Netflix Dibanjiri Kritk Karena Subtitle Komi-san wa, Komyushou desu

Adaptasi anime dari manga milik Tomohito Oda, Komi-san wa Komyushou desu, telah disiarkan di pertelevisian Jepang sejak 7 Oktober 2021, namun perusahaan besar Netflix baru saja merilis serial tersebut di dalam katalog mereka tepat pada tanggal 21 Oktober kemarin.

Tersedianya adaptasi anime Komi-san wa, Komyushou desu di platform Netflix nyatanya menjadi topik perbincangan di dunia maya, telebih untuk fans di Twitter.

Melalui akun twitter @/ChibiReviews, ia mengeluhkan bahwa Netflix tidak dapat menghasilkan subtitle seperti apa yang dilakukan oleh fansub. Akun tersebut pun membandingkan subtitle buatan Netflix (atas) dan subtitle fansub (bawah).

Jika diperhatikan baik-baik pada gambar di atas, Netflix tidak melakukan terjemahan pada kalimat yang berada di papan tulis, dan hal tersebut membuat penonton Komi Can’t Communicate cukup kecewa.

Tak hanya adegan itu saja, scene papan tulis lainnya serta scene Tadano seperti gambar di bawah ini turut membuat penggemar kecewa.

Fansub atas dan Netflix bawah
Fansub atas dan Netflix bawah

Namun, salah satu pengguna twitter @/Namaryuu menanggapi cuitan @/ChibiReviews dengan bijak. Menurutnya, hal tersebut bukanlah kesalahan sang penerjemah namun sistem milik Netflix lah yang belum mampu menampilkan subtitle seperti yang dilakukan oleh fansub.

Tomohito Oda meluncurkan manga Komi Can’t Communicate (Komi-san wa Comyushō desu) di majalah Weekly Shonen Sunday pada Mei 2016, tepat setelah penerbitan pertama dari versi manga one shot pada September 2015. Shogakukan menerbitkan volume buku kompilasi manga ke 21 pada 18 Mei dan akan menerbitkan volume ke 22 pada 18 Agustus mendatang.

Viz Media sebagai pihak penerbit dalam bahasa inggris, akan menerbitkan volume ke-13 manga pada 8 Juni. Manga tersebut telah tercetak lebih dari 5.2 juta kopi.

Manga ini juga dikenal dengan Komi-san wa, Comyushou desu dan telah diterbitkan di Indonesia oleh Elex Media dengan judul Komi Sulit Berkomunikasi sejak pertengahan bulan Januari 2020.

Adblock Detected

Matikan Adblcoknya ya ^_^