10 Rekomendasi Anime Komedi Romantis Terbaik, Nomer 1 Bikin Geregetan

Siapa yang tidak menyukai anime bergenre rom-com? Tentu banyak penggemar anime menjadikan genre ini sebagai hiburan, alur cerita yang ringan dan mampu menghipnotis penonton dengan kisah romansa yang menggemaskan. Selama beberapa dekade terakhir, perkembangan anime bergenre komedi romantis telah mengalami perubahan yang sempurna dan menjadi genre tertua yang diangkat dari serangkaian konflik ringan dengan bumbu komedi di dalamnya.

Musim spring selalu menjadi musim terbaik dalam merajut kisah asmara dan berikut 10 rekomendasi anime terbaik bergenre rom-com yang telah penulis kemas. Alur seperti komedi, karakter utama wanita, adegan mendebarkan dan betapa menggemaskannya romansa yang ada menjadi poin utama sehingga 10 judul ini menjadi komedi romantis terbaik.

10. Uzaki-chan wa Asobitai! (Uzaki-chan Wants to Hang Out!)

Uzakin-chan, seorang gadis penuh dengan semangat dan tentu saja berbadan sangat indah yang berusaha keras untuk mengejar Sakurai, salah satu senpai Uzaki-chan yang berkarakter introvert. Sakurai sibuk dengan urusannya sendiri, sementara Uzaki-chan menjadikan ini sebagai kesempatan untuk menemaninya, walaupun sebenarnya dia lebih terkesan seperti pengganggu.

Mereka pun terlibat dalam kegiatan bersama seperti Uzaki-chan yang selalu mengikuti Sakurai, pergi bersama menonton film, dan beberapa adegan ecchi di dalamnya. Melihat kedekatan yang ada diantara mereka berdua, membuat Ami Asai dan Itsuhito Asaki berusaha untuk mencomblangkan Uzaki-chan dan Sakurai. Apakah rencana Ami Asai dan Itsuhito Asaki akan berjalan sesuai yang diaharapkan?

Uzaki-chan wa Asobitai menjadi anime populer bergenre Komedi romantis dan ecchi pada Summer 2020. Karakter Uzaki-chan yang mudah diingat dan paras imutnya mebuatnya layak menjadi salah satu best waifu. Jadi ada baiknya kalian segera mononton anime yang satu ini.

Jumlah Episode12
StudioEngi
Adaptasi dariManga
Tayang padaSummer 2020
GenreSlice of Life, Comedy, Romance, Ecchi

9. Tsurezure Children (Tsuredure Children)

Tsurezure Children menghadirkan berbagai scenario romansa yang berbeda. Penonton akan melihat berbagai karakter yang berjuang mendapatkan kisah romansa nya seperti Akagi Masaumi (ketua OSIS) berusaha mengejar Ryouko Kaji, lalu Yuki Minagawa yang gemar menggoda Jun Furuya, sementara Kazuko Hosogawa yang lelah terus menerus memberikan nasihat percintaan namun menginginkan sebuah romansa untuk dirinya sendiri.

Anime ini sangat cocok untuk kalian yang memiliki kesibukan waktu yang padat namun membutuhkan hiburan romantis karena episode dalam anime ini dikemas secara singkat dan menggemaskan. Bukankan anime yang melibatkan berbagai scenario romansa sangat menjanjikan?

Jumlah Episode12
StudioStudio Gokumi
Adaptasi dari4-Koma Manga
Tayang padaSummer 2017
GenreComedy, Romance, School, Shounen

8.  Rikei ga Koi ni Ochita no de Shoumei shitemita. (Science Fell in Love, So I Tried to Prove It)

Apa kalian pernah bertanya-tanya apa yang terjadi ketika dua ilmuan saling jatuh cinta? Karakter yang selalu mengedepankan bukti dan data empiris melekat erat pada seorang ilmuan dan hal ini yang terjadi pada Ayame dan Shinya, mencoba menyangkal terhadap perasaan mereka. Hingga suatu waktu Ayame mengungkapkannya pada Shinya untuk mengetahui kebenaran dari perasaanya.

Mereka pun melakukan berbagai eksperimen untuk membuktikan seperti apa itu cinta mulai dari eksperimen kabedon, mengukur detak jantung hingga mencari tahu tipe kencan yang efektif seperti apa. Eksperimen proyek ini berjudul “Prasyarat untuk percaya bahwa Anda sedang jatuh cinta dengan seseorang”

Hal yang menjadikan Rikei ga Koi ni Ochita no de Shoumei shitemita layak menjadi salah satu rekomendasi rom-com adalah para karakter utama yang menarik terlebih jika kita lihat betapa menawannya kepintaran dan kecantikan yang Ayame miliki. Meskipun alurnya mudah tertebak dimana Ayame dan Shinya mungkin saja akan bersama, namun sangkalan terhadap masing-masing perasaan dan juga beberapa konflik lah yang mampu membuat penonton penasaran akan kelanjutan kisah percintaan mereka berdua.

Jumlah Episode12
StudioZero-G
Adaptasi dariWeb Manga
Tayang padaWinter 2020
GenreComedy, Romance

7. Kanojo, Okarishimasu (Rent-a-Girlfriend)

Di awal cerita Rent-a-Girlfriend, Kazuya Kinoshita harus menerima kenyataan bahwa ia dicampakan oleh pacarnya, Mami-chan, hanya dalam waktu beberapa detik pertamanya. Tidak sampai disitu saja, Mami-chan bahkan telah move on dan memblokir seluruh social media milik Kazuya. Hal ini membuat Kazuya sangat depresi dan kesal bersamaan, lalu memutuskan menggunakan jasa layanan online untuk menyewa pacar dengan tarif per jam.

Jasa layanan online tersebut membawanya hingga bertemu Chizuru, kecantikan dan sikapnya mampu memikat Kazuya secara instant. Kazuya pun menyadari bahwa karakter Chizuru saat ini adalah tanda profesional dan sebuah kebohongan, sebab karakter aslinya adalah wanita yang lebih kasar dan blak-blakan. Keadaan darurat keluarga yang tak terduga memaksa Kazuya untuk meminta Chizuru berperan sebagai pacar aslinya, dan mereka pun terjebak di dalam kepalsuan sebagai pasangan sejati.

Kanojo, Okarishimasu menghadirkan sentuhan menarik pada plot komedi romantis klasik. Kazuya percaya dia telah kehilangan pasangan yang sempurna, Mami-chan, namun Chizuru, Ruka, dan Sumi, mereka semua mengejar Kazuya karena alasan mereka masing-masing. Alur cerita dimana seorang pecundang tiba-tiba mendapatkan kesempatan memiliki cinta, dan hubungan yang nampak tidak mungkin berkembang seiring dengan seri sangat sayang untuk disia-siakan.

Jumlah Episode12
StudioTMS Entertaiment
Adaptasi dariManga
Tayang padaSummer 2020
GenreRomance, School, Shounen, Comedy

6. 5-toubun no Hanayome (The Quintessential Quintuplets)

Seorang siswa SMA dengan nilai akademis yang sangat baik, Fuutarou Uesugi, mecoba membantu keuangan keluarganya dengan bekerja sebagai tutor. Tidak disangka ia bertemu dengan Itsuka Nakano, salah satu teman sekelasnya yang cukup kasar, sebagai salah satu murid yang harus ia ajar. Tidak hanya itu saja, ia juga harus mengajar keempat saudara perempuannya, Nino, Miku, Yotsuba, dan Ichika. Kembar lima yang sangat membenci pelajaran, dan Uesugi yang harus mengatasi ini. Akankah dia mampu menahan pesona yang terpancar dari para kembar lima tersebut?

5-toubun no Hanayome memiliki kualitas animasi yang sangat bagus, genre harem komedi romantis yang memiliki karakter menyenangkan tentu mengingatkan pada anime klasik harem lama seperti Love Hina. Sangat menyenangkan melihat karakter protagonis utama yang kutu buku sibuk dengan belajar dan pekerjaan harus menghadapi karakter wanita yang temperamental serta si kembar empat yang berusaha untuk menghindari kegiatan belajar.

Jumlah Episode12
StudioTezuka Production
Adaptasi dariManga
Tayang padaWinter 2019
GenreHarem, Comedy, Romance, School, Shounen

5. Tonikaku Kawaii (TONIKAWA: Over the Moon For You)

Nasa Yuzaki bertemu gadis impian dan cinta pertamanya, Tsukasa, saat ia sibuk melihat Tsukasa ketika dirinya menyebrangi jalan, sebuah truk datang dan menabraknya. Tenang saja, ini buka genre isekai, sebaliknya Nasa berakhir di pelukan Tsukasa. Dalam keadaan terluka dan telah diselamatkan oleh Tsukasa, Nasa berusaha mengejar Tsukasa dan mengajaknya kencan. Tidak disangka-sangka, Tsukasa menerima ajakan Nasa namun dengan satu syarat bahwa mereka harus menikah terlebih dahulu. Tentu saja Nasa menerima syarat tersebut namun ia jatuh pingsan. Waktu berjalan cepat hingga Nasa telah berumur 18 tahun dan tiba-tiba Tsukasa telah berada di depan pintu rumahnya. Lalu, kehidupan pernikahan mereka pun dimulai…

Para penggemar anime percaya bahwa TONIKAWA menghadirkan anime dengan sebuah kekuatan cinta yang kuat, tanpa embel-embel salah satu  karakter mengejar karakter yang lain atau menunggu waktu yang lama hanya untuk melihat karakter utama melakukan pengakuan terhadap perasaannya. Tonikawa menyajikan cinta tanpa drama, desain karakter paling lucu, warna-warna lembut, dan romansa pastel yang menggemaskan.

Di episode pertama mereka bertemu untuk pertama kali dan sisanya adalah cerita pengantin baru yang masuk ke situasi lucu dimana mereka harus saling mengenal, peduli satu sama lain, dan bermimpi bersama. Siapa yang tidak iri dan tidak menginginkan hal tersebut? Tentu saja banyak orang menginginkan percintaan tanpa drama.

Jumlah Episode12
StudioSeven Arc
Adaptasi dariManga
Tayang padaFall 2020
GenreComedy, Romance, Shounen

4. Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume wo Minai (Rascal Does Not Dream of Bunny Girl Senpai)

https://youtu.be/ku7XxxXpIKI

Sebuah penyakit misterius yang menyerang konflik batin para remaja, Sindrom Pubertas, dialami oleh Mai, seorang aktris remaja popular dengan setelan gadis kelinci tengah berjalan di sekitaran perpustakaan tanpa ada orang lain yang memperhatikan. Namun, Sakuta menyadari kehadiran Mai dan membantunya, di sepanjang jalan ia melihat lagi lebih banyak gadis yang tekena sindrom tersebut.

Rascal Does Not Dream of Bunny Girl Senpai bukanlah anime bergenre ecchi, seperti yang dibayangkan. Anime ini menghadirkan plot yang tidak konvensional, sebuah rom-com yang menumbangkan konvensi dalam genre itu sendiri. Memadukan teori ilmiah, misteri, dan mungkin metafora untuk kelabilan di masa remaja, pasangan utama dalam anime ini memiliki chemistry yang tak terbantahkan. Kepercayaan diri dan sisi gelap milik Mai melengkapi humor kering dan sikap dingin milik Sakuta. Jika kalian menikmati anime seperti Bakemonogatari, maka anime ini cocok dijadikan saingan karena beberapa dialog dan alur mengejutkannya!

Jumlah Episode13
StudioCloverWorks
Adaptasi dariLight Novel
Tayang padaFall 2018
GenreComedy, Supernatural, Drama, Romance, School

3. Horimiya

https://www.youtube.com/watch?v=CNs2IZQZcyI

Menceritakan kisah dari Hori Kyouko, seorang gadis yang cantik, cerdas dan mudah bergaul, dengan Miyamura Izumi, seorang pria yang kerap menarik diri dari pergaulan dan menyendiri, sangat bertolak belakang dengan Hori Kyouko. Baik Hori ataupun Miyamura memiliki sisi masing-masing yang tidak diketahui orang-orang. Hori yang sibuk mengurus rumah dan adik laki-lakinya selepas pulang sekolah, sementara Miyamura yang menyembunyikan kebenaran dengan penampilannya seperti pecundang yang sebenarnya sangatlah keren. Romansa diantara mereka mulai terbangun ketika Hori dan Miyamura tidak sengaja bertemu dalam sisi masing-masing yang tidak diketahui banyak orang.

Anime rom-com lainnya yang diproduksi oleh CloverWorks dan diadaptasi dari manga ini menjadi adaptasi yang paling ditunggu-tunggu pada tahun 2021. Komedi romantis antara pasangan utama Hori dan Miyamura namun penonton dapat melihat romansa dari beberapa pasangan lainnya, sangat cocok untu penonton yang tidak puas hanya dengan satu pasangan. Keluguan pemeran utama pria dan tidak perlu menunggu lama hanya untuk sebuah adegan ciuman benar-benar begitu menggemaskan.

Jumlah Episode13
StudioCloverWorks
Adaptasi dariManga
Tayang padaWinter 2021
GenreSlice of Life, Comedy, Romance, School, Shounen

2. Fruits Basket

Fruit Basket 2019 merupakan versi remake dari anime berjudul sama yang telah dari lama dianimasikan. Anime bergenre komedi romantis ini menjadi anime paling berkesan dalam beberapa tahun terakhir. Menceritakan Tooru Honda yang harus berjuang untuk kehidupannya setelah ibunya meninggal, ia terjerat di dalam keluarga Souma, sebuah klan kaya yang menyembunyikan rahasia gelap sejak Souma menanggung kutukan Zodiac. Ketika keluarga Souma dipeluk oleh lawan jenis, kutukan terkutuk itu akan berubah menjadi anime zodiak Cina.

Banyak ketegangan berasal dari interaksi antara Tooru dan rivalnya Soum, Kyo si Kucing, dan Yuki si Tikus. Bahkan dengan perkembangan selanjutnya yang menunjukkan dengan jelas siapa kekasih Tooru, candaan lucu antara Kyo dan Yuki, Tooru yang terlalu sopan, anggota klan Souma muda yang manis, semuanya membentuk alur yang menggemaskan dan menghangatkan hati. Anime ini menyajikan komedi yang begitu kuat dengan sisi romansa yang ringan, dan beberapa konflik dramatis yang serius. Fruits Basket layak mendapat tempat di rekomendasi ini, karena memiliki salah satu plot paling menarik dan perkembangan karakter yang dimulai dari pembukaan hingga kekuatan penyembuhan cinta.

Jumlah Episode25
StudioTMS Entertaiment
Adaptasi dariManga
Tayang padaSpring 2019
GenreSlice of Life, Comedy, Supernatural, Drama, Romance, Shoujo

1. Kaguya-sama wa Kokurasetai: Tensai-tachi no Renai Zunousen (Kaguya-sama: Love is War)

Menjadi anime bergenre rom-com papan atas, Kaguya-sama wa Kokurasetai, menceritakan dua murid genius yang merangkap menjadi anggota OSIS, Miyuki Shirogane dan Kaguya Shinomiya. Sebagai murid Akademi Shuchiin, mereka berdua memiliki gengsi yang sangat tinggi bahkan hanya untuk sebuah pengakuan cinta “Orang pertama yang jatuh cinta kalah”.

Kaguya-sama: Love is War layak mendapat posisi pertama dalam daftar ini berkat humor khasnya yang absurd, narrator yang luar biasa memengaruhi jalan cerita, serta karakter utama yang sangat membanggakan. Kiasan seperti “Aku suka kamu tapi aku tidak akan mengaku” telihat jelas sepanjang cerita.  Percikan cinta antara Kaguya dan Miyuki sangat jelas, tetapi dengan sikap keras kepala dan rasa tidak percaya diri yang semakin parah, membuat penonton gemas karna tidak adanya pengakuan cinta. Anime ini sangat cocok bagi kalian yang pecinta berat genre rom-com!

Jumlah Adaptasi 12
StudioA-1 Pictures
Adaptasi dariManga
Tayang padaWinter 2019
GenreComedy, Psychological, Romance, School, Seinen

Nah itulah 10 rekomendasi anime komedi romantis yang mampu membuat perasaan penonton campur aduk. Dimulai dari apa yang terjadi ketika ilmuan merasakan jatuh cinta, lalu pernikahan yang tiba-tiba, hingga pasangan keras kepala dan bergengsi tinggi. Apakah anime rom-com terbaik versi kalian ada diatas? Kaguya-sama, Fruit Baskets dan Horimiya jangan sampai terlewatkan ya!