Chile Buat Petisi Untuk Mengganti Patung Pahlawan Nasional Baquedano Menjadi Levi Ackerman dari Attack on Titan

Pada tanggal 6 Maret 2021, patung Levi Ackerman akhirnya diresmikan menjadi salah satu momentum bersejarah yang dipamerkan di kampung halaman Hajime Isayama selaku pembuat manga Attack on Titan. Namun, jelang beberapa minggu kemudian sebuah petisi yang dibuat oleh orang Chile menjadi viral, lantaran mereka meminta pembuatan patung Levi Ackerman untuk menggantikan patung pahlawan nasional di negaranya.

Portal Jepang Livedoor News membagikan sebuah artikel berjudul “Petisi yang dibuat orang Chili menjadi viral karena berisi permintaan untuk menggantikan patung pahlawan nasional Baquedano dengan Levi Ackerman dari Attack on Titan”, petisi ini dibuat melalui situs change.org oleh anggota komunitas Chili.

Seperti yang kita lihat, petisi tentang pendirian patung Levi Ackerman tersebut telah mengumpulkan lebih dari 75.000 tanda tangan dari berbagai negara termasuk Chili dan Amerika Serika. Selain itu, petisi ini juga meminta agar patung tersebut didirikan di Plaza Italia tepatnya di Santiago, Ibu Kota Chili. Penyebab petisi ini diajukan adalah karena patung Jenderal Manuel Baquedano dibakar di tengah demontrasi kala itu.

Ditengah atas halaman terdapat deskripsi yang bertuliskan “Levi Ackerman >>> Baquedano”, dengan tambahan “Mari kita tunjukkan prajurit terkuat di dunia atas perjuangan dan penderitaannya di dalam Legion of Recognition, jadi mari kita ubah patung itu menjadi patung kapten Levi yang tangguh”.

Adapun beberapa pengguna melapor telah menandatangani petisi hanya karena menarik untuk ditanggapi. Meski begitu, pengguna lain juga menyatakan “Bagi orang Chili saat ini, mereka tidak memiliki lebih banyak pahlawan daripada yang ada di anime dan, baik atau buruk, langkah ini juga memungkinkan penyebaran budaya anime, bahkan jika tujuannya tidak tercapai”.