Sword Art Online Progressive Berpotensi Ditayangkan Dalam Format Film

Rumor yang berkembang di beberapa jaringan media sosial menyatakan bahwa adaptasi anime dari ligh novel spin-off yang ditulis oleh Reki Kawahara dan diilustrasikan oleh Abec berjudul Sword Art Online: Progressive, berpotensi ditayangkan dalam format film. Penyataan ini ditemukan pada situs resmi Aniplex, di mana tumbnail poster seri dilengkapi dengan tulisan “劇場版 (Gekijouban / Movie)” jika dibaca sekilas karena gambarnya tidak terlalu jelas.

Perlu disebutkan bahwa Aniplex maupun tim produksi masih belum mengonfirmasi rumor ini, jadi jangan dianggap sebagai informasi resmi untuk saat ini. Selain itu, informasi lebih lanjut tentang proyek ini dipastikan akan terungkap saat acara “Sword Art Online: Alicization – After War”, yang akan mulai disiarkan langsung pada tanggal 8 November mendatang.

Sword Art Online: Progressive sendiri akan bercerita lebih lanjut mengenai seri orisinalnya. Di mana akan ada pandangan cerita selain Kirito dan lebih banyak detail penjelajahan tertuju pada Asuna saat berada di Aincrad, lebih tepatnya spin off ini akan mengisi cerita dari timeskip yang terjadi pada penayangan Sword Art Online musim pertama.

Diumumkan Light Novel Sword Art Online: Progressive Akan Mendapatkan Adaptasi Anime

Kawahara dan ABEC mulai menerbitkan novel ringan pada bulan Oktober 2012 melalui label penerbitan Dengeki Bunko penerbit Kadokawa. Penerbit menerbitkan jilid keenam pada Mei 2018 dan masih ongoing. Sebuah adaptasi manga oleh Kiseki Himura diterbitkan di Majalah Dengeki G penerbit Kadokawa antara Juni 2013 hingga Februari 2018, dengan total tujuh volume kompilasi diterbitkan. Volume pertama rilis pada 2012 dulu dan LN telah terbit sebanyak 6 volume.