Koyoharu Gotouge Tidak Mendapatkan Banyak Royalti Dari Kesuksesan Kimetsu no Yaiba Mugen Train

Pendapatan film Kimetsu no Yaiba: Mugen Train di dalam Box Office telah mencapai mencapai 27,5 miliar yen atau (sekitar 3.7 triliun rupiah). Film ini juga telah memecahkan banyak rekor hingga ‘Dinobatkan sebagai film terlaris kedua di Jepang’.

Meski begitu, semua pendapatan harus tetap dibagi kepada pencipta karya aslinya, dan kabarnya tidak semua pencipta sebuah karya di Jepang bisa mendapatkan bayaran yang sesuai dengan prestasi tersebut.

Gotouge Beberkan Seri yang Menjadi Inspirasinya Untuk Membuat Manga Kimetsu no Yaiba

Seperti yang diungkap oleh Business Journal dalam artikel terbarunya berjudul “Berapakah Total Royalti yang Diperoleh Penulis Kimetsu no Yaiba dari Film Terbarunya?”

Dijelaskan bahwa royalti Koyoharu Gotouge dari keberhasilan film Kimetsu no Yaiba: Mugen Train, tidak lebih dan tidak kurang hanya “separuh uang” yang akan diterima olehnya.

Artikel itu menyebutkan: “Bahwa jumlah yang akan diterima Koyoharu Gotouge, dari pendapatan box office dapat dikatakan sebagai “Air mata burung pipit” atau bisa dibilang bayarannya sangat sedikit.

Bayaran yang diberika oleh perusahaan kepada penerbit saja sudah mencapai batas 10 juta yen (sekitar 1.3 miliar). Menurut undang-undang royalti yang ditetapkan atas hak penulis, mencapai jumlah antara 2 dan 4 juta yen”

“Meskipun sukses besar, ini bukanlah karya pertama dari Gotouge. Untuk penerbit, dia adalah penulis pemula, sekali lagi, itu tergantung pada kontrak antara penulis dan penerbit. Mengingat situasi ini, kecil kemungkinan bahwa royalti yang diberikan tidak akan tinggi.

Dengan kata lain, kesuksesan film tidak menjamin penulis akan mendapat bayaran yang setimpal karena royalti untuknya telah ditetapkah sebelum filmnya dirilis. Jadi, bayaran yang diterima Gotouge hanya menyentuh angka satu juta yen (sekitar 135 juta rupiah).”

Sudah kebayangkan betapa mirisnya bayaran sebuah karya di Jepang khususnya manga. Karena mereka harus berbagi hasil dengan perusahaan produksi proyek tersebut.

Tapi tidak menutup kemungkinan hasil dari royalti penjualan BD / DVD anime juga mampu mencukupi kebutuhan pembuat Franchise tersebut, karena disini hanya menjelaskan royalti yang diberikan dari film Kimetsu no Yaiba.

Source
Business Journal

Adblock Detected

Matikan Adblcoknya ya ^_^