Merasa Dibohongi! Fans Jepang Juga Mengkritik Attack on Titan: Final Season

Keluhan dari fans di luar Jepang tentang franchise Attack on Titan akhirnya sampai ke telinga orang Jepang. Seperti komentar yang disorot dalam forum Jepang terpopuler dengan judul “Tampaknya para otaku asing tidak puas dengan animasi Shingeki no Kyojin”. Melihat utasan itu, fans Jepang pun mengambil kesempatan untuk mengungkapkan pendapat mereka terhadap animasi musim terakhir franchise tersebut.

Kemudian mereka menyajikan dua perbandingan animasi buatan Wit Studio dan MAPPA.

https://imgur.com/AOwAcgj
https://imgur.com/YYkz157
https://imgur.com/sBQuIGY
https://imgur.com/ey147em

Adapun beberapa komentar yang menonjol di forum tersebut:

  • “Orang-orang 4Chan itu gila. Ada beberapa adegan yang kualitasnya diturunkan oleh MAPPA, dan tampaknya ini berhasil menimbulkan keributan.”
  • “Mengapa Anda melakukan ini pada musim terakhir Attack on Titan? Video promosi yang luar biasa dengan visual yang indah akhirnya berubah menjadi kebohongan.”
  • “Ketika saya melihat Levi tiba, saya tidak bisa berhenti bersemangat! hingga berguling-guling di lantai.”
  • “Meski ada perbedaan besar ketika berganti studio, namun saya menerima dan tidak membenci MAPPA.”
  • “Saya prihatin untuk sisa seri ini jika terus dilanjutkan.”
  • “Menurutku seharusnya mereka tidak berbohong kepada kami lewat video promosinya, karena itu membuat fans berekspektasi tinggi tapi dijatuhkan begitu saja.”
  • “Ada adegan yang terlihat indah pada CGI nya namun ketika dia mulai bergerak, keindahan itu seketika hilang.”
  • “Btw, ditengah kekacauan ini ada sekelompok orang asing yang mencoba menciptakan uruhara dan merendahkan MAPPA.”
  • “Shingeki no Kyojin – Opini Asing: Sial CGI + Seni yang buruk = Saya akan pensiun.”

Beberapa waktu lalu, Teruyuki Omine, sutradara episode kelima untuk musim terakhir Attack on Titan, juga sempat menerima kritik keras karena dugaan ‘soundtrack yang mereka pilih tidak sesuai dengan momen transformasi Eren baik visual maupun musik’. Setelah itu, sutradara memutuskan untuk menutup akun Twitter pribadinya, selain dikritik secara agresif atas kesalahan itu dia juga menerima ancaman dari para fans.

Anime Attack on Titan: Final Season sendiri ditayang perdana pada tanggal 7 Desember, anime dikonfirmasi memiliki total 16 episode dan disiarkan secara langsung di NHK, dTV, Hikari TV, Amazon Prime Video dan beberapa platfrom streaming lainnya seperti Crunchyroll, Funimation, Aniplus Asia, dan Netflix dengan subtitle Inggris. Anime ini juga tersedia dengan subtitle bahasa Indonesia di iQIYI dan CATCHPLAY+.