Terus Pepet Mortal Kombat, Kimetsu no Yaiba Ikut Mendominasi Box Office AS

Box Office Mojo melaporkan bahwa Movie anime Kimetsu no Yaiba atau Demon – Slayer Kimetsu no Yaiba: Mugen Train telah meraup sekitar US $ 15,9 juta (sekitar 230 miliar rupiah) pada akhir pekan di minggu pertama penayangannya di beberapa bioskop Amerika Serikat. Film tersebut juga mendominasi box office domestik dengan menduduki peringkat kedua, sedangkan posisi pertama dipegang oleh Mortal Kombat dengan perolehan mencapai $ 22,5 juta (sekitar 326 miliar rupiah).

Seperti yang dapat anda bayangkan, hype Kimetsu no Yaiba telah banyak membawa keuntungan besar bagi Jepang dan popularitasnya semakin naik dari waktu ke waktu. Menariknya lagi, diketahui bahwa film tersebut hanya diputar di 1.598 bioskop pada hari Jumat, sedangkan Mortal Kombat diputar di 3.073 bioskop. Dengan perbandingan yang cukup jauh, mungkin saja film ini bisa menang pada minggu pertama jika mengikat lebih banyak bioskop.

Pada tanggal 23 April di hari pertama pemutarannya, Kimetsu no Yaiba dikabarkan menyentuh posisi pertama dengan pendapatan kotor sebesar $ 9,5 juta mengalahkan Mortal Kombat yang memperoleh sekitar $ 9,03 juta. Akan tetapi rekor tersebut hanya bertahan sementara mengingat jumlah pemutaran di bioskop yang lebih sedikit.

Funimation dan Aniplex of America mulai menayangkan film tersebut di bioskop Amerika Utara mulai tanggal 23 April, dan akan merilis versi digital pada tanggal 22 Juni.

Demon Slayer: Mugen Train mulai diputar di Jepang pada tanggal 16 Oktober. Film ini menjual 3.424.930 tiket dan meraup 4.623.117.450 yen (sekitar 636 miliar rupiah) di Jepang dalam tiga hari pertamanya. Film ini menjual 910.507 tiket dan menghasilkan lebih dari 1.268.724.700 yen (sekitar 174 miliar rupiah) pada hari pembukaannya saja.

Setelah 12 minggu berturut-turut di pertama pada box office di Jepang, film tersebut turun ke #2 selama akhir pekan ke-13 antara 9-10 Januari. Film ini menempati peringkat tiga teratas setiap minggu di Jepang sejak saat itu, hingga akhir pekan ke-22. Movie tersebut telah melampaui Spirited Away (2002) karya Hayao Miyazaki, saingan terakhirnya untuk pendapatan tertinggi sepanjang masa dalam sejarah box office Jepang.

Spirited Away memperoleh 30,8 miliar yen dalam keseluruhan penayangannya, tetapi dengan mudahnya Kimetsu no Yaiba menyusul dengan mendapatkan total 31,68 miliar yen pada musim panas lalu. Dengan begitu, Movie Kimetsu no Yaiba tersebut telah menjadi film animasi dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa di Jepang.