Staf Tokyo Babylon 2021 Akui Tuduhan Plagiarisme

Situs resmi untuk adaptasi anime dari manga Tokyo Babylon 2021 karya yang ditulis dan diilustrasikan oleh grup kreatif CLAMP, mengakui sebuah pernyataan permintaan maaf atas penggunaan desain kostum yang diduga plagiat pada dua karakter animenya.

Desain yang dipermasalahkan ditampilkan dalam visual promosi dan desain karakter, jadi tim produksi telah menghapus semua gambar dan video promosi yang diposting hingga saat ini. Staf juga mengatakan bahwa desain tersebut akan dimodifikasi.

Desain karakter diperlihatkan pada 19 November melalui situs resminya, namun desain tersebut rupanya diambil dari pihak ketiga yang mana pihak tersebut langsung mengirim surat laporan atas Plagiarisme.

Kedua desain yang dimaksud adalah milik karakter Hokuto dan Subaru Sumeragi. Hokuto (atas) terlihat mirip dengan visual promosi grup Korea Selatan Red Velvet dalam foto yang diambil untuk mempromosikan acara “The ReVe Festival” pada tahun 2019. Sedangkan desain Subaru (bawah) diambil dari foto produk Volks yang dirilis pada 2017.

Setelah diselidiki sudah dipastikan bahwa desain karakter, khusunya kostum, memang hasil penjiplakan tanpa ijin resmi. Tim produksi mengakui bahwa materi yang mereka dapatkan tidak melalui verifikasi hak cipta sebagaimana mestinya.

Staf menyampaikan permintaan maaf yang tulus kepada pemegang hak cipta. Tidak hanya itu, staf juga menyampaikan bahwa mereka bermaksud membentuk tim peninjau yang lebih efektif untuk mencegah situasi serupa di masa mendatang.

Tokyo Babylon 2021 dijadwalkan tayang pada bulan April 2021. Nanase Ohkawa dan Mokona akan bertanggung jawab atas produksi serial ini. Keduanya mulai membuat manga tersebut pada tahun 1990 dan mengakhirinya pada tahun 1994, dengan total 7 volume kompilasi yang diterbitkan.

Source
Tokyo Babylon 2021 Website

Adblock Detected

Matikan Adblcoknya ya ^_^