Pengadilan Rusia Melarang Anime Isekai di Negaranya

Pada bulan Januari lalu, dilaporkan kasus pelarangan aneh yang diberlakukan oleh pengadilan Rusia pada beberapa judul anime. Dalam hal itu, serial Death Note, Tokyo Ghoul, dan Inuyashiki harus ditarik dari semua platform streaming di Rusia karena judul-judul tersebut, dianggap menghasut para pemuda untuk melakukan tindak kekerasan.

Kali ini, Rusia sekali lagi menjadi sorotan dalam industri anime karena pelarangan baru yang dikeluarkan oleh pengadilan di kota Saint Petersburg, pada anime Isekai yang dianggap menjanjikan reinkarnasi – kehidupan yang lebih baik setelah kematian.

Semuanya muncul dari pernyataan yang dikeluarkan di saluran Telegram instansi pemerintah yang melaporkan bahwa beberapa serial anime telah ditambahkan ke daftar hitam, meski tanpa hukuman berat. Resolusi ini menyatakan bahwa situs AnimeJapan, AnimeGo, Jutsu, dan Agorov harus menghapus beberapa anime mereka, yang terkait dengan serial anime seperti Konosuba! Tensei shitara Slime Datta Ken, Zombieland Saga, Nekopara dan Princess Lover.

Ini karena situs-situs tersebut dapat diakses secara bebas, yang berarti siapa pun dapat mengakses tanpa memiliki status keanggotaan atau penetapan usia dewasa. Karena alasan ini, informasi “sensitif” lebih mudah disebarkan di kalangan pemuda Rusia.

Larangan ini merupakan jawaban atas berbagai keluhan yang disampaikan oleh khalayak yang sebagian besar adalah para orang tua murid yang bertemu dengan para ahli di bidang tersebut untuk membahas alasan mengapa materi ini tidak boleh disebarluaskan secara bebas.

Setelah menyimpulkan, disebutkan bahwa serial seperti di atas mengedepankan nilai-nilai yang sangat berbahaya yang berpotensi ditiru oleh anak muda.

Menurut pernyataan tersebut, serial seperti “Isekai” mempromosikan “reincarnation beliefs”, sebuah gagasan yang membuat mereka berpikir bahwa jika mati, mereka akan dibawa ke dunia magis dan sempurna. Hal ini bisa membuat anak muda berpikir untuk bunuh diri. Selain itu, beberapa adegan dalam serial tersebut mengandung kekerasan, hubungan seksual, konsumsi alkohol, dan aktivitas lain yang dapat merusak kesehatan mental.

Saat ini, tidak ada indikasi larangan yang lebih besar untuk judul-judul ini karena telah dilaporkan oleh pengguna lain yang tinggal di negara tersebut – bahwa serial serupa masih tersedia di semua platform streaming. Di sisi lain, penelitian akan terus dilakukan terkait hal ini untuk mencegah “pengaruh buruk” yang ditimbulkan oleh konten serupa, menjangkau browser yang bebas digunakan di Rusia.

Source
St. Petersburg Court Telegram Channel

Adblock Detected

Matikan Adblcoknya ya ^_^