12+ Tempat Streaming Anime Legal Subtitle Indonesia dan Inggris

Seperti yang kita ketahui, Jepang akan semakin memperketat aturan hak cipta anime dan manga kedepannya untuk melindungi para kreator mereka yang kerap mendapat bayaran tidak sesuai. Salah satu penyebabnya adalah pembajakan dalam skala besar yang marak terjadi.

Kebijakan ini berdampak pada penutupan beberapa situs Anime/Manga Ilegal di Jepang, dan tidak sampai disitu, situs serupa diluar Jepang satu-persatu mulai terkena imbasnya. Setelah MangaRock, kini KissAnime dan KissManga yang merupakan salah satu situs ilegal terbesar di media tersebut, juga ikut ditutup.

Melihat apa yang terjadi belakangan ini, tentu sebagian besar orang mulai berpikir bahwa hal ini tidak bisa dipandang sebelah mata lagi dan kita harus siap jika hal yang sama akan menimpa banyak situs ilegal lainnya, termasuk situs-situs di Indonesia.

Untuk yang sudah terbiasa menonton anime bajakan, kamu mungkin mulai berencana untuk mencoba menyaksikan anime secara legal karena salain saat ini – semua situs penyedia anime ilegal sedang di bayang-bayangi mimpi buruk, aturan tersebut juga menyatakan bahwa orang-orang yang mengunduh atau menikmati anime ilegal secara sengaja, juga akan terjerat pasal yang cukup untuk membuat kita berpikir ulang puluhan kali jika aturan tersebut benar-benar terealisasikan dengan serius.

Meski beberapa orang berpendapat bahwa aturan tersebut hanya terdengar seperti bualan semata, tapi tidak ada salahnya jika kamu mulai mencoba beralih ke anime legal karena itu akan turut membantu perkembangan industri ini kedepannya, mendukung para animator, lebih menghargai para kreator, dan banyak hal positif lainnya. Ditambah tidak semua platfrom streaming anime legal dibawah ini mengharuskan penikmatnya untuk membayar.

Berikut tempat streaming anime legal yang telah memenuhi undang-undang hak cipta Jepang, dengan subtitle bahasa Inggris dan Indonesia yang dapat kamu nikmat secara gratis ataupun berbayar.

1. Ani One

Tempat Streaming Anime Legal Subtitle Indonesia & InggrisAni One merupakan pilihan yang tepat jika kamu ingin menonton anime legal secara gratis dengan resolusi full HD. Selain menyediakan banyak anime yang telah dirilis beberapa tahun lalu, Channel ini juga selalu menghadirkan beberapa anime baru setiap musimnya.

Mengingat siapapun bisa memasukkan subtitle ke dalam video (jika lolos melalui tahap pengecekan), Ani one hadir dengan berbagai subtitle termasuk bahasa Indonesia. Ya, tentunya tidak berlalu pada semua video.

PriceFree
SubtitleInggris, Indonesia, dan lainnya
Judul Anime
Web/Platformwww.youtube.com/channel/UC0wNSTMWIL3qaorLx0jie6A

2. Muse Asia

Tempat Streaming Anime LegalMuse Asia adalah salah satu channel YouTube yang dibangun untuk mencegah atau setidaknya mengurangi pembajakan anime yang semakin marak terjadi. Target market dari channel ini adalah Asia Tenggara dan para pelanggan dapat menikmati banyak judul anime yang mereka sediakan secara gratis, beberapa diantaranya juga merupakan anime baru (on-going).

Di channel YouTube ini mereka menggungah 1 episode anime penuh, dengan 2 versi berbeda. Video dengan subtitel Inggris, dan video dengan subtitel Tiongkok. Sayangnya, saat ini belum tersedia anime dengan resolusi full HD atau 1080p, tapi mengingat konten yang mereka sediakan adalah sesuatu yang “gratis”, itu sama sekali bukan masalah.

Dengan kehadiran mereka secara resmi di platform tersebut – mendapatkan lisensi resmi untuk menayangkan anime secara legal di YouTube. mereka dapat meminta YouTube untuk melakukan takedown pada konten-konten anime ilegal yang ada di platform tersebut dengan lebih cepat.

PrinceFree
SubtitleInggris
Judul Anime
Web/Platformwww.youtube.com/channel/UCGbshtvS9t-8CW11W7TooQg

3. Aniplus Asia

Tempat Streaming Anime Legal Subtitle IndonesiaSaluran yang telah diluncurkan sejak November 2013 ini difokuskan untuk Asia Tenggara. Selain menyiarkan anime di Televisi, Aniplus Asia juga melayani streaming dalam platform OTT seperti iflix, HOOQ, LeEco dan Tribe. Tidak hanya seri lama, banyak seri anime terbaru juga bisa kamu temukan disini.

PriceFree, VOD/Cable Subscription
SubtitleInggris
Judul Anime
Websitewww.aniplus-asia.com

4. LINE WEBTOON INDONESIA

Streaming Anime Legal Subtitle Indonesia & InggrisSeperti namanya, Channel ini hanya menayangkan animasi/anime dari seri Webtoon dengan subtitle bahasa Indonesia, satu anime yang paling populer di channel ini adalah The God of High School. Tentu kamu tidak akan bisa menemukan adaptasi anime berdasarkan manga disini dan pilihan yang ditawarkan tidak sebanyak tempat streaming anime lainnya.

Tapi ini merupakan pilihan yang cukup bagus, dan dengan mulai maraknya adaptasi manhwa Webtoon ke anime, kami berharap channel ini semakin menyediakan banyak judul anime di masa mendatang.

PriceFree
SubtitleIndonesia, Jepang
Judul Anime
Website/Platformwww.youtube.com/channel/UCRamMUlT12cmIw7zIrXzzsw

5. Crunchyroll

Crunchyroll - Tempat Streaming Anime Legal Subtitle Indonesia & InggrisTidak diragukan lagi bahwa Crunchyroll adalah salah satu tempat streaming anime legal terbaik yang menyediakan lebih dari 900 judul mulai dari anime lawas sampai yang terbaru, dan dengan dukungan subtitle yang jauh lebih banyak dari platform lainnya. Selain menghadirkan anime on-going, Crunchyroll juga sangat update dimana kamu bisa langsung menonton episode terbaru anime, satu jam setelah rilis di Jepang.

Menariknya lagi? Selain bisa mendapatkan free trial premium 14 hari, kamu juga bisa membaca manga legal dan menonton anime original mereka yang dikenal dengan “Crunchyroll Originals” seperti Tower of God, The God of high School, dan Noblesse. Sayangnya, sangat sedikit anime di Crunchyroll yang menyediakan subtitle bahasa Indonesia.

Price$7.99/month. (sekitar117 ribu rupiah per-bulan)
SubtitleInggris, Indonesia, dan lainnya
Judul Anime900+
Websitewww.crunchyroll.com

6. Funimation

Funimation- Tempat Streaming Anime Legal Subtitle Indonesia & InggrisFunimation adalah sebuah perusahaan hiburan di Amerika Serikat yang didirikan sejak tahun 1994 oleh Gen Fukunaga. Funimation memproduksi, memasarkan, dan mendistribusikan anime dan properti hiburan lainnya di Amerika Serikat dan pasar internasional.

Meski menyediakan lebih dari 300 judul anime legal, sayangnya konten yang disediakan tidak dapat dinikmati di Indonesia tanpa menggunakan VPN.

Price$5.99/month (sekitar 88 ribu perbulan)
SubtitleInggris
Judul Anime300+
Websitewww.funimation.com/shows

7. Netflix

Netflix - Streaming Anime Legal Subtitle Indonesia & InggrisBukan rahasia umum lagi kalau Netflix juga menyediakan banyak judul anime legal untuk ditonton, dari yang agak lama sampai yang paling baru. Terkadang kamu juga bisa menyaksikan anime baru lebih dulu dari kebanyakan orang karena beberapa anime khusus juga akan ditayangkan lebih dulu di Netflix sebelum dirilis di TV Jepang.

Tidak sampai di situ, Netflix juga kerap menghadirkan anime eksklusif yang tidak ditayangkan di platform lainnya. Pada tahun 2020 ini, Beberapa anime yang gagal ditayangkan di bioskop Jepang karena Covid-19, dirilis di Netflix. Jelas ini merupakan salah satu pilihan yang wajib diperhitungkan jika kamu ingin menonton anime legal, walaupun tidak menyediakan list anime baru yang lengkap, tapi kamu juga bisa menonton banyak film atau seri live action disini. Dan yang paling menarik, kamu bisa mendapatkan promo untuk akses 1 bulan pertama.

Price$7.5/month (sekitar 109 ribu rupiah per-bulam)
SubtitleIndonesia, Inggris, dan lainnya
Judul Anime300+
Websitenetflix.com

8. HULU

HuluMeski namanya tidak sepopuler Crunchyroll ataupun Netflix, tapi judul-judul anime yang ditawarkan HULU tidak bisa di anggap sepele, banyak seri besar yang hadir di list anime mereka seperti Naruto, Black Clover, dan lainnya.

Penonton harus membayar agar bisa menikmati layanan disini. Tapi sebelum itu, kamu bisa menikmati free trial yang ditawarkan.

Price$5.99/month (sekitar 88 ribu rupiah per-bulan)
SubtitleInggris
Judul Anime150+
Websitewww.hulu.com

9. Amazon Prime Video

Prime VideoSeperti namanya, ini adalah platform streaming video berbayar milik Amazon. Walau hanya menghadirkan puluhan judul anime, tapi kamu tidak akan kesulitan untuk menemukan anime-anime dengan rating bagus disini.
Sebelum mulai berlangganan, kamu dapat menggunakan masa percobaan gratis selama tujuh hari.

Price$12.99/month (sekitar 190 ribu rupiah per-bulan)
SubtitleInggris
Judul Anime90+
Websitewww.amazon.com

10. VIZ Media

Viz - Tempat Streaming Anime Legal Subtitle Indonesia & InggrisTidak hanya menerbitkan novel dan komik, Viz Media juga menyediakan cukup banyak judul anime legal yang dapat kamu tonton dengan gratis ataupun berbayar dengan harga miring. Semua anime yang tersedia kebanyakan adalah anime yang diadaptasi dari manga terbitan Shueisha dan Shogakukan berlisensi bahasa Inggris. Tentu saja kamu tidak bisa berharap banyak karena fokus platfrom ini adalah novel dan manga.

PriceFree, $1.99/month (sekitar 29 ribu rupiah per-bulan)
SubtitleInggris
Judul Anime
Websitehttps://www.viz.com/watch

11. Anime-Planet

Anime Planet - Tempat Streaming Anime Legal Subtitle Indonesia & InggrisMeski tidak terlalu update seperti platform lainnya, tapi kamu dapat menikmati banyak anime legal disini secara cuma-cuma. Seri menarik seperti JoJo’s Bizarre Adventure, dan ReLife juga dapat ditemukan, berkat kerjasama antara Anime Planet dengan Crunchyroll HIDIVE, dan Hulu. Disini juga tersedia banyak judul manga yang dapat dibaca dengan gratis.

PriceFree
SubtitleInggris
Judul Anime200+
Websitewww.anime-planet.com/anime/watch-online

12. Midnight Pulp

Website Streaming Anime Legal Subtitle Indonesia & InggrisSelain menyediakan banyak film, di Midnight Pulp juga tersedia lebih dari 90 judul anime lawas yang dapat ditonton secara gratis. Meski tidak menghadirkan judul anime baru sama sekali, ini adalah salah satu opsi yang cukup baik jika kamu ingin bernostalgia ataupun menyaksikan anime jadul.

PriceFree
SubtitleInggris
Judul Anime93+
Websitemidnightpulp.com

Masih kurang? Lanjut ke halaman berikutnya!

1 2Next page
Source
ComicbookAniRadioPlus

Adblock Detected

Matikan Adblcoknya ya ^_^