Inilah Bagaimana Desain Karakter Anime Telah Berkembang Selama Beberapa Dekade

Anime telah ada selama beberapa dekade dengan permulaan awal di tahun 1900-an, di mana istilah ini dikenal dengan sebutan senga eiga (film hidup) dan kemudian dikenal sebagai Doga (gambar bergerak). Barulah pada tahun 1960 istilah tersebut berubah dan berkembang hingga sekarang digunakan menjadi animeshon, animation, dan anime.

Seperti industri lainnya, anime harus bisa beradaptasi dari waktu ke waktu, ini membuktikan gaya yang mereka gunakan terus berubah selama beberapa dekade.

Selain itu, teknologi baru yang diterapkan juga mempengaruhi perubahan ini. Tapi seberapa besar dampak tersebut pada desain karakter dari 1960 hingga saat ini?

Seorang penikmat anime membuat serangkaian postingan di Twitter, di mana ia menunjukkan kepada kita perihal perubahan desain anime dari dulu hingga sekarang.

Seperti yang dapat kita lihat, perbandingan mulai terlihat jelas pada tahun 60-an, di mana ada beberapa karakter yang mendominasi perubahan bentuk wajah dari oval menjadi agak lebih segitiga.

Seiring berjalannya waktu, warna-warna pastel mulai mendominasi, pupil tidak begitu menonjol dan kita bisa melihat iris mata dengan pantulan kecil, serta bulu mata yang lebih terlihat.

Periode yang berakhir pada tahun 1989 ini dikenal sebagai era Showa, di mana perubahan desain yang jelas sudah dapat diamati pada akhirnya.

Tidak berhenti sampai disitu, kita memiliki era Haisei, yang berlangsung dari tahun 1989 hingga 2019. Era ini di awal tahun 90-an ditandai dengan desain garis kontur yang lebih tebal, bayangan yang lebih jelas, rambut dengan volume lebih besar, pupil berbentuk elips memanjang, hidung “L” dan posisi mulut lebih tinggi.

Memasuki tahun 2000-an, desain tadi berubah secara perlahan, di mana wajah yang tidak berbentuk segitiga dapat dilihat. Kita juga bisa melihat perubahan pada garis konturnya yang lebih tipis, mata dengan sorotan kecil, wajah dengan bayangan yang lebih sedikit, hidung seperti “titik” dan mulut bagian bawah.

Perjalanan yang cukup panjang akhirnya sampai pada era terbaru yaitu Reiwa, ini mulai terlihat pada pertengahan 2019 dan saat ini kita dapat menemukan desain pada wajah yang mempertahankan ovalitas tertentu sehingga membuat suatu perkembangan besar di tahun 2010-an.

Itulah tadi beberapa gambaran mengenai perubahan besar anime sekarang dibandingkan beberapa dekade terdahulu. Tidak dapat dipungkiri, bahwasannya era saat ini lebih terasa perkembangannya, mengingat teknologi baru kini bisa menampilkan beberapa background foto yang terasa sangat realistis serta detail yang lebih banyak, sehingga penikmat anime akan terus bertambah dari waktu ke waktu.

Adblock Detected

Matikan Adblcoknya ya ^_^