Indonesia Jadi Negara Dengan Pembaca Manga Terbanyak ke-3 di Manga Plus

Belum lama ini Yuta Moriyama, editor majalah Shonen Jump+ membagikan informasi mengenai Negara mana saja yang paling banyak mengakses Manga Plus – layanan manga digital legal milik Shueisha. List yang ia bagikan melalui akun Twitter-nya tersebut merupakan data pembaca di bulan lalu (September 2020.)

  1. USA
  2. Thailand
  3. Indonesia
  4. Mexico
  5. Philippines
  6. Spain
  7. Malaysia
  8. Brazil
  9. Peru
  10. Germany
  11. Italy
  12. Argentina
  13. Chile
  14. Colombia
  15. France
  16. India
  17. Canada
  18. UK
  19. Vietnam
  20. Singapore

Dari list di atas, Indonesia merupakan Negara ketiga yang paling banyak mengakses, atau membaca manga di layanan tersebut. Mengingat begitu maraknya situs manga ilegal di tanah air, ini cukup tak terduga karena Indonesia berhasil berada di Top 3.

Dia menambahkan bahwa manga Monnster#8 karya Naoya Matsumoto dan Spy x Family karya Tatsuya Endou adalah judul baru yang sangat populer di kalangan pembaca Manga Plus. Menurut Moriyama, di masa lalu jarang sekali ada seri yang belum pernah diadaptasi ke anime/live action bisa menjadi populer di luar Jepang. Dia berspekulasi apakah popularitas serialisasi baru ini pada layanan Manga Plus memang dipengaruhi oleh kualitas manga-nya, ataupun juga dikarenakan kurangnya pembajakan atas komik yang bersangkutan.

Shueisha merilis MANGA Plus di luar Jepang, Cina, dan Korea Selatan pada Januari 2019. Merupakan Layanan manga legal gratis yang menawarkan lebih dari 60 judul dalam bahasa Inggris.

Source
ANN

Adblock Detected

Matikan Adblcoknya ya ^_^