Shinji Takamatsu: China Mengharuskan Seluruh Episode Anime Selesai 3 Bulan Sebelum Mulai Ditayangkan

Bukan rahasia umum lagi bahwa tidak sedikit seri animasi di Jepang diproduksi saat anime tersebut sedang mengudara atau berstatus on-going. Di beberapa kasus seperti Attack on Titan Final Season, MAPPA bahkan baru bisa menyelesaikan episode ketujuhnya sehari sebelum ditayangkan.

Meski masih harus mengejar deadline yang berbeda, nampaknya kondisi tersebut berbanding terbalik dengan permintaan pasar China. Fakta ini diungkap oleh Shinji Takamatsu, sutradara sekaligus penulis storyboard animasi yang saat ini sedang mengerjakan beberapa judul anime Jepang untuk disiarkan di negara tirai bambu tersebut. Melalui cuitannya di Twitter, ia menjelaskan keadaan industri animasi Jepang saat ini dan ketergantungan mereka pada investasi dari China.

“Masa produksi anime baru sekarang ini begitu lama dan sulit untuk memprediksi kapan puncak prosesnya akan datang. Dulu, saya sangat sibuk selama anime sedang disiarkan. Sekarang itu tidak terjadi. Alasan utamanya adalah adanya permintaan peningkatan produksi semua episode, yang perlu diselesaikan tiga bulan sebelum penayangannya di sana, karena harus melewati proses peninjauan (review) dari China. Dalam situasi di mana sulit untuk mendapatkan uang di Jepang, penjualan di luar negeri sekarang sangat penting.”

Takamatsu menambahkan: Kemarin, saya mengadakan pertemuan tentang sebuah proyek yang akan tayang perdana pada Musim Gugur 2021 (Oktober-Desember) dan lainnya yang akan dirilis pada Musim Semi 2022 (April-2022), sungguh melelahkan!

Dalam industri, jika seseorang berkata, “Kirim seluruh episode tiga bulan sebelum penayangan perdana!” Anda tidak punya pilihan selain mengikuti instruksi tersebut, dan Anda tidak memiliki otoritas atas manajemen industri.

Source
Otakomu

Adblock Detected

Matikan Adblcoknya ya ^_^