10 Manga Paling Banyak Terjual di Tahun 2021

Hari ini portal Jepang Oricon kembali membagikan 10 daftar manga paling banyak terjual dimulai dari bulan Januari hingga Mei 2021. Menurut informasi, angka ini dihitung berdasarkan penjualan manga yang telah diterbitkan hingga saat ini, mencakup versi cetak maupun digital dari setiap judul. Daripada penasaran langsung aja simak daftar berikut ini.

10. One Piece

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang selalu duduk di posisi teratas, kini One Piece harus menerima tempatnya pada peringkat kesepuluh sebagai manga paling banyak terjual di tahun 2021, dengan penjualan mencapai 2.573.010 eksemplar.

Gol D. Roger dikenal sebagai “Raja Bajak Laut”, manusia terkuat dan paling terkenal yang pernah mengarungi Grand Line. Namun suatu ketika dirinya ditangkap dan dieksekusi mati di depan publik. Tepat sebelum kematiannya, ia mengumumkan kepada orang banyak tentang harta miliknya, One Piece, yang diklaim sebagai harta terbesar yang pernah ada. Pengungkapan inilah yang melahirkan era “Zaman Keemasan Bajak Laut”, orang-orang bermimpi menemukan One Piece yang menjanjikan kekayaan dan ketenaran tak terbatas bahkan mendapatkan puncak kemuliaan dan gelar Raja Bajak Laut.

Kematiannya menjadi inspirasi Monkey D. Luffy yang juga bercita-cita menjadi raja bajak laut dan menemukan One Piece. Luffy termasuk salah satu yang berniat menemukan harta karun tersebut dan menjadi raja bajak laut berikutnya.

9. Kingdom

Kingdom adalah sebuah seri manga seinen Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Yasuhisa Hara. Franchise ini menempati posisi kesembilan sebagai manga paling banyak terjual tahun 2021, dengan total mencapai 2.596.395 eksemplar.

Kingdom berkisah tentang anak yatim bernama Xin dan teman-temannya yang membuktikan diri untuk menjadi jendral terbaik yang akhirnya berhasil menyatukan Tiongkok untuk pertama kalinya dalam sejarah.

8. Haikyuu!!

Haikyu!! adalah sebuah manga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Haruichi Furudate. Manga ini pada awalnya dirilis sebagai cerita one shot dalam majalah Jump NEXT! milik Shueisha sebelum dimuat berseri. Terlepas dari itu, manga ini telah terjual sebanyak 2.944.002 eksemplar dalam satu tahun terakhir.

Manga Haikyu menceritakan tentang seorang siswa bernama Hinata Shouyo yang terobsesi dengan olahraga bola voli setelah melihat kompetisi voli di TV. Masuk SMP, Hinata pun bergabung dengan tim voli di sekolahnya untuk mewujudkan impiannya menjadi pemain voli terbaik.

7. Boku no Hero Academia

Boku no Hero Academia atau My Hero Academia nempati urutan ketujuh sebagai manga paling banyak terjual tahun 2021. Manga ini berhasil menjual sekitar 3.045.057 eksemplar.

Ceritanya mengisahkan tentang Izuku Midoriya, seorang anak lelaki tanpa kekuatan super yang disebut quirk, tetapi masih ia masih bercita-cita untuk menjadi seorang pahlawan. Ia kemudian bertemu dengan pahlawan terhebat di Jepang, yang membagi quirk miliknya kepada Izuku setelah melihat potensinya, dan kemudian memasukkannya dalam sebuah SMA yang dikhususkan untuk para pahlawan muda.

6. Yakusoku no Neverland

Yakusoku no Neverland adalah sebuah manga yang ditulis oleh Kaiu Shirai dan diilustrasikan oleh Posuka Demizu. Manga ini dimuat berseri dalam majalah Weekly Shōnen Jump sejak bulan Agustus 2016 hingga Juni 2020. Penjualan manganya di tahun 2021 menyentuh sekitar 3.191.416 eksemplar.

Berlatar pada tahun 2045, Emma adalah seorang anak yatim piatu berusia 11 tahun yang tinggal di Grace Field House, sebuah panti asuhan kecil yang menampungnya beserta 37 anak lainnya. Pada suatu malam, seorang anak yatim piatu bernama Conny dikirim ke luar untuk diadopsi, tetapi Emma dan Norman mengikutinya setelah menyadari bahwa Conny melupakan boneka kelinci mainannya. Di gerbang, mereka menemukan Conny telah mati dan menyadari kebenaran yang sesungguhnya tentang keberadaan mereka di panti asuhan tersebut. Bertekad untuk kabur dari Grace Field House, Norman dan Emma bekerja sama dengan Ray demi menemukan cara untuk melarikan diri dengan semua anak-anak yang lain.

5. Chainsaw Man

Chainsaw Man merupakan manga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Tatsuki Fujimoto. Manga ini dimuat berseri dalam majalah Weekly Shōnen Jump terbitan Shueisha sejak bulan Desember 2018. Di tahun 2021, penjualan manganya meningkat hingga menyentuh angka 4.181.650 eksemplar, mungkin dikarenakan konfirmasi tentang adaptasi animenya oleh MAPPA.

Denji hidup di tengah kemiskinan dan menjadi Pemburu Iblis demi melunasi utang ayahnya dengan cara memberikan mayat iblis hasil buruannya kepada para Yakuza. Kehidupannya mulai berubah ketika tubuhnya bergabung dengan mayat anjing peliharaannya, Pochita. Dia kemudian tinggal di kota besar dan menjadi bagian dari organisasi Pemburu Iblis. Namun, dia masih harus banyak belajar tentang pekerjaan barunya dan juga tentang kekuatan gergaji mesin miliknya.

4. Shingeki no Kyojin

Meski manganya telah berakhir dan mendapatkan banyak kritik karena ending yang tidak dapat di terima oleh fansnya, tetapi Shingeki no Kyojin sampai saat ini masih mampu menempati urutan keempat dalam penjualan manga terbanyak di tahun 2021, dengan perolehan mencapai 4.635.754 eksemplar.

Ceritanya berlatar di dunia tempat umat manusia hidup di wilayah yang dikelilingi tiga lapis tembok besar, yang melindungi mereka dari makhluk pemakan manusia berukuran raksasa yang dikenal sebagai Titan. Satu Titan berhasil menghancurkan tembok tersebut danmasuk ke wilayah pemukiman. Umat manusia pun tak punya pilihan lain selain bertempur untuk bertahan hidup.

3. Tokyo Revengers

Tokyo Revengers menjadi salah satu serial yang sering diperbincangkan pada tahun ini, apalagi adaptasi anime yang dihadirkan sukses mencuri hati banyak orang bahkan untuk setiap minggunya anime ini terus menduduki trending Youtube Indonesia setelah rilis episode terbarunya. Dengan kesuksesannya, tidak mengherankan kalau manganya juga sampai terjual hingga 5.007.825 eksemplar di tahun 2021.

Berkisah tentang Takemichi, seorang lelaki pengangguran berusia 26 tahun. Dia baru mengetahui bahwa gadis yang menjadi pacarnya ketika masih duduk di bangku SMP, satu-satunya gadis yang pernah dikencaninya telah meninggal akibat ulah sekelompok geng berandalan yang dikenal sebagai Tokyo Manji Gang. Setelah hampir mati tertabrak kereta, dia menyadari bahwa dirinya kembali ke masa lalu saat dia masih duduk di bangku SMP. Takemichi bersumpah untuk mengubah masa depan dan menyelamatkan gadis bernama Hinata itu. Demi melakukannya, dia bertujuan untuk mengincar bagian puncak geng berandalan paling brutal di wilayah Kanto tersebut.

2. Jujutsu Kaisen

Manga karangan Gege Akutami menjadi meningkat drastis setelah mendapatkan adaptasi anime dan kini karyanya tersebut berhasil menduduki posisi kedua sebagai manga yang paling banyak terjual di tahun 2021, dengan perolehan mencapai sekitar 23.797.483 eksemplar.

Kisah berfokus pada Yuji Itadori, remaja yang memiliki kekuatan fisik luar biasa namun lebih memilih untuk melakukan penelitian supernatural di sekolahnya. Pada suatu hari sebuah kutukan menimpa sekolahnya. Dirinya membantu Megumi Fushiguro selaku spesialis Jujutsu untuk menolong teman-temannya, namun kutukan yang mereka lawan terlalu kuat. Yuji terpaksa memakan objek terkutuk yang membuat dirinya dirasuki monster legendaris bernama Sukuna untuk melawan balik. Yuji lalu ditahan oleh akademi Jujutsu dan diancam mendapat hukuman mati untuk menghancurkan monster yang merasukinya.

1. Kimetsu no Yaiba

Manga Kimetsu no Yaiba atau Demon Slayer menempati posisi pertama sebagai manga paling banyak terjual di tahun 2021. Dalam setahun, manga ini telah terjual sekitar 26.351.483 eksemplar. Apalagi setelah dirilis movie pertamanya yang menghebohkan hingga membuatnya melonjak naik.

Berbeda dengan manga populer lainnya, Kimetsu no Yaiba tidak ingin berlama-lama dengan kisahnya. Manga karangan Koyoharu Gotoge telah berakhir sejak bulan Mei 2020 lalu.

Kisahnya sendiri bercerita tentang Tanjiro Kamado yang kehidupannya berubah total setelah melihat keluarganya dibantai oleh iblis kala itu dan menyisakan adiknya Nezuko. Namun, penderitaan tidak berhenti sampai disitu karena meski adiknya hidup tapi dia berubah menjadi iblis yang memiliki emosi dan cara berpikir seperti manusia. Tanjiro pun harus bergabung dengan pembunuh iblis lainnya untuk mencari jalan mengembalikan adiknya seperti normal, serta membalas dendam atas kematian keluarganya.