10 Anime Underrated di 2020 Menurut Orang Jepang

Banyak anime di tahun 2020 yang mendapatkan rating tinggi, biasanya karena grafik bagus, penyampaian cerita mulus, dan karakter yang terlibat dibuat semenarik mungkin. Namun, ada beberapa adaptasi anime yang malah mendapatkan rating rendah padahal menurut sebagian orang jalan ceritanya sudah bagus. Nah, biasanya anime seperti itu dikategorikan sebagai anime Underrated atau anime yang diremehkan.

Terlebih lagi di tahun 2020 sedang dalam masa pandemi karena Covid-19 mengharuskan setiap orang untuk tidak bekerja diluar rumah, sehingga ada sebagian studio yang tidak mampu bekerja secara produktif untuk menghasilkan kualitas anime secara maksimal.

Dengan mendekati akhir tahun 2020, situs NLab ITMedia mulai melakukan survei yang bertujuan untuk mencari beberapa anime menurut orang Jepang sebagai anime “underrated”. Dan inilah beberapa anime hasil survei mereka!

10. Appare-Ranman!

Diproduksi oleh Studio PA Works dan ditayangkan antara 10 April hingga 25 September 2020, dengan tiga belas episode. Menurut orang Jepang Appare-Ranman! masuk dalam kategori anime underrated, padahal cerita dan grafik yang disuguhkan sudah bagus loh.

Kisah anime berlatar pada akhir abad ke-19. Akibat sebuah kecelakaan, insinyur Sorano Appare yang brilian tetapi payah berkomunikasi dan samurai Isshiki Kosame yang pengecut terdampar di Amerika. Kehabisan uang, keduanya memutuskan untuk bertanding di Trans-America Wild Race agar dapat memenangkan sejumlah uang untuk kembali ke Jepang. Keduanya bersaing dengan berbagai kompetitor yang kurang waras lewat balapan yang dimulai dari Los Angeles hingga finish di New York menggunakan mobil bertenaga uap yang mereka buat.

9. Noblesse

Anime yang diangkat berdasarkan komik Webtoon ini telah ditayangkan pada 6 Oktober lalu dengan total 13 episode dan dikerjakan oleh studio Production IG. Serial Noblesse yang merupakan salah satu proyek “Crunchyroll Originals”, tidak mampu bersaing walau karya aslinya begitu terkenal.

Seri ini berkisah tentang seorang kaum noble (kaum bangsawan/kaum termulia) yang sangat kuat – yaitu Cadis Etrama Di Raizel (biasa dipanggil Rai) – yang tertidur selama 820 tahun tanpa mengetahui perkembangan umat manusia. Di awal cerita webtoon, Rai terbangun di sebuah bangunan yang ditinggalkan di Korea Selatan, dan berusaha beradaptasi dengan dunia modern. Ia pergi ke sekolah, dimana ia bertemu dengan pelayan setianya Frankenstein. Dengan bantuan Frankenstein, Rai masuk ke SMA Ye Ran dan secara tidak sengaja berteman dengan Shinwoo, Ikhan, Yuna, dan yang lainnya. Noblesse berfokus pada petualang Rai, Frankenstein, dan yang lainnya dalam melawan sebuah organisasi rahasia, yang dikenal dengan “Unions”.

8. Asatir: Mirai no Mukashi Banashi

Asatir: Mirai no Mukashibanashi (Future’s Folktales) merupakan anime hasil kolaborasi antara Manga Productions dari Arab Saudi dan Toei Animation. Dan sudah tayang pada 4 April 2020 dengan 13 episode. Kisah serial ini berlatar di Riyadh pada tahun 2050, dan berpusat pada seorang nenek bernama Asmaa yang menceritakan kisah-kisah rakyat dari Semenanjung Arab kepada tiga cucunya.

7. Nami me Kiitekure

Ditayangkan pada 4 April hingga 20 Juni dengan total 12 episode, dan produksi oleh Studio Sunrise. Walau membawa tema komedi anime ini tidak mampu mendapatkan rating tinggi sehingga menjadi anime underrated di tahun 2020.

Seri ini menceritakan tentang Minare Koda, pelayan restoran di Sapporo yang menumpahkan kesedihannya kepada seorang pekerja stasiun radio yang dia temui saat sedang minum. Keesokan harinya saat bekerja dia mendengar rekaman omelan menyedihkannya diputar langsung di radio. Minare menyerbu masuk ruang rekaman stasiun tanpa menyadari kalau dirinya dijebak untuk berkontribusi pada acara radio. Dirinya mendapat tawaran menjadi penyiar radio dan kesadaran kalau dirinya yang “kabur” di jam sibuk restoran akan segera dipecat membuatnya tidak punya banyak pilihan.

6. Plunderer

Meski sudah diadaptasi dengan 24 episode oleh studio Geek Toys dan ditayangkan pada 9 Januari hingga 25 Juni 2020, anime ini masih tidak mampu naik melewati batas sebagai anime underrated walau grafik sudah terbilang bagus.

Bilangan dapat digunakan untuk merepresentasikan banyak hal. Setiap manusia memiliki “Count” yang menunjukkan jumlah mengenai kehidupan mereka. Count bisa merepresentasikan jarak berjalan seseorang atau jumlah pujian yang diterimanya. Ketika Count nol, orang tersebut dalam bahaya.

5. Tamayomi

Diproduksi oleh Sotsu Studios dan ditayangkan antara 1 April dan 17 Juni 2020, dengan dua belas episode. Kandidat anime underrated ini menceritakan tentang Yomi Takeda, seorang gadis yang bermain bisbol di SMP sekolahnya sebagai pitcher, namun tidak satupun orang disekolah yang bisa manangkap “lemparan ajaib” nya.

Ketika Yomi mendaftar di SMA Shinkoshigaya di Prefektur Saitama, ia bertemu kembali dengan teman masa kecilnya, Tamaki Yamazaki, yang telah menjadi catcher, yang sangat terampil. Janji mereka bersama saat masa kecilnya kini dapat dipenuhi! Berjalan bersama untuk bermain baseball sekali lagi…, Yomi dan Tamaki bekerja sama dengan niat membawa klub baseball sekolah menengah mereka ke kejuaraan nasional!

4. Gibiate

Studio elle bekerja sama dengan la-unch dan BOX, untuk membuat anime dengan dua belas episode yang ditayangkan antara 15 Juli dan 30 September 2020. Berkisah Pada tahun 2030 di Jepang. Virus telah menginfeksi manusia hingga ke seluruh dunia. Orang yang terinfeksi berubah menjadi berbagai bentuk monster berdasarkan usia, jenis kelamin, dan ras mereka.

Virus ini dinamai ‘Gibia’ setelah monster menjadi kaya akan variasi seperti owa. Saat itu, sepasang samurai dan ninja muncul di gurun Jepang yang suram. Mereka berdua melakukan perjalanan dari zaman edo ke masa depan, berjuang bersama dengan bantuan dari seorang dokter yang mencoba menemukan obat untuk Gibia. Menghadapi serangan tanpa henti dari para Gibia, dan para penjahat yang menyerang saat kondisi krisis itu, mereka memulai perjalanan berbahaya dengan musuh di sekitarnya.

3. Houkago Teibou Nisshi

Diproduksi oleh Doga Kobo Studios dan ditayangkan antara 7 April dan 22 September 2020, dengan dua belas episode. Cerita berpusat pada Hina Tsurugi, yang baru saja pindah dari kota ke pedesaan. Sebagai gadis tipe indoor, dia tidak suka makhluk hidup seperti hewan. Awalnya, ia berencana untuk bergabung dengan klub kerajinan tangan untuk menghabiskan kehidupan di sekolah menengah yang bahagia.

Tapi setelah tidak sengaja bertemu dengan Yuuki Kuroiwa saat dia sedang jalan-jalan, dia dipaksa untuk bergabung dengan “Teibou-bu” sebuah klub yang misterius dan disana ia mulai menangkap ikan dan bertahap mulai menyukai daya tarik lautan.

2. Housekishou Richard-shi no Nazo Kantei

Anime underrated yang diproduksi oleh Studio Shuka dengan dua belas episode dan telah tayang antara 9 Januari hingga 26 Maret. Bercerita tentang Richard Ranashinha Dvorpian merupakan seorang ahli perhiasan inggris. Sementara Seigi Nakata adalah mahasiswa cerdas dari jepang. Anime ini mengisahkan kedua tokoh yang senantiasa mengungkap berbagai kasus yang berkaitan dengan perhiasan melalui pendekatan psikologis.

1. ID: INVADED

Karena cerita yang sulit dipahami membuat orang Jepang memilih ID: INVADED sebagai anime underrated. Anime ini diproduksi oleh studio NAZ dan ditayangkan antara 6 Januari dan 23 Maret 2020, dengan dua belas episode. Cuma sebagian orang yang sangat menyukai serial ini karena menontonnya harus penuh ketelitian.

Ceritanya sendiri berkisah tentang Saikado, seorang detektif yang mendapati dirinya tengah ada di dunia virtual yang aneh. Di dunia itu dia tengah menyelidiki kematian seorang gadis akibat pembunuhan yang bernama Kaeru-chan.

Daftar tersebut dihasilkan tidak hanya melalui orang Jepang saja. Sebagian orang luar Jepang menganggap ada beberapa anime yang ceritanya luar biasa dan yang memang benar-benar buruk menurut mereka. Lalu bagaimana dengan Anda? Apakah ada salah satu anime yang telah disebutkan membuat anda benar-benar tertarik untuk menontonnya?

Source
NLab ITMedia

Adblock Detected

Matikan Adblcoknya ya ^_^