Inilah Karya yang Menginspirasi Penulis Mushoku Tensei, Dragon Quest dan Final Fantasy Adalah Salah Satunya!

Setelah episode kedelapan anime Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation ditayangkan, banyak perdebatan yang muncul dengan sebuah statement bahwa anime ini “semata-mata hanya tentang pesta pora”. Namun demikian, tidak sedikit dari mereka yang mencoba menganalisis perihal “mengapa penulis memperkenalkan begitu banyak konsep dalam ceritanya”. Hasil yang didapat cukup sederhana dari yang diharapkan, di mana hal ini ternyata sudah diungkap sebelumnya dalam serangkaian wawancara penulis.

Berdasarkan wawancara tersebut, Rifujin na Maganote secara terbuka menyebutkan bahwa ia mengambil sedikit elemen dari semua cerita yang disukainya dan mencampurkannya menjadi satu karya, hingga terciptalah Mushoku Tensei.

Itulah mengapa banyak referensi yang bisa ia masukkan ke dalam karyanya setelah membaca atau menonton film, lalu kemudian diambillah intisari dari cerita yang berbeda dan menggabungkannya menjadi satu produk akhir.

Di antara banyak karya yang telah menjadi referensinya, ia kemudian memfilter sebagian karya yang memang benar-benar menjadi inspirasinya untuk menulis. Ditunjukkanlah sebuah nama-nama besar dari video game yang sangat ia sukai sebagai berikut: Dragon Quest, Final Fantasy, Suikoden, Romancing SaGa, Masou Kishin, Legend of Mana, Toshin Toshi, Rance series dan Ragnarok Online.

Tidak hanya itu, ia juga menambahkan kalau ada inspirasi lain yang ia ambil dari beberapa novel, diantaranya: Isekai Meikyuu de Harem wo (A Harem in the Fantasy World Dungeon), Mashou, Heal Saikou. Sebagian dari nama yang disebutkan merupakan novel web yang belum diserialisasikan dalam bentuk cetak.

Adapun cerita dari nama yang terakhir dia sebutkan sangatlah mirip dengan perjalanan Rudes ketika masuk ke isekai yaitu, bercerita tentang seorang pegawai kantoran yang meninggal dan bereinkarnasi di dunia fantasi, di mana ia belajar sihir sebagai seorang anak.

Di sini penulis menunjukkan secara langsung bahwa inspirasi terbesarnya berasal dari hampir semua karya yang dilihat dan diamatinya, bahkan Re: Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu juga menjadi salah satu karya yang menginspirasinya dalam penulisan Arc terakhir dari Mushoku Tensei: Isekai Ittara Honki Dasu.

Perlu dicatat bahwa tidak ada yang salah dengan pernyataan ini, karena ada begitu banyak penulis diluar sana yang juga mengaku telah terinspirasi oleh karya orang lain. Tidak hanya game, novel, manga, ataupun anime, pastinya ada beberapa karya dewasa nan erotis lainnya yang menjadi inspirasi mereka untuk menambahkan bumbu-bumbu penyedap ke dalam karyanya.