Berkat Anime Super Cub, Minat Terhadap Skuter di Jepang Meningkat

Sama halnya dengan light novel aslinya, adaptasi anime Super Cub hadir mambawa genre Slice of Life dan School dengan konsep utamanya yang mengarah ke “motor skuter”. Keseriusan Studio Kai dalam menggarap serial ini membuat anime terkesan lebih nyata dan itu terlihat jelas dari cara kerja skuter, produksi animasi, di mana mereka bahkan menggunakan Super Cub asli untuk perekaman suara.

Keberhasilan adaptasi anime Super Cub tidak lepas dari campur tangan Honda yang sejak awal dikabarkan ikut bekerjasama dalam produksi. Salah satu alasan mereka tentu saja untuk menarik minat penonton pada produknya. Dan berkat anime yang diterima dengan baik, minat terhadap skuter di Jepang pun meningkat.

Seperti yang dilaporkan oleh portal J-CAST, sejak adaptasinya ditayangkan, motor skuter Super Cub Honda mengalami peningkatan penjualan di Jepang. Meski belum ada data spesifik mengenai itu, namun dapat dipastikan bahwa banyak diantara pemirsa yang menunjukkan minat mereka terhadap motor skuter setelah menyaksikan serial ini.

Hingga 26 Mei lalu, delapan dari dua belas episode telah disiarkan, dan menurut analisis publikasi di media sosial – Social Insight, jumlah postingan dengan kata kunci “Super Cub” dan “Anime” antara April 7 dan 25 Mei adalah sekitar 150.000.

Dilihat dari rentang usia postingan tersebut, pengguna berusia dua puluhan adalah yang paling banyak, dengan 49,9%, diikuti oleh pengguna berusia tiga puluhan (21,8%) dan remaja (17,8%). Kata-kata yang paling sering menyertai postingan mereka adalah “menarik”, “tenang”, dan “baik”, merupakan kesan yang menyenangkan. Namun, kata lain yang menarik perhatian adalah ‘beli’ dan ‘keinginan’, menunjukkan meningkatnya minat orang-orang untuk membeli kendaraan tersebut.

Sebelumnya, pada 24 April, seorang pengguna memposting di Twitter tentang bagaimana dirinya ikut terpengaruh oleh serial Super Cub ini, telah melakukan perjalanan 2.000 kilometer mengelilingi Kyushu dengan skuter miliknya. Postingannya menarik perhatian banyak pengguna lainnya dan ternyata beberapa diantara mereka juga berencana atau Ingin melakukan hal yang sama.