Attack on Titan Season 4 Episode 2: Preview dan Tanggal Rilis

Setelah melalui berbagai pertempuran mematikan yang membuat Survey Corps harus merelakan banyak prajuritnya dan dihadapkan dengan kenyataan yang mengejutkan di akhir musim ketiga lalu, kita akhirnya tiba di musim terakhir Shingeki no Kyojin. Walaupun sangat disayangkan karena Wit Studio pergi meninggalkan AOT saat cerita sudah mendekati akhir dan melempar semua tanggung jawab ke MAPPA.

Kualitas MAPPA

Dengan bergantinya studio, perubahan gaya animasi jelas berlaku di Attack on Titan Season 4. Saya tidak akan mengatakan bahwa MAPPA tidak lebih bagus atau sebaliknya karena terlalu dini untuk menyimpulkan hal tersebut di penayangan perdananya. Satu perbedaan besar yang dapat ditemukan antara style MAPPA dan WiT, di luar wajah karakter yang tampak sedikit berbeda, adalah palet warna MAPPA yang lebih lembut.

Ada peningkatan dalam penggunaan CG MAPPA, tapi juga sedikit tidak konsisten dan terkadang kikuk antara model Titan 2D dan 3D, berbeda dengan yang WiT Studio perlihatkan di Season 1-3. Meski begitu, keseriusan MAPPA dalam mengerjakan serial ini nampak jelas dan mereka berupaya memenuhi harapan yang diinginkan para fans. Yang pasti, itu masih terlihat menawan dan bukan penurunan kualitas seperti yang dialami oleh One-Punch Man S2 atau Nanatsu no Taizai S3.

Sudut pandang berbeda

Dibuka dengan pasukan Eldian yang terlibat dalam perang yang telah mereka perjuangkan selama empat tahun dan karakter utama kita sementara ini adalah Falco yang juga tampaknya sama bingungnya dengan penontonnya yang tidak mengikuti serial manga. Di awal, terasa seperti melihat anime yang berbeda, ditambah lagi karakter inti seperti Mikasa, Armin, dan Levi seperti tidak terlihat di opening.

Season 4 mengalami time skip empat tahun di antara akhir musim lalu dan sekarang. Perang juga telah berlangsung selama itu, di sana Falco dan pasukannya melancarkan gempuran terakhir Marley melawan Aliansi Timur Tengah di pertempuran untuk menjatuhkan benteng Slava.

Bersama Marleyans, dia bergabung dengan Udo, Zofia, dan Gabi. Mereka semua adalah anak-anak Eldian yang saling bersaing satu sama lain untuk menentukan siapa yang akan dipilih mewarisi kekuatan Armored Titan. Lalu yang paling potensial diantara mereka adalah Gabi, ia bertekad untuk mewarisinya. Gadis kecil yang meyakini dirinya imut ini sangat nekat mempertaruhkan nyawanya, menyamar sebagai warga sipil yang tidak berdaya – berjalan keluar dengan hanya pakaian biasa sambil menyembunyikan seikat granat di kakinya dan dia berhasil.

Titan Marley

Melihat para pelaku bom bunuh diri yang gemetar, tubuh yang setengah hancur berserakan di mana-mana, dan kekacauan total menjadi bagian tak terpisahkan dari pertempuran yang dilakukan Marley dengan bantuan kekuatan titan mereka yang jatuh dari langit.

Jika warga di pulau paradis menganggap titan sebagai ancaman, maka Marley adalah Negara besar yang sangat mengandalkan dan mengangungkan kekuatan titan. Kita melihat empat jenis titan di peperangan tersebut, yaitu Jaw, Cart, Armored, dan Beast Titan. Itu belum semuanya, tapi mereka berhasil menaklukkan benteng Slava. Karena menderita kekalahan, Aliansi timur tengah menandatangani perjanjian perdamaian dengan Marley.

Era titan terancam

Setelah empat tahun peperangan tersebut akhirnya dimenangkan oleh Marley. Namun, mereka segera menyadari bahwa era dari para titan tidak akan berlangsung lama lagi karena dunia terus mengalami perkembangan, terutama dari segi persenjataan militer yang kini sanggup menembus zirah armored titan dengan mudah.

Walaupun senjata api yang digunakan di seberang lautan kelihatan jauh lebih mematikan dibandingkan dengan yang ada di pulau paradis, tapi mereka tidak memiliki 3D Maneuver yang memungkinkan prajurit bergerak dengan lincah di udara untuk melakukan serangan jarak dekat. Membayangkan jika Marley harus berhadapan dengan pasukan yang memiliki keduanya? Jelas merupakan mimpi buruk untuk mereka, walau dengan kekuatan titan mereka saat ini. Lantas apa yang akan terjadi di episode 2 Attack on Titan season 4 nanti? Berikut preview singkatnya.

Preview Attack on Titan Season 4 Episode 2

Episode 2 “Kereta tengah malam”

Perang selama empat tahun antara Marley dan Pasukan Aliansi Timur Tengah telah berakhir. Namun, pertempuran tersebut membuat mereka semakin menyadari bahwa era yang dikuasai oleh kekuatan titan akan segera berakhir, ditambah lagi dengan hilangnya Female dan Colossus Titan. Untuk mengantisipasi negara lain sedang mengembangkan senjata anti-titan, Zeke Jaeger mengusulkan rencana kepada atasan militernya.

Attack on Titan Season 4 Episode 2

Attack on Titan Season 4 Episode 2 Indonesia

Attack on Titan Season 4 Episode 2 subtitle Indonesia

Attack on Titan Season 4 Episode 2 sub indo

Attack on Titan Season 4 Episode 2 sub Indonesia

Episode 2 Attack on Titan season 4 dijadwalkan akan tayang perdana di NHK, dTV, Hikari TV, Amazon Prime Video dan beberapa platfrom streaming lainnya pada tanggal 14 Desember (Senin dini hari) pukul 00.10 JST. Crunchyroll, Funimation, dan Netflix menayangkan anime dengan subtitle Inggris dihari yang sama. Anda juga dapat menontonnya dengan subtitle bahasa Indonesia di QIYI melalui situs atau aplikasinya langsung.