Slam Dunk Umumkan Proyek Film Anime Baru!

Setelah lama tidak terdengar kabar adaptasinya, salah satu manga sport paling fenomenal – Slam Dunk akhirnya mengumumkan sebuah proyek baru yang dikonfirmasi sebagai sebuah anime dalam format movie. Proyek ini akan kembali digarap oleh studio Toei Animation, dan detail lebih lanjut akan diumumkan di masa mendatang.

Film anime baru Slam Dunk awalnya diumumkan langsung lewat akun twitter sang mangaka, Takehiko Inoue pada 7 Januari ini. Namun Inoue tidak memberikan detail apakah itu adalah proyek live action ataupun anime, selang beberapa menit kemudian, situs resmi anime mengkonfirmasinya sebagai sebuah anime movie.

Inoue menerbitkan manga di majalah Weekly Shonen Jump terbitan Shueisha antara Oktober 1990 dan Juni 1996, sebanyak 31 volume. Seri tersebut menginspirasi adaptasi anime 101 episode yang diproduksi oleh studio Toei Animation, disutradarai oleh Nobutaka Nishizawa dan skenario yang ditulis oleh Nobuaki Kishima, dirilis pada Oktober 1993 lalu.

Produksi ini diikuti oleh empat film pendek berdurasi kurang dari enam puluh menit oleh Toei Animation dan dirilis antara tahun 1994 dan 1995. Film-film tersebut menyertakan konten orisinal karena manganya saat itu belum diselesaikan dan sejak itu tidak diproduksi lagi. Franchise ini juga telah diadaptasi ke video game.

Slam Dunk sukses terjual lebih dari 121 juta eksemplar di Jepang, membuatnya menjadi salah satu seri manga terlaris dalam sejarah. Inoue kemudian menjadikan basket sebagai tema utama dalam seri manga lain karyanya berjudul: Buzzer Beater dan Real. Pada tahun 2010, Inoue menerima penghargaan khusus dari Asosiasi Bola Basket Jepang karena turut membantu memopulerkan olahraga bola basket di negara tersebut.