12 Anime Paling Underrated yang Sayang untuk Dilewatkan!

Seiring berjalan dan berakhirnya serial anime pada musim tertentu, maka anime di musim baru akan menggantikannya dan terus berjalan demikian sehingga tak terhitung banyaknya judul anime yang dapat dinikmati oleh penggemar. Anime yang sedang tayang dan menjadi anime terbaik pada musim tersebut tentu akan mencuri fokus dari penggemar sehingga melupakan dan kurang memperhatikan bahwa banyak sekali anime underrated yang dilewatkan. Nah, untungnya penulis sudah mengumpulkan 12 rekomendasi anime underrated yang sangat sayang untuk dilewatkan dan wajib untuk kalian perhatikan.

12. Hai to Gensou no Grimgar (Grimgar: Ashes and Illusions)

https://youtu.be/nFhwqXYchiY

Haruhiro dan beberapa orang lainnya begitu kebingungan ketika tiba-tiba terbangun di sebuah menara yang gelap. Setelah berhasil kabur dari penjara, mereka dengan cepat sadar bahwa saat ini tengah berada di tanah yang cukup asing sementara mereka masih kesulitan untuk mengingat apa yang sebenarnya terjadi. Untuk bertahan hidup dan mencari makan, Haruhiro bekerja sama dengan beberapa penyintas lainnya dengan membunuh monster dan mendapatkan koin. Tempat ini benar-benar masih sebuah misteri tetapi satu hal yang pasti, jika Haruhiro ingin hidup maka ia perlu memiliki keterampilan dan keberanian, ya terkecuali jika dia ingin bergabung dengan para mayat.

Kebanyakan isekai memiliki alur yang sangat sederhana dimana karakter utama meninggal dan dipanggil ke dunia fantasi untuk menjadi pahlawan. Namun, Grimgar: Ashes and Illusions tidak menggunakan hal mainstream seperti itu dan malah melemparkan karakter utama dan juga penonton ke suatu tempat yang misterius di mana menimbulkan banyak sekali pertanyaan tetapi hanya sedikit yang dijawab. Grimgar: Ashes and Illusions mungkin adalah salah satu dari sedikit isekai di luar sana yang underrated atau jarang dibicarakan, sehingga jika kalian menyukai genre isekai dengan hal-hal anti-mainstream di dalamnya atau karakter-karakter yang hebat serta animasi yang menakjubkan, maka kalian wajib menontn anime ini

Jumlah Episode12
StudioA-1 Pictures
Adaptasi dariLight Novel
Tayang padaWinter 2016
GenreAction, Adventure, Drama, Fantasy

Baca Juga: Anime Terbaik Menurut AnimeSaku

11. C: The Money of Soul and Possibility Control

Sebagai mahasiswa, Kimimaro Yoga menyadari bahwa hidup tanpa uang benar-benar menyulitkan. Walaupun demikian, Yoga terus mencoba dan bertahan meskipun orang-orang di sekitarnya selalu mendapat semacam keberuntungan yang diberikan Tuhan. Namun, semua hal itu berubah ketika seorang pria asing datang dan memberikannya kartu yang mampu menghasilkan uang dan memberikannya kesempatan hidup seperti orang-orang yang ia inginkan. Sayangnya, menerima kartu tersebut sama saja seperti menjual tubuhmu untuk masuk ke dalam dunia paralel dan bertarung, orang-orang yang memasuki dunia ini akan dijuluki “Entre”. Jika dalam pertarungan tersebut para “Entre” menang, maka mereka akan mendapatkan kekayaan sedangkan kalah hanya mendapatkan kesengsaraan seperti di neraka.

C: Control – The Money and Soul of Possibility mampu menjelaskan pepatah “Uang adalah akar dari segala kejahatan” dengan sangat baik. Meskipun terkesan underrated karena hampir sama seperti genere shounen lainnya, anime ini mampu membuat penonton terkesima karena alur ketimpangan antara si kaya dan si miskin lalu keserakahan dengan kelemahlembutan. C: Control juga mampu menjadikan tema-tema tersebut sebagai fokus utama cerita, serta betapa menyenangkan dan mengasyikkannya adegan aksi dengan cerita yang kuat. C: Control layak untuk ditonton dan mungkin suatu hari nanti akan naik dan menggeser anime yang saat ini menjadi hot topik.

Jumlah Episode11
StudioTatsunoko Production
Adaptasi dariOriginal
Tayang padaSpring 2011
GenreAction, Mystery, Super Power, Thriller

10. Akudama Drive

Kansai menjadi kota dengan hiruk pikuk yang padat dan menggambarkan sebuah kesempurnaan dari sebuah kota. Bercerita di kota masa depan yang begitu menakjubkan yang mendapat ancaman berupa Akudama, penjahat yang dianggap berbahaya dan mematikan. Lebih buruk lagi, pemerintah di Kansai menyimpan banyak rahasia dan seorang wanita muda akan mengungkapkan hal ini sendiri. Seorang wanita biasa saja secara tidak sengaja mendapatkan label sebagai Akudama dan menjadi salah satu ancaman kota yang paling dicari serta harus bertahan tidak hanya dari sekutu barunya tetapi juga dari realitas yang disebut kota sempurna ini.

Kata jahat sudah menjadi kata sifat sederhana yang melekat pada penjahat. Namun, di dunia Akudama Drive, kejahatan bukanlah seperti tinta hitam di atas kertas putih seperti yang biasa digambarkan. Akudama menyajikan sci-fi , thriller dan banyak aksi menakjubkan sehingga tidak mungkin kalian tidak menyukai anime ini.

Jumlah Episode12
StudioStudio Pierrot
Adaptasi dariOriginal
Tayang padaFall 2020
GenreAction, Sci-Fi

9. Tokyo Ravens

Dahulu kala terdapat sebuah sihir kuat bernama Onmyoudou dan hanya sedikit saja yang mampu menjadi ahli sihir tersebut. Seiring berjalannya waktu, sihir yang dulu legendaris kini telah disederhanakan sehingga mampu digunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh banyak orang. Namun, tidak menjamin bahwa semua orang mampu menggunakannya sama seperti Harutora Tsuchimikado. Dengan keadaan tidak mampu menggunakan sihir, Harutora harus bertanggung jawab untuk melindungi seorang gadis yang kuat, yang juga kebetulan adalah teman masa kecilnya yaitu Natsume. Lalu, ketika sebuah insiden aneh terjadi dan mengancam nyawa temannya, Harutora masuk ke dalam keadaan dimana kematian mungkin saja sudah menunggunya.

Tokyo Ravens adalah salah satu dari beberapa anime yang ketika dibicarakan, mereka akan bertanya seperti ‘Apa itu Tokyo Raven?’ Meskipun Tokyo Ravens tidak begitu terkenal ketika dirilis pada tahun 2013 tetapi bukan berarti bahwa anime ini memiliki alur cerita yang buruk. Anime ini disukai karena aksi supernatural dan bagaimana penonton terkejut ketika ceritanya dimainkan.

Jumlah Episode24
Studio8bit
Adaptasi dariLight Novel
Tayang padaFall 2013
GenreAction, Comedy, Supernatural, Magic, Romance, School

8. Inuyashiki: Last Hero

Ichirou Inuyashiki, pria tua berusia 58 tahun telah membiarkan kehidupan berjalan dengan seharusnya termasuk penuaan. Konflik seperti masalah keluarga dan masalah pekerjaan membuat Ichirou semakin dekat dengan ajal kematian. Setelah membuktikan bahwa memang benar kematiannya akan segera datang, Ichirou mengajak satu-satunya teman yang ia miliki yaitu anjing kecil yang ia adopsi untuk berjalan-jalan dan membawanya ke surga. Saat ia menyesali keberadaannya, ia akhirnya terbunuh oleh pesawat luar angkasa yang menabrak bumi. Ketika ia berharap tidak akan ada masalah lagi sesudah kematiannya, namun para alien malah menghidupkannya kembali tetapi tubuhnya tidaklah seperti seharusnya. Berbekal senjata dan kemampuan robot khusus, Ichirou perlu menggunakan kekuatan baru ini untuk menyelamatkan orang lain dan menghentikan ancaman.

Dari seorang kreator yang sama sepeti Gantz, Inuyashiki: Last Hero merupakan salah satu anime yang tidak begitu menarik banyak perhatian pada tahun 2017. Anime ini memiliki setengah bagian drama dan setengah bagian aksi, drama dalam anime ini mampu membuat penonton bertanya-tanya apa arti sebenarnya dari kehidupan bahkan menguji iman akan arti sebuah kemanusiaan. Meskipun menjadi anime sci-fi pertama, namun Inuyashiki: Last Hero mampu mengingatkan bahwa persepsi hidup bisa sangat berbeda dari orang ke orang. Apa artinya menjadi seorang pahlawan? Atau jika kalian mampu mengubah dunia ini, apa yang akan kalian lakukan? Inuyashiki:Last Hero menyelami semua pertanyaan-pertanyaan ini dalam anime yang berjumlah 11 episode!

Jumlah Episode11
StudioMAPPA
Adaptasi dariManga
Tayang padaFall 2017
GenreAction, Drama, Psychological, Sci-Fi, Seinen

7. Devilman: Crybaby

Akira Fudou tidak pernah terlihat sebagai remaja yang tangguh dan selalu menjadi individu yang cukup lemah. Meskipun demikian, Akira tidak pernah membenci hidupnya dan masih memiliki beberapa teman yang berdiri di sisinya. Salah satu teman Akira, Ryou Asuka, meminta bantuan kepadanya untuk mengungkap petunjuk aneh tentang makhluk seperti iblis. Untuk membantu temannya, Akira bergabung dengan Ryou dengan menemaninya ke pesta jahat di mana para setan bangkit dan mulai merasuki para pengunjung pesta. Akira adalah salah satu dari mereka yang kerasukan iblis kuat di dalam dirinya, dan sejak hari itu ia tidak akan pernah terlihat lemah seperti dulu. Sayangnya, kejadian tersebut mengubah kehidupan Akira dari kehidupan sederhana menjadi kehidupan yang tidak pernah ia jalani.

Devilman: Crybaby adalah salah satu anime keluaran Netflix terbaik dengan beberapa animasi yang unik serta cerita yang matang. Devilman: Crybaby tersedia di layanan streaming legal Netflix dengan total 10 episode. Bagi kalian yang ingin menonton anime ini, pastikan kalian kuat darah ya!

Jumlah Episode10
StudioScience SARU
Adaptasi dariManga
Tayang padaFall 2018
GenreAction, Dementia, Demons, Horror, Supernatural

6. ID: INVADED

Dalam upaya untuk menghentikan kejahatan dengan lebih cepat dan efisien, sebuah Sistem “Mizuhanome” dikembangkan untuk membantu polisi dan detektif melacak kejahatan melalui sistem aneh yang tidak terlihat oleh mata manusia. Untuk menggunakan system ini, seorang manusia khusus harus menyelami pola pikir penjahat dan menggunakan dunia di dalamnya untuk menyimpulkan motif, lokasi, dan kemungkinan serangan berikutnya. Masuki Akihito Narihisago, yang menyelam menggunakan Sistem Mizuhanome dan menjadi “Detektif Cemerlang” Sakaido. Dengan menggunakan kemampuan Sakaido dan Sistem Mizuhanome, mereka mampu menghentikan kejahatan…tetapi apa resikonya?

Kebanyakan alur anime bergenre misteri sangat mudah ditebak tetapi ID: INVADED memberikan plot twist yang mampu mengejutkan penonton. Salah satunya adalah ketika kalian mencoba menebak-nebak pelakunya, tapi ternyata menebaknya tidaklah semudah yang dibayangkan. Mungkin saja ID: INVADED menjadi salah satu anime bertema kriminal yang paling dihiraukan tapi anime ini termasuk paling underrated loh.

Jumlah Episode13
StudioNAZ
Adaptasi dariOriginal
Tayang padaWinter 2020
GenreSci-Fi, Mystery, Police, Psychological

5. Tokyo Magnitude 8.0

Menjadi murid SMP, membuat Mirai mudah sekali terganggu oleh keluarganya, terutama adiknya, Yuuki. Saat hari ketika ia dan Yuuki pergi ke pameran robot, gempa bumi tiba-tiba terjadi dengan kekuatan magnitude 8,0. Apakah dia bisa menemukan Yuuki di bawah semua puing-puing dan membawanya kembali ke rumah?

Tokyo Magnitude 8.0 adalah anime bergnere survival bencana, tetapi mampu memberikan rasa seperti cerita horror terlebih jika kejadian ini benar terjadi. Membayangkan menjadi anak kecil lalu mengalami gempa bumi yang sangat besar saja sudah menyeramkan, ditambah masalah seperti rumah hancur, tempat perlindungan kehabisan makanan, dan gempa susulan membuat penonton semakin tenggelam dalam cerita horror. Tokyo Magnitude 8.0 menggambarkan efek dahsyat dari gempa bumi hanya dalam 11 episode, jadi kalian bisa menonton anime ini dalam sehari.

Jumlah Episode11
StudioBones, Kinema Citrus
Adaptasi dariOriginal
Tayang padaSummer 2009
GenreDrama

4. Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu e (Classroom of the Elite)

Apa yang akan kalian lakukan jika berada disekolah bergengsi yang menjanjikan masa depan yang cerah dan memberikan fasilitas pendidikan yang sangat mewah? Tentu berjuang dengan sangat baik , bukan? Di SMA Koudo Ikusei, para siswa dijanjikan masa depan yang sukses, bahkan perguruan tinggi dan perusahaan bergengsi sudah menunggu di depan gerbang selepas para siswa dan siswi lulus.

Classroom of the Elite adalah salah satu anime yang paling underrated dari tahun 2017. Anime ini akan mengungkap sisi gelap dari ambisi setiap orang serta menunjukan betapa pintar dan menawannya sang karakter utama. Beberapa karakter Classroom of the Elite memang menyebalkan dan terkesan sombong, namun jika kalian penggemar SNAFU, mungkin kalian akan menikmati anime ini.

Jumlah Episode12
StudioLerche
Adaptasi dariLight Novel
Tayang padaSummer 2017
GenrePsychological, Drama, School

3. Bungou Stray Dogs Wan

Menceritakan kehidupan para karakter Bungou Stray Dogs dalam bentuk anak kecil, yang menjalani kehidupan dengan konflik ringan yang mampu menghibur penonton. Jika pada anime Bungou Stray Dogs Port Mafia sering menunjukan ketidak-akurannya dengan agensi detektif bersenjata, atau betapa seramnya para anggota Port Mafia, maka Bungou Stray Dogs Wan menceritakan itu semua dalam sisi yang berbeda. Anime ini hanya berdurasi 12 menit dan sangat cocok untuk kalian yang membutuhkan hiburan di tengah kesibukan.

Jumlah Episode12
StudioBones, Nomad
Adaptasi dariManga
Tayang padaWinter 2021
GenreSlice of Life, Comedy, Supernatural

2. Noragami

Apakah Dewa selalu hidup dengan makmur? Hidup dengan pengikut yang selalu menyembahnya atau memiliki banyak kuil di tiap sudut Jepang. Seorang Dewa jalanan, Yato, menginginkan hal tersebut. Ia rela melakukan pekerjaan manusia apa saja hanya untuk mendapatkan lima yen. Hingga suatu waktu ia bertemu gadis bernama Iki Hiyori dan kejadian diantara keduanya membuat hubungan mereka semakin dekat. Bersama dengan Hiyori, Yato terus berusaha untuk menjadi Dewa seperti yang diharapkannya.

Anime keluaran Winter 2014 ini layak mendapati posisi anime underrated dikarenakan masih banyak orang-orang yang bertanya ‘Ini anime apa?’. Melihat perjuangan Yato untuk menjadi seorang Dewa yang disembah banyak orang membuat perasaan penonton akan sedikit tersentuh, namun selanjutnya penonton akan dibuat kesal dan ketawa melihat tindakan konyol dan ceroboh untuk seorang Dewa. Jika kalian salah satu pecinta mitologi dewa Jepang, maka jangan lewatkan anime ini.

Jumlah Episode12
StudioBones
Adaptasi dariManga
Tayang padaWinter 2014
GenreAction, Adventure, Comedy, Supernatural, Shounen

1. Great Pretender

Makoto Edamura harus menerima kenyataan di masa mudanya bahwa ia sangat tidak beruntung, berhadapan dengan orang-orang yang membuatnya dipenjara cukup lama serta sulit mencari pekerjaan dengan label ‘Mantan napi’. Untuk melanjutkan kehidupannya, ia harus bekerja menjadi seorang penipu dan yang mebuatnya semakin apes adalah ia menipu seorang penipu handal, Laurent Thierry, pria itu pun ingin memanfaatkan bakat Makoto dalam operasi besar. Bisakah Makoto membuktikan bahwa kemampuan menipunya dapat memberikan keberuntungan atau mungkin akan kembali apes?

Great Pretender menjadi Anime paling underrated di Summer 2020. Anime ini memiliki opening dan ending song yang sangat menarik, lalu animasi yang unik, serta alur cerita yang jarang ditemukan di anime lain dan mampu menjengkelkan penonton. Kalian wajib menonton anime ini dan akan rugi jika melewatkannya!

Jumlah Episode23
StudioWit Studio
Adaptasi dariOriginal
Tayang padaSummer 2020
GenreAction, Adventure, Mystery, Comedy, Psychological

Di antara dari 12 anime underrated di atas, anime seperti Hunter x Hunter, Hyouka dan Guilty Crown termasuk ke dalam rekomendasi juga loh. Anime underrated tidak begitu terkenal bukan karena tidak memiliki alur yang menarik, namun terhalangi anime-anime besar dan terkenal. Di antara judul-judul di atas mana saja yang sudah kalian tonton?

Baca Juga: 10 Anime Underrated di 2020 Menurut Orang Jepang