Tidak Hanya di Attack on Titan, Levi Ackerman Kini Ada Di Dunia Nyata Dalam Bentuk Patung Perunggu

Siapa sih yang tidak kenal Levi Ackerman? Salah satu perwira dari Scout Legion (Survey Corps) yang sangat berjasa di Attack on Titan. Levi memiliki kekuatan fisik yang tangguh, hal ini dibuktikan dengan penguasaannya pada peralatan manuver vertikal. Meski bertubuh kecil, di dalamnya terdapat otot kekar yang membuatnya sangat kuat, dan dengan mudah mampu mengalahkan lawan-lawannya.

Siapa sangka, Levi yang merupakan salah satu perwira militer paling berprestasi di dunia Attack on Titan, kini ada di dunia nyata loh!. Sebagai apresiasinya, dibuatlah sebuah patung perunggu seukuran tubuh Levi Ackerman yang ditempatkan di depan Stasiun JR Hita di Kota Hita Prefektur Oita, kota asal penulis karya tersebut, Hajime Isayama.

Dalam peresmian patung Levi Ackerman yang dilakukan pada tanggal 6 Maret 2021, Isayama berkomentar tentang ini: “Dia adalah karakter yang paling populer dan berkali-kali telah membawa Attack on Titan di puncak popularitas, saya berhutang budi padanya, jadi saya harap dia akan puas dengan ini.”

Faktanya, Levi adalah karakter keempat yang dibuat menjadi patung bersejarah di Kota Hita. Sebelumnya, ada patung teman-temannya yaitu Eren Jeager, Armin Arlert dan Mikasa Ackerman dalam bentuk kekanak-kanakan. Patung-patung itu dibuat dari kampanye yang diselenggarakan antara Agustus dan Oktober 2019 lalu, sekitar 29 juta yen (sekitar 3,8 miliar rupiah) terkumpul lewat kampanye tersebut.

Pada tahun 2014, Isayama dinobatkan sebagai “Tourism Friendship Ambassador untuk ‘Lokasi sisi sungai yang Indah di Hita.’” Ia mengutip Kota Hita, yang terletak di cekungan pulau yang dikelilingi oleh pegunungan, sebagai inspirasi untuk pemandangan di manga-nya.

Hajime Isayama mulai menerbitkan manga Attack on Titan di Majalah Bessatsu Shonen terbitan Kodansha pada 9 September 2009. Selang beberapa tahun, Kodansha mulai menerbitkan volume kompilasi ketiga puluh dua pada 9 September dan volume ke-33 pada 8 Januari lalu. Dikonfirmasi secara resmi, manganya akan berakhir pada 9 April 2021.