Setelah 11 Tahun, Manga Attack on Titan Akhirnya Akan Tamat pada 9 April

Setelah klaim tersisanya 1-2 persen lagi dan lebih dari sebelas tahun lamanya sejak manga Attack on Titan memulai serialisasinya pada September 2009 lalu, Kodansha akhirnya secara resmi mengumumkan bahwa manga Attack on Titan akan segera tamat di chapter 139 pada 9 April 2021.

Manga karya Hajime Isayama ini akan tamat di edisi Mei majalah Bessatsu Shounen Magazine yang dijadwalkan akan diterbitkan pada bulan April. Sementara itu, volume kompilasi ketiga puluh empat sekaligus terakhir akan dirilis di Jepang pada 9 Juni.

Sang mangaka mengatakan bahwa chapter manga Attack on Titan akan berakhir seperti semestinya dan tim editorial tidak pernah mendesak Isayama untuk mengakhirinya ataupun memaksakan untuk memperpanjang cerita dari serial ini (seperti yang terjadi dengan Bleach dan beberapa serial populer lainnya), dia juga mengaku kerap mendapatkan pertanyaan “kapan manga akan tamat?”. Isayama berharap para fans akan terus menikmati karyanya tersebut hingga tamat, dan berjanji untuk melakukan yang terbaik hingga akhir.

Kodansha juga meyakinkan bahwa banyak proyek sedang dipersiapkan untuk puncak dari serial besar ini, dan mencatat bahwa manga tersebut telah beredar lebih dari 100 juta eksemplar di seluruh dunia. Sebuah video promosi juga dirilis untuk menyambut volume ke-33 dan 34 manga.

Komentar Hajime Isayama

Saya sudah mengatakan delapan tahun yang lalu bahwa seri akan berakhir dalam tiga tahun, tetapi tampaknya saya akhirnya bisa menyelesaikannya seperti yang dijanjikan.

Sudah lama sekali, tapi saya harap Anda akan tetap bersama kami sampai akhir.
Shingeki no Kyojin tidak pernah diperpanjang ke departemen editorial sama sekali, melainkan itu adalah tahun-tahun terakhir keberadaannya. Bergegas ke “kapan itu akan berakhir”. Maaf, akhirnya sudah berakhir.

Saya akan melakukan yang terbaik untuk chapter terakhir sehingga Anda akan senang telah membacanya sejauh ini.

Isayama mulai menerbitkan manga di Majalah Bessatsu Shonen terbitan Kodansha pada September 2009. Kodansha menerbitkan volume kompilasi ketiga puluh dua pada 9 September dan volume ke-33 akan diterbitkan pada 8 Januari nanti. franchise ini telah mengumpulkan popularitas lebih dari satu dekade lamanya.

Telah diadaptasi ke anime, game, novel, film live action, dan media lainnya. Anime Attack on Titan sendiri telah mencapai Season 4 sekaligus terakhir, tayang perdana pada tanggal 7 Desember, anime akan memiliki total 16 episode dan disiarkan secara di NHK, dTV, Hikari TV, Amazon Prime Video dan beberapa platfrom streaming lainnya seperti Crunchyroll, Funimation, Aniplus Asia, dan Netflix dengan subtitle Inggris. Juga tersedia dengan subtitle bahasa Indonesia di iQIYI dan CATCHPLAY+.