Jun Maeda Kembali! Novel Terbarunya Akan Terbit di Bulan Maret

Baru-baru ini penerbit Kodansha mendaftarkan sebuah novel ringan baru yang kabarnya ditulis oleh Jun Maeda dengan judul Neko Kari Zoku no Naga dan akan diterbitkan pada tanggal 23 Maret di Jepang. Meski begitu, sampai sekarang ia masih belum memperlihatkan eksistensinya kepada publik setelah sempat menghilang dan menutup akun Twitternya karena hujatan dari Netizen yang terus mendatanginya.

Di sisi lain, untuk pertama kalinya Jun Maeda berkolaborasi dengan studio PA Works dalam produksi proyek multimedia mulai dari Angel Beats! pada tahun 2010, disusul anime Charlotte pada tahun 2015. Maeda juga dikenal sebagai pendiri studio Key yang telah membuat berbagai anime seperti Kanon, AIR, Clannad, dan Little Busters!.

Maeda baru-baru ini bekerjasama dengan Aniplex, dan PA Works untuk memproduksi anime berjudul Kamisama ni Natta Hi (The Day I Became a God), yang ditayangkan pada musim gugur 2020. Produksi ini mendapatkan kritik pedas dari beberapa penggemar baik di luar maupun di dalam Jepang, karena berbagai alasan dia pun menonaktifkan jejaring sosialnya.

Perlu dicatat bahwa Jun Maeda memiliki riwayat penyakit kardiomiopati dilatasi idiopatik atau perbesaran ventrikel kiri jantungnya. Dia dirawat di rumah sakit selama lima bulan pada tahun 2016. Dia mengungkapkan akhir tahun ini kondisi jantungnya tidak dalam keadaan baik dan karena itu dia membutuhkan transplantasi jantung. Meski begitu, dia tidak habis-habisnya untuk menyakinkan penggemar kalau ia masih memiliki umur panjang, dan akan menulis lebih banyak cerita di masa depan.