Gratis! 12 Youtube Channel yang Menyediakan Anime Secara Legal

Youtube umumnya merupakan platform yang sering digunakan untuk mencari hiburan. Menghadirkan berbagai jenis konten seperti game, meme, komedi, musik, dan lainnya. Seiring berkembangnya platform tersebut, YouTube kini menjadi salah satu tempat yang bisa digunakan untuk menyaksikan berbagai serial menarik secara “legal”, tidak terkecuali anime. Walaupun jumlahnya tidak banyak jika dibandingkan dengan platform lainnya seperti Netflix, iQIYI, Viu, dan lainnya.

Berbicara tentang anime, tidak sedikit channel penyedia anime di youtube yang kebanyakan adalah reuploader dari website bajakan atau ilegal, tapi tenang saja ada beberapa kanal yang telah mendapatkan lisensi resmi untuk menayangkan anime secara legal. Berikut 10 daftar channel youtube yang menyediakan anime legal, dan tentu saja gratis untuk ditonton.

1. Muse Asia dan Muse Indonesia

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan kedua Channel ini, Selain Indonesia, Muse memiliki beberapa channel juga untuk versi negara lainya seperti Vietnam, Malaysia, Thailand dan lain-lain

Muse juga menyediakan banyak anime legal yang berkualitas seperti: Higehiro, Tensei shitara Slime Data Ken, Tokyo Revengers, Mushoku Tensei, God of Highschool, Welcome to School Iruma-kun, One Punch Man, A Certain Magical Index dan anime berbagai judul lainnya.

Pertumbuhan channel Muse Indonesia sendiri tergolong sangat cepat dan Subscribers-nya sudah hampir menyusul Muse Asia. Sayangnya, saat ini belum tersedia anime dengan resolusi full HD atau 1080p, tapi mengingat konten yang mereka sediakan adalah sesuatu yang “gratis”, jelas bahwa itu bukanlah masalah besar.

2. Ani-One Asia

Ani-One Asia tidak jauh berbeda dengan Muse yang memiliki banyak anime legal yang tidak kalah bagusnya seperti: Code Geass, Yuru Camp, Megalobox, No Game No Life, To Your Eternity, Konosuba, Gleipenir dan judul lainnya.

Pada awalnya Channel ini tidak menyediakan subtitle Indonesia, tetapi selain beberapa subtitle lainnya, mereka kini sudah mulai menyediakan takarin Indonesia pada beberapa anime, untuk subtitle nya sendiri kebanyakan sub Inggris, China, dan Vietnam.

3. Gundaminfo

GundamInfo seperti nama Channelnya, Channel ini hanya menyediakan anime Gundam Series seperti SD Gundam World, Gundam Build Divers, Mobile Suit Gundam Wings, Gundam Build Fighters, dan series Gundam lainya, Channel ini menyediakan subtitle Inggris dan beberapa takarin Indonesia

4. Pokemon Asia ENG

Bagi Anda penggemar Pokemon Series mungkin akan menyukai channel satu ini, Seperti judulnya, kanal ini hanya bisa diakses oleh region Asia saja, sekilas channel ini terkesan agak baru karena hanya menampilkan 3 judul anime Pokemon yaitu Pokemon XY,Pokemon Diamond Pearl dan Pokemon Journey, tapi sayangnya Pokemon XY sedang di stop untuk sementara waktu, Channel ini hanta meyediakan dub English tanpa sub, Pokemon Journey diupload setiap hari Jumat 1 episode sedangkan Pokemon Diamon Pearld diupload setiap hari Rabu dan Minggu 1 episode.

Note : Sekilas playlist Pokemon Journeys episode 12 sampai 17 terlihat kosong, tetapi sebenarnya ada cara untuk melihat episode tersebut, berikut caranya:

  1. Klik/masuk ke Channel nya terlebih dahulu lalu klik Komunitas atau “Comunity”

2. Scroll kebawah sampai Anda menemukan episode yang diinginkan

Jika anda memakai Android tutorialnya sama seperti yang diatas

5. Monsta

Bagi kamu yang sering nonton animasi Boboiboy, pasti tidak asing lagi dengan Monsta. Ya Monsta adalah pembuat animasi Boboiboy, tapi jangan salah, channel ini juga menampilakan beberapa anime seperti Beyblade Burst Dub Indonesia Turbo, Pokemon Ultra Sun and Moon dub Inggris dan sub malaysia, Zoids Wilds dub English, bahkan Bakugan. Ingat bakugan?, mainan zaman dulu (yang bola-bola itu), tapi untuk dapat menonton bakugan, kamu diharuskan menggunakan VPN malaysia.

Disamping itu, kamu dapat bernostalgia dengan animasi Boboiboy di channel ini karena mereka menyediakan seluruh bagian Boboiboy series secara lengkap dan dapat ditonton secara cuma-cuma, bahkan Boboiboy movie yang pertama dan Boboiboy Galaxy.

6. AnimeLog

Rumor nya channel ini akan menampilkan anime-anime bagus kedepanya, tapi tentu saja belum ada kepastian apapun tentang itu, untuk sekarang channel ini hanya menyediakan judul-judul anime klasik alias jadul dan hanya bersubtitle Inggris. Jika Anda adalah pecinta anime jadul atau klasik platform ini layak dicoba.

7. BANDAI NAMCO Arts Channel

Para Gamers tidak akan asing dengan nama satu ini, Bandai Namco merupakan developer dibalik game populer seperti Jump Forces, Dark Souls, Game Naruto dan lain-lain.

Channel ini menyediakan 2 Anime yaitu Obsolute dan IDOlish7 Vibrate.

Obsolute merupakan Anime 3D dengan genre Mecha, Military dan action. Saya pribadi berpendapat bahwa beberapa scene dari anime ini memiliki kualitas animasi 3D yang lumayan, setidaknya jauh di atas Ex-Arm, anime ini memiliki berbagai macam dub dan sub termasuk Indonesia

IDOlish7 Vibrate sebenarnya merupakan anime yang diadaptasi dari game yang berjudul IDOlish7. Seperti judulnya, bercerita tentang idol pria. Sama dengan kebanyakan pria lainnya, saya sendiri tidak begitu tertarik dengan serial semacam ini, tapi biasanya cocok untuk para perempuan yang menyukai ikemen/(pria tampan). Setelah saya telusuri, ternyata Spotify dan Youtube menyediakan lagu dari idol virtual ini.

8. Atashin’chi Official Channel

Channel ini hanya menyediakan satu judul anime yaitu sama seperti judul channelnya yaitu Atashin’chi, ini merupakan anime jadul bergenre komedi dan hanya menyediakan sub engslih, mungkin dari para pembaca ada yang tertarik untuk menonton anime satu ini

9. Chibi Maruko Chan

Chibi Maruko Chan merupakan anime jadul yang pernah tayang di-Tv, Channel ini menyediakan dub Indonesia, untuk bahasa lain pun ada cuma di Channel yang berbeda tinggal dilihat pada bagian Channels.

10. LINE WEBTOON INDONESIA

Seperti namanya, Channel ini hanya menayangkan animasi/anime dari seri Webtoon dengan subtitle bahasa Indonesia, satu anime yang paling populer di channel ini adalah The God of High School. Tentu kamu tidak akan bisa menemukan adaptasi anime berdasarkan manga disini dan pilihan yang ditawarkan tidak sebanyak tempat streaming anime lainnya.

Tapi ini merupakan pilihan yang cukup bagus, dan dengan mulai adanya adaptasi manhwa Webtoon ke anime tahun lalu, kami berharap channel ini bisa menyediakan banyak judul anime di masa depan.

11. Crunchyroll Collection

Channel ini tidak menayang anime secara full episode tapi hanya menyediakan clip-clip anime. Contohnya adalah scene pertarungan anime Boruto, Boku No Hero Academia. Mereka juga menyediakan Opeing dan Ending anime TV.

12. Hololive Channel

Tunggu Hololive kan divisi Vtuber bukan Anime? jawaban adalah benar, tetapi saya sengaja menambahkan channel ini karena iseng dan agak menarik juga untuk dibahas sedikit, anime itu kan artinya animasi dari Jepang/Khas Jepang dan di channel ini membuat animasi tentang kegabutan member-member Hololive jadi termasuk kan..

Myanimelist Holo Grafiti Page