keadaan hujan abadinya. Tidak punya pilihan lain, Hodaka Morishima, seorang siswa sekolah menengah, akhirnya bekerja untuk penerbit kecil-kecilan. Saat itulah ia bertemu dengan Hina Amano, seorang gadis yang memiliki kemampuan menarik. Namun, kemampuan ini ternyata memiliki harga yang lumayan.

Weathering with You merupakan anime keluaran dari rumah produksi anime Kimi no Na wa. Bagi kalian yang telah menonton Kimi no Na wa, maka sudah tidak asing dengan betapa hebatnya grafis dan alur yang ditampilkan. Meskipun menampilkan sedikit bumbu romansa, namun anime ini wajib masuk ke daftar anime yang layak ditonton bersama keluarga.

3. A Whisker Away

Seorang gadis bernama Miyo Sasaki memiliki kemampuan untuk berubah menjadi kucing. Kemampuan tersebut ia gunakan untuk mendekati gebetannya yaitu Kento Hinode. Sebagai seorang gadis yang datang dari background broken family, Miyo menikmati waktunya sebagai kucing dari perhatian yang diberikan kento. Tetapi, gadis itu sadar bahwa dirinya tidak dapat memaentu gebetannya menyelesaikan masalah yang dimiliki dalam bentuk seekor kucing.

Perkembangan karakter dalam A Whisker Away benar-benar ditampilkan sangat baik. Mulai dari Miyo yang memiliki sifat cukup menyebalkan namun berubah seiring berjalannya cerita. Kisah ini juga sangat baik dalam menyeimbangkan sisi sedih dan juga senang, sehingga penonton dapat menikmati dua komponen tersebut.

2. 5 Centimeters Per Second

Kedua anak manusia yang bertemu saat kecil dan pada akhirnya saling jatuh cinta namun harus terpisah dalam jarak yang lebar. Takaki Toono dan Akari Shinohara telah berjanji untuk tetap berhubungan tak peduli seberapa jauh jarak yang ada diantara mereka. Pertanyaannya adalah, apa hal yang benar untuk dilakukan?

Kisah 5 Centimeters Per Second begitu erat dengan kisah percintaan LDR di dunia nyata dan anime ini juga berhasil mengemas sifat Toono seperti manusia pada umumnya. Mengingat anime ini kental dengan kisah percintaan, disarankan hanya anak-anak remaja yang dapat menikmatinya bersama keluarga. Konfilk anime ini mungkin tergolong rumit untuk anak-anak kecil.

1. Spirited away

Spirited away adalah salah satu anime yang paling direkomendasikan untuk ditonton bersama keluarga saat libur natal. Berkisah tentang kehidupan Chihiro yang berubah dengan cepat ketika ia singgah di suatu tempat saat sedang melakukan perjalanan bersama kedua orang tuanya. Mereka bertiga berjalan-jalan di tempat asing tersebut dan menikmati pemandangan yang ada. Moment menyenangkan itu perlahan-lahan menjadi mimpi buruk ketika Chihiro melihat kedua orangtuanya berubah menjadi dua ekor babi. Chihiro pun baru menyadari bahwa tempat yang saat ini mereka singgahi merupakan merupakan dunia lain dan ia harus menyelamatkan kedua orangtuanya untuk dapat kembali ke dunia manusia.

Meskipun tidak ada unsur seperti natal maupun musim salju, namun Spirited away memanjakan penonton dengan kisah perjuangan Chihiro untuk menyelamatkan kedua orangtuanya. Gadis cilik itu menempuh berbagai rintangan hanya untuk kembali ke dunia normal.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Menonton Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Entertainment District Arc

Nah itulah 10 rekomendasi anime yang wajib kalian tonton saat liburan bersama keluarga, terutama untuk libur natal ini! Mengingat masa waktu liburan cukup terbatas dan juga mungkin adanya kegiatan lain, maka pergunakan waktu bersama keluarga sebaik mungkin ya!

seira

A freelancer writer, translator, and shipper on a big canon

Adblock Detected

Matikan Adblcoknya ya ^_^