MAPPA Diduga Tidak Mencerminkan Kualitas Animasi yang Sebenarnya pada PV Chainsaw Man

Mengingati apa yang terjadi sebelumnya dengan Attack on Titan Final Season, portal Otaquest menerbitkan sebuah artikel, membahas tentang Studio MAPPA yang diduga menggunakan kembali taktik trailer pra-animasi di anime Chainsaw Man. Penulis mengomentari “kemungkinan besar” video promosi perdana dari adaptasi anime Chainsaw Man tidak mencerminkan atau menampilkan animasi yang sebenarnya.

Berikut isi dari artikel tersebut:

Dengan rilisnya video promosi Chainsaw Man pada perayaan ulang tahun ke 10 Studio MAPPA, tentu memberikan rasa antusias yang tinggi terutama para penggemar yang telah lama menantikan adaptasi manga ini, terlebih lagi melihat bagaimana animasi tersebut sangat menjanjikan. Namun demikian, perlu dicatat bahwa trailer ini mungkin bukan cerminan akurat dari anime Chainsaw Man yang sebenarnya.

Ini karena kemungkinan besar itu adalah pra-animasi. Tidak ada konfirmasi tentang hal ini melalui sumber resmi, tetapi dapat disimpulkan dari cuplikan yang disajikan: jika pengambilan gambar diambil dari produksi yang sebenarnya, maka adegan yang menampilkan Aki, Denji dan Power sedang makan bersama seharusnya belum dianimasikan kecuali MAPPA telah melakukan produksi untuk beberapa episode atau bahkan season 2.

Terlebih lagi, beberapa scene di PV pertama Chainsaw Man ini benar-benar baru, seperti Kobeni bermain di laut bersama Power dan Denji. Tidak diragukan lagi, mereka dimaksudkan tak lebih dari hiburan semata bagi pembaca manga.

Faktanya ini bukan pertama kalinya studio MAPPA membuat video promosi untuk proyek yang sangat dinanti. Attack on Titan: The Final Season merupakan salah satu video promosi produksi MAPPA dimana animasi tersebut sepenuhnya hanya sebagai media promosi, bahkan beberapa adegan dan suasana tidak terdapat di dalam serial adaptasi animenya.

Argumennya adalah bahwa trailer pra-animasi menetapkan standar tinggi untuk tujuan tim produksi, tetapi ada beberapa masalah dengan ini.

Pertama-tama, Attack on Titan: The Final Season akhirnya tidak terlihat seperti pengungkapan awal. Titans tidak hanya sebagian besar dianimasikan dalam 3D , arahnya mengambil dimensi yang lebih kaku saat adaptasi berlangsung. Dan sekarang kita tahu betapa terbebani dan letihnya parae animator MAPPA. Pekerja lepas, Mushiyo bahkan menyamakan kondisi kerja studio dengan ‘pabrik’.

Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa bisa saja kualitas video promosi Chainsaw Man yang menjanjikan hanya sekedar untuk memberikan kesan awal yang baik bagi penonton.

Jadi masih harus dilihat apakah anime Chainsaw Man benar-benar dapat memenuhi standar tinggi yang ditetapkan oleh trailer ini. Namun, tanggal rilis yang masih belum diketahui mungkin saja menjadi lampu hijau bahwa pihak MAPPA sedang berusaha keras dalam menghasilkan adaptasi anime yang baik. Jadi mari kita lihat saja saja sampai adaptasi animenya rilis!