PV Perdana Anime Maiko-san Chi no Makanai-san Ditayangkan, Rilis Februari 2021

NHK merilis video promosi pertama untuk adaptasi anime Maiko-san Chi no Makanai-san yang diangkat dari manga karya Koyama Aiko. Lewat situs resminya juga dikonfirmasi bahwa anime ini akan mulai ditayangkan pada bulan Februari 2021 di NHK World-Japan dan NHK E-Tele pada Fall 2021 dalam format serial anime.

https://youtu.be/3_-lR204TfE

Koyama meluncurkan manga di majalah Weekly Shonen Sunday milik Shogakukan pada bulan Desember 2016. Shogakukan menerbitkan volume ke-14 manga pada tanggal 14 Juli. Manga Maiko-san Chi no Makanai-san berhasil memenangkan penghargaan manga Shonen terbaik di Shogakukan Manga Awardske-65 pada bulan Januari awal tahun ini. Manga ini telah diterbitkan di Indonesia oleh Elex Media dengan judul “Juru Masak Para Maiko.”

Kisah dari seri ini diatur dalam kuartal geisha “hanamachi” Kyoto, setelah geisha menyelesaikan pekerjaan mereka hingga larut malam, mereka menghabiskan malam dengan beristirahat di pondok untuk menyambut hari berikutnya. Berpusat pada Kiyo anak berusia 16 tahun, seorang penduduk asli Aomori. Setelah gagal menjadi seorang calon Maiko, penampil budaya tradisional Jepang, ia bekerja sebagai juru masak di sebuah pondok geisha di Kyoto, menggantikan ibu kantin. Dia juga memiliki seorang teman bernama Sumire yang merupakan seorang maiko, atau geisha magang.