10 Anime Anti-Hero Ini Mampu Membuat Penonton Kesal atau Bahkan Menangis!

Karakter protagonis Anti-hero selalu berhasil membuat serial anime terlihat lebih menarik dengan tindakannya yang tak terduga. Para penggemar anime tentu sudah terbiasa menebak alur dan tindakan apa yang akan dilakukan oleh karakter protagonist hero, namun berbeda jika kita membicarakan anti-hero.

Ketidakpastian sifat karakter anti-hero mampu membuat anime yang tadinya berjalan membosankan menjadi menyenangkan. Penonton dibuat menebak-nebak apakah ia karakter yang jahat, bermoral, pengecut atau malah menakjubkan? Nah berikut 10 karakter anti-hero yang mampu membuat penggemar penasaran dan menantikan kelanjutan kisahnya! Big Spoiler…

10. Revy (Black Lagoon)

Black Lagoon menceritakan seorang pekerja kantoran yang terjerumus ke dalam transaksi bawah tanah dan pasar gelap yang di luar nalar manusia dari kelompok tentara bayaran, Black Lagoon. Rock menemukan kenyataan baru bahwa dirinya hidup disituasi dan kondisi yang berbeda dengan sebelumnya , dalam menghadapi kenyataan baru tersebut ia bekerja sama dengan Revy, seorang gadis temperamental namun ceria, orang Belanda yang penuh perhitungan dan senjata besinya, dan Benny seorang ahli komputer.

Diantara anggota grup Black Lagoon, Revy merupakan karakter paling antagonis yang mungkin akan kalian temukan di dalam anime ini! Tidak ada hal yang ia pedulikan selain senjata dan minuman keras. Revy menikmati setiap pembunuhan yang ia lakukan, serta mmenemukan kedamaian dan kesenangan ketika sedang mengancam seseorang yang akan ia bunuh. Selain menjadi karakter kejam, gadis ini tidak memiliki rasa hormat dan sopan santun sama sekali. Bahkan seseorang yang ia hormati, Shenhua dan Eda, dijadikan target bidikannya.

Jumlah Episode12
StudioMadhouse
Adaptasi dariManga
Tayang padaSpring 2006
GenreAction, Seinen

9. Yukiteru Amano (Mirai Nikki: Future Diary)

Seperti yang dijelaskan pada bagian awal, anti-hero bukanlah sebuah karakter jahat ataupun karakter baik. Yukiteru Amano, Yukki, adalah contoh sempurna dari penggambaran anti-hero itu sendiri. Yukki digambarkan sebagai pria yang pengecut, egois dan selalu mengandalkan kekuatan seseorang yang menjadi penguntitnya, Yuno Gasai. Seiring berjalannya waktu, Yukki menyadari bahwa sesuatu yang salah terjadi padanya khususnya rasa pecaya diri dan bagaimana cara dia bertahan hidup dengan memanipulasikan kekuatan yang dimiliki Yuno.

Diawal cerita, Yukki digambarkan sebagai pria yang menunjukkan rasa moralitas. Namun setelah kematian orang tuanya, ia menjadi sesorang yang penuh akan balas dendam dan berusaha untuk mengalahkan siapa pun yang menghalangi jalannya, terlebih lagi kehadiran Yuno di sisinya yang mampu memperkuat peran Yukki sebagai protagonis antihero dan menjadi karakter yang harus ditakuti. Yukki tanpa kehadiran Yuno hanyalah manusia tidak berguna.

Jumlah Episode26
Studioasread.
Adaptasi dariManga
Tayang padaFall 2011
GenreAction, Mystery, Psychological, Supernatural, Thriller, Shounen

8. Enji Todoroki (Boku no Hero Academia; My Hero Academia)

Enji Todoroki atau Endeavour harus menerima kehidupannya sebagai pahlawan nomor dua ketika All Might mendominasi karir sebagai pahlawan nomor satu. Tentu saja kehidupan yang dicap sebagai pahlawan nomor dua mempengaruhi kesejahteraan dan karir miliknya dan hal inilah yang membawanya menuju keegoisan sepihak.

Kegagalan menjadi pahlawan nomor satu membuatnya memaksakan cita-cita miliknya ke putranya Todoroki, tak sampai disana saja ia pun menyiksa istri dan anak-anaknya sehingga mereka membencinya. Bahkan masyarakat pun takut padanya alih-alih memuja. Endeavor sempat dianggap sebagai seorang penjahat di antara para pahlawan.

Bagaimanapun itu semua berubah ketika All Might mengundurkan diri sebagai pahlawan setelah pertarungannya dengan One For All. Dengan sangat tiba-tiba, Endeavour menjadi sorotan publik dan menjadi pahlawan nomor satu. Tentu, banyak pihak yang tidak peduli bahkan meremehkannya, namun ia berhasil membuktikan bahwa ia tidak perlu ditakuti atau bahkan diremehkan sebagai pahlawan saat pertarungannya dengan Nomu. Secara perlahan ia mampu berdamai dengan masa lalunya termasuk keluarganya, sebagai anti-hero terbaik ia mampu membuktikan dirinya diantara dunia yang penuh dengan pahlawan.

Jumlah Episode?
StudioBones
Adaptasi dariManga
Tayang padaSpring 2016
GenreAction, Comedy, School, Shounen, Super Power

Baca juga: 10 Rekomendasi Anime Komedi Romantis Terbaik, Nomer 1 Bikin Geregetan

7. Ciel Phantomhive (Black Buttler)

Memiliki masa lalu yang kelam akibat kematian kedua orang tuanya membuat Ciel Phantomhive terikat kontrak dengan seorang iblis, Sebastian, dan menjadikan nyawanya sebagai bayaran untuk membalaskan dendam miliknya. Sebagai anak remaja berumur tiga belas tahun ia memiliki watak yang keras kepala, bergengsi tinggi, dan memiliki cara pikir yang licik. Dengan kontrak yang ada, Sebastian akan melakukan apa saja yang diinginkan oleh tuannya, termasuk membunuh jika itu memang yang diinginkan.

Anime ini menggambarkan suasana yang dark dan kelam, namun karakter Lizzy mampu menghidupkan suasana anime ini menjadi menyenangkan. Bergaya lattar suasana era victoria, Black buttler menggambungkan genre supranatural dan sejarah dalam sisi yang sulit ditemukan di anime lain. Selain itu, alur yang sulit ditebak membuat anime ini semakin menarik untuk dilihat.

Jumlah Episode24
StudioA-1 Pictures
Adaptasi dariManga
Tayang padaFall 2008
GenreAction, Mystery, Comedy, Historical, Demons, Supernatural, Shounen

6. William James Moriarty (Yuukoku no Moriarty; Moriarty the Patriot)

Sherlock Holmes menjadi karakter protagonist dalam anime Yuukoku no Moriarty sementara keluarga Moriarty menjadi anti-hero paling menarik dengan alasan yang melatar belakangi untuk menggulingkan sistem kelas di Inggris yang tidak sejalan dengan apa yang ia dambakan, sehingga memungkinkan pemberontakan proletariat.

Dalam mencapai tujuan ini, William tidak segan untuk turun ke jalan penuh dosa sebagai kriminal berkelas dan membebaskan orang-orang yang terikat dan tersiksa dengan sistem tersebut. Tujuan yang sangat mulia namun dengan cepat berubah menjadi pertumpahan darah saat Moriarty terus menerus menginginkan perlawanan dengan para bangsawan.

Kalian yang sudah mengenal Sherlock Holmes tentu tidak aneh dengan Moriarty. Membuat serial yang bercerita mengenai kejahatan sangatlah mudah untuk dibuat, namun ketika penonton memiliki rasa empati terhdap alasan di dalamnya lah yang sulit untuk dibuat dan William berhasil melakukan hal ini. Keindahan anti-hero yang sebenarnya membuat kalian bertanya-tanya akan warna hitam dan putih pada suatu kertas.

Jumlah Episode11
StudioProduction I.G
Adaptasi dariManga
Tayang padaFall 2020
GenreMystery, Historical, Psychological, Thriller, Shounen

5. Guts (Berserk)

Berserk menceritakan seorang prajurit, Guts, saat nasib membawanya kepada pasukan tentara bayaran yang tangguh yang dikenal sebagai Band of Hawk. Anime ini menggambarkan karakter-karakter yang melakukan segala seesuatu untuk keberlangsungan hidup sehingga tidak ada yang namanya benar ataupun salah.

Bagi Guts bertahan hidup sering kali berarti membunuh orang lain dan dia akan senang hati untuk menghancurkan siapa pun yang menghalangi jalannya. Apa yang membuat karakter ini menjadi menyenangkan untuk ditonton adalah kenyataan bahwa ia memulai segala sesuatunya dari nol dan kemampuan pertempurannya yang luar biasa. Namun, saat serial anime berlangsung dan dia menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar dari dirinya sendiri, dia mulai lebih memahami kondisi manusia dan berjuang untuk mencari tahu bagaimana posisinya berkorelasi dengan rekan-rekannya.

Jumlah Episode12
StudioMillepensee, GEMBA
Adaptasi dariManga
Tayang padaSummer 2016
GenreAction, Adventure, Demons, Drama, Fantasy, Horror, Military, Romance, Seinen, Supernatural

4. Lelouch (Code Geass)

Code Geass menggambarkan alam semesta di mana Holy Empire of Britannia telah menaklukkan sebagian besar dunia. Salah satu negara yang telah ditaklukkan di bawah kekuasaan mereka adalah Jepang dan dinamai Area 11. Karena penindasan yang sekarang dihadapi Jepang di negara mereka sendiri, sebuah faksi perlawanan telah dibentuk untuk melawan Britannia. Lelouch Lamperouge, seorang pangeran yang diasingkan yang tiba-tiba mendapatkan Kekuatan Raja, turut bergabung dalam pertempuran ini.

Lelouch adalah salah satu karakter yang akan melakukan apa pun untuk mencapai tujuan akhirnya. Namun banyak dari tindakannya didorong oleh keinginannya untuk membalas dendam. Inilah sebabnya mengapa banyak orang atau mungkin kalian akan membenci Lelouch karena sifatnya yang tidak berperasaan dan kejam untuk membebaskan Jepang. Semua karakter yang merupakan bagian dari perlawanan hanyalah pion yang akan digunakan.

Tentu saja beberapa adalah ksatria, tetapi mereka semua bisa dibuang jika itu berarti memenangkan perang. Hal ini ditampilkan dalam banyak pertempuran dan akhirnya ketika ia mengkhianati perlawanan untuk mendirikan kediktatorannya sendiri di Jepang. Namun, cita-citanya yang murni dan pada akhirnya kalian akan melihat bahwa ia bahkan rela mengorbankan dirinya untuk tujuan itu.

Jumlah Episode25
StudioSurise
Adaptasi dariOriginal
Tayang padaFall 2006
GenreAction, Military, Sci-Fi, Super Power, Drama, Mecha, School

3. Eren Jeager (Attack on Titan)

Hidup di dunia dimana masa depan hanyalah bayangan dan terbayang ketakutan akan mahluk aneh yang sewaktu-waktu bisa memusnahkan umat manusia, membuat Eren, Mikasa dan Armin bekerjasama dengan pasukan pengintai dalam mengungkap misteri yang ada. Seiring berjalannya waktu, kenaifan dan kepolosan sifat yang dimiliki Eren hilang begitu saja ketika kebenaran atas dunia telah terungkap sepenuhnya.

Diawal serial anime Attack on Titan, kalian akan melihat ketegangan yang disebabkan dari mahluk yang menghantui kehidupan manusia. Namun, ketegangan dan ketakutan yang dihadapi manusia berubah ketika pemikiran idealis milik Eren berusaha menyelamatkan tempat dimana ia tinngal, Paradis. Alih-alih menyelamatkan Paradis, Eren tidak segan untuk melakukan genosida hanya untuk tujuannya tercapai. Dibalik tujuan yang membuat karakter ini menjadi anti-hero, terdapat alasan besar yang mampu membuat penonton terharu dan menyesal pernah membenci karakter ini!

Jumlah Episode25
StudioWit studio
Adaptasi dariManga
Tayang padaSpring 2013
GenreAction, Military, Mystery, Super Power, Drama, Fantasy, Shounen

2. Light Yagami (Death Note)

Light Yagami  merupakan karakter anti-hero yang tegas, ambisius, dan jenius yang berambisi menciptakan dunia tanpa kriminal. Sehingga ia dengan yakin memproklamirkan dirinya sebagai penyelamat umat manusia setelah menemukan Death Note dan menjual jiwanya pada salah satu Shinigami. Dalam mencapai tujuannya, dengan sukarela ia akan membunuh para kriminal yang dimana hal tersebut bertentangan dengan hukum yang berlaku bahkan ia akan membunuh orang-orang yang menghalangi tujuannya.

Kira atau Light Yagami seorang karakter yang teguh dan tidak akan mudah menyerah pada rencananya, bahkan jika itu berarti berurusan dengan orang-orang yang sangat berkuasa. Terlepas dari berapa banyak orang yang dia bunuh dengan darah dingin, itu semua akan dibenarkan selama ia mendapatkan gelar  “Menjadi Dewa dunia”.

Jumlah Episode37
StudioMadhouse
Adaptasi dariManga
Tayang padaFall 2006
GenreMystery, Police, Psychological, Supernatural, Thriller, Shounen

1. Itachi Uchiha (Naruto)

Dalam menghindari perselisihan antara klan Uchiha dan desa yang membawa akhir cerita menuju kudeta, Uchiha Itachi rela membantai seluruh klannya dan hanya membiarkan adik laki-lakinya hidup agar desa berjalan dengan damai. Kejadian mengerikan yang dialami Sasuke membuat dirinya tenggelam dalam kegelapan dan berusaha untuk membunuh Itachi. Hidup sebagai pembunuh dan bergabung ke dalam organisasi kriminal kelas atas, membuat Itachi dipandang sebagai pengkhianat desa.

Kisah Itachi Uchiha mampu menyayat hati perasaan para penonton, tujuan hidup untuk melindungi desa dan adik laki-laki tersayangnya yang tidak diketahui siapapun. Sifat dingin dan angkuh yang ditunjukan setelah kejadian pembantaian klan, hanya kebohongan agar Sasuke membunuh dirinya dan mendapatkan kekuatan mata yang Itachi ingin berikan. Siapkan tissue saat kalian menonton arc dari anime ini ya!

Jumlah Episode720
StudioStudio Pierrot
Adaptasi dariManga
Tayang padaFall 2002
GenreAction, Adventure, Comedy, Super Power, Martial Arts, Shounen

Setelah membaca dan melihat 10 karakter anti-hero di atas maka dapat disimpulkan bahwa karakter anti-hero tidaklah selalu jahat, bukan? Terlepas dari tindakan yang dilakukan, mereka memiliki alasan tersendiri dalam melinungi apa yang mereka inginkan. Jadi jangan pandang sebelah mata para karakter anti-hero ya.

Baca juga: 10 Anime Dengan Episode Akhir Paling Sedih Menurut Orang Jepang

seira

A freelancer writer, translator, and shipper on a big canon

Adblock Detected

Matikan Adblcoknya ya ^_^