Karena Attack on Titan Season 4, Beberapa Platform Streaming Dilaporkan Down

Antusias dari para fans untuk Attack on Titan Final Season memang luar biasa, setelah dihebohkan dengan spoiler chapter terbarunya, tingkat hype dari serial ini kini telah memasuki level berikutnya dengan penayangan perdana anime di berbagai stasiun televisi dan platform.

Meski dengan besarnya antisipasi terhadap anime ini hingga membuat banyak platform streaming memutuskan untuk menambahkan Attack on Titan Final Season ke katalog mereka, nampaknya itu belum benar-benar cukup untuk menampung banyaknya pengguna yang ingin menyaksikan seri ini diwaktu yang sama.

Beberapa platform streaming anime pun sempat dilaporkan mengalami “down” akibat server yang tidak siap dengan lonjakan pengunjung dalam skala besar. Dua diantaranya adalah Crunchyroll dan Wakanim Prancis. Layanan streaming dari negara yang terkenal dengan menara Eiffel-nya tersebut dilaporkan sempat mengalami masalah teknis setelah mereka mulai menayangkan Attack on Titan Season 4.

Parahnya lagi, salah satu platfrom streaming anime paling populer – Crunchyroll juga sempat mengalami hal serupa pada jam-jam awal peluncuran Shingeki no Kyojin Season 4. Seketika hal ini langsung menuai banyak komentar negatif dari para fans, banyak diantara mereka yang menyatakan kekecewaannya karena telah berlangganan dan tidak dapat menyaksikan anime tersebut lebih dulu.

Lewat akun Twitter-nya, Crunchyroll sendiri telah menyampaikan permintaan maaf atas ketidak nyamanan yang ditimbulkan dan meminta pengguna untuk bersabar sampai server kembali normal.

Setelah beberapa jam, masalah yang dialami layanan streaming orange tersebut telah teratasi. Walaupun kelihatannya pihak staf tidak mengakui bahwa server mereka tidak siap untuk menampung lonjakan pengguna, mereka melaporkan bahwa hal ini terjadi karena ada “perilaku mencurigakan dari sejumlah IP”, dan mereka telah memblokirnya.

Ini bukan pertama kalinya Crunchyroll mengalami down, pada tahun 2018 lalu, penayangan episode terakhir Dragon Ball Super juga membuat mereka mengalami hal yang sama.

Walaupun mendapatkan banyak kritik dari penggunanya, beberapa diantaranya juga memaklumi hal tersebut, mengatakan bahwa ini adalah sesuatu yang wajar ketika awal peluncurannya. Sama halnya dengan banyaknya game online yang juga mengalami masalah server karena tidak dapat menampung banyaknya pengguna aktif di saat bersamaan.

Attack on Titan Season 4 mulai ditayangkan di Jepang pada pada tanggal 7 Desember pukul 00.10 JST (6 Desember 10.10 EST). Anime ini tersedia di beberapa stasiun televisi Jepang dan platform streaming. Crunchyroll, Funimation, Aniplus Asia, dan Netflix menayangkan anime di hari yang sama dengan pemutaran di Negara asalnya. Begitu juga dengan layanan streaming iQIYI yang menayangkannya secara legal dengan subtitle Indonesia.