Tempat Baca Manga Gratis dan Legal ‘MANGA Plus’ Sekarang Tersedia Dalam Bahasa Indonesia

Kabar gembira untuk kita semua karena baru-baru ini Shueisha mengumumkan sudah menyediakan terjemahan bahasa Indonesia pada platform baca manga online miliknya, MANGA Plus. Pengumuman tersebut menjelaskan kalau sudah ada 4 judul karya yang didistribusikan dalam bahasa Indonesia.

Informasi ini diumumkan pada 31 Januari melalui utasan Twitter Yuta Momiyama, bertepatan dengan perilisan Weekly Shonen Jump nomor 9 tahun 2021. Diketahui, bahasa Indonesia merupakan bahasa ke-4 yang tersedia di Manga Plus, setelah bahasa Inggris, spanyol, dan Thailand. Ini merupakan suatu apresiasi bagi kita orang Indonesia karena bisa membaca manga secara resmi dan gratis melalui aplikasi milik Shueisha.

Tidak hanya itu, ada berbagai macam judul karya yang bisa kita baca di Manga Plus tapi untuk saat ini bahasa Indonesia hanya tersedia pada 4 judul manga populer diantaranya One Piece, Black Clover, Spy x Family, dan Monster #8. Keempat judul tersebut dirilis secara bersamaan sesuai dengan jadwal tetap yang ada di Jepang. Yuta Momiyama juga membeberkan kalau mereka akan terus menambahkan judul-judul baru ke dalam bahasa yang sudah tersedia di Manga Plus.

MANGA Plus adalah sebuah aplikasi baca manga milik Shueisha dan diluncurkan pada 28 Januari 2019. Layanan ini tersedia di setiap negara kecuali Jepang, Tiongkok, dan Korea Selatan. Manga yang tersedia disana adalah manga hasil serialisasi dari Weekly Shonen Jump, Jump Square, Shonen Jump+, dan lainnya. Ada sekitar lebih dari 60 judul tersedia dalam bahasa Inggris, Spanyol, Thailand, dan 4 judul lainnya berbahasa Indonesia yang bisa dibaca secara legal dan gratis.

Meskipun MANGA Plus gratis untuk diunduh dan digunakan, pengguna juga dapat membeli volume buku yang dikompilasi untuk manga tertentu. Mulai dari manga lawas hingga terbaru semuanya tersedia secara gratis. Oktober lalu, Editor Shueisha di Shonen Jump + Yuta Momiyama, mencatat bahwa Indonesia merupakan negara tertinggi ketiga yang gemar membaca manga, sehingga mereka menambahkan bahasa Indonesia supaya lebih banyak pembaca dari Indonesia membaca manga di sana.

Via
Kaori Nusantara
Source
ANN

Ryu

Merangkum pengalaman di berbagai bidang dan salah satunya adalah Content Writer.

Adblock Detected

Matikan Adblcoknya ya ^_^