Inilah 5 Rekomendasi Anime Terbaik yang Diadaptasi Dari Game

The World Ends With You, anime yang ditayangkan pada Spring tahun ini merupakan salah satu anime yang diadaptasi dari video game. Dalam kegiatan produksinya, anime yang diadaptasi dari manga atau light novel jauh lebih mudah dalam beberapa bagian dibanding adapatasi dari video game. Elemen seperti gameplay harus diintegrasikan ke dalam cerita atau dihilangkan dengan cara yang masuk akal, alur bercabang dan banyaknya alternatif ending dapat membuatnya hampir mustahil menjadi sebuah cerita yang koheren, dan pengalaman yang dimiliki pemain individu dengan game tidak akan pernah sama dengan bagaimana adaptasi anime tersebut. Nah berikut 5 rekomendasi anime yang diadaptasi dari video games dengan alur cerita dan animasi terbaik!

5. Fate/stay night: Unlimited Blade Works

Ketika adaptasi anime satu-satunya dari novel visual tidak sesuai seperti yang diharapkan memberikan kekecewaan terhadap penggemar, seperti spinoff yang tidak melewati plot utama dari video game Fate/Zero dan Carnival Phantasm, atau film yang sangat terburu-buru dan nyaris tidak masuk akal bagi penonton baru (film adaptasi asli dari Unlimited Blade Works).

Untungnya, anime dengan 25 episode dari Unlimited Blade Works oleh Studio Ufotable merupakan suatu penghargaan yang sempurna yang diadaptasi dari video game. Sihir dan perkelahian yang hanya bisa diimplikasikan oleh novel visual ditampilkan dalam sekuens sakuga yang memukau, elemen fantasi dan slice-of-life bekerja sama dengan sangat baik, dan musik serta seiyuu yang mampu memberikan emosi pada setiap adegan. Andai saja Fate/stay night bisa di remake seperti ini!

Jumlah Episode25
StudioUfotable
Adaptasi dariVideo Game
Tayang padaFall 2014
GenreAction, Supernatural, Magic, Fantasy

4. Doubutsu no Mori (Animal Crossing)

Movie keluaran tahun 2006 ini diadaptasi dari series populer life simulation Animal Crossing, khususnya Nintendo DS Animal Crossing: Wild World. Karakter utamanya, Ai, menjalani banyak rutinitas yang sama seperti yang dilakukan pemain video game dalam permainan biasa seperti berteman dengan hewan-hewan lokal yang berbicara, mendekorasi rumah, menemukan fosil, dan melakukan pekerjaan berupah rendah oleh Tom Nook begitu dia tiba di kota.

Hal yang disukai dari movie ini adalah betapa sempurnanya movie ini mengambil pengalaman emosional unik dari Animal Crossing, terutama perasaan memilukan ketika tetangga tercinta pindah tanpa pemberitahuan. Jika Anda sebelumnya memiliki titik lemah saat memainkan franchise game ini, itu benar-benar dapat membuat Anda menangis.

Jumlah Episode1
StudioOLM
Adaptasi dariVideo Game
Tayang padaDesember 2006
GenreKids, Slice of Life

3. Tales of Symphonia the Animation

Meskipun Tales of Symphonia menjadi salah satu video game JRPG terfavorit, namun grafis era GameCube benar-benar mulai menunjukkan usia mereka dan tidak semua orang punya waktu untuk memainkan game selama 45 jam akhir-akhir ini. Untungnya, Studio Ufotable telah mengadaptasi ceritanya menjadi seri OVA dengan tiga bagian (total 11 episode) yang dapat dinikmati oleh penggemar lama dan baru.

Beberapa subplot dipotong untuk waktu dan Colette tidak proaktif seperti dalam permainan, tetapi kualitas produksinya yang fantastis serta gaya animasinya bahkan cocok dengan cutscene khusus yang digambar tangan dari aslinya. Untuk pengenalan yang mudah dicerna dan menakjubkan secara visual untuk seri Tales, Anda mungkin tidak bisa menemukan yang lebih baik dari ini!

Jumlah Episode11
StudioUfotable
Adaptasi dariVideo Game
Tayang padaJuni 2007
GenreAction, Adventure, Magic, Martial Arts, Fantasy

2. Final Fantasy VII: Advent Children Complete

Film Final Fantasy tidak selalu dikenal karena kualitasnya, tetapi adaptasi sekuel yang indah dari game ketujuh dalam seri ini membuat materi sumbernya harus berbangga. Melihat semua karakter klasik ini dan dunia sci-fi mereka menjadi hidup dalam CG yang dibuat dengan indah benar-benar mengejutkan, dan bukan hanya karena game aslinya tampak seperti figur LEGO off-brand yang meluncur di sekitar playset box sereal yang dicetak dengan buruk.

Anda tetap disarankan untuk memainkan gamenya terlebih dahulu untuk benar-benar memahami apa yang terjadi di dalam movie, tetapi jika Anda memiliki teman yang berpengetahuan luas atau seorang ‘Wiki Final Fantasy’, maka bukan tidak masalah. Pastikan untuk menonton versi lengkap 2009, yang telah di-remaster dalam kualitas HD dan menambahkan konten tambahan selama 30 menit untuk menyempurnakan cerita.

Jumlah Episode1
StudioSquare Enix
Adaptasi dariVideo GAme
Tayang padaSeptember 2005
GenreAction, Super Power, Fantasy

1. Steins;Gate

Jika Anda penggemar science fiction, terutama time travel, Anda harus menonton Steins;Gate. Ini adalah serial psychological thriller yang diceritakan secara baik, tentang konsekuensi dari mengubah sejarah, dilihat melalui sudut pandang seorang pria yang putus asa mencari garis waktu di mana semua temannya bisa bahagia.

Adaptasi anime dimulai dengan sedikit lambat dan hanya mengikuti rute “sebenarnya” dari visual novel, tetapi menguraikan alur cerita yang kompleks dengan cara yang mudah dipahami dan benar-benar membuat momen-momen emosional terpukul keras. Ada alasan mengapa anime ini menjadi salah satu anime dengan rating tertinggi sepanjang masa, jadi periksalah untuk benar-benar memahami alasannya!

Jumlah Episode24
StudioWhite Fox
Adaptasi dariVisual Novel
Tayang padaSpring 2011
GenreSci-Fi, Psychological, Drama, Thriller

Selain lima rekomendasi adaptasi anime terbaik dari game di atas, Persona 4: The Animation, Petite Princess Yucie (berdasarkan Princess Maker), Kirby: Right Back At Ya!, Higurashi: When They Cry, Pokémon, dan The World Ends With You juga merupakan pilihan favorit yang layak untuk ditonton.