5 Anime Buatan Kyoto Animation yang Masih Populer Sampai Saat Ini

Kyoto Animation adalah salah satu studio animasi paling terkenal di Jepang. Studio ini memiliki daftar film anime dan serial televisi yang memanjakan mata serta penyusun cerita yang sangat menarik. Setelah kejadian kebakaran yang tragis pada tahun 2019, menewaskan sekitar 36 anggota staf Kyoto Animation dan perusahaan mengalami kemunduran yang signifikan. Berkat dukungan dari masyarakat dan penggemar anime dari seluruh dunia membuat studio Kyoani mampu bangkit kembali dan tetap bertahan sampai sekarang.

Daftar anime dibawah ini sebagai tanda memperingati beberapa film dan serial TV terbaik Kyoto Animation. Buat kamu yang sedang mencari anime baru untuk ditonton, cobalah salah satunya dari daftar berikut ini.

5. Koe no Katachi (A Silent Voice)

5 Anime Buatan Kyoto Animation yang Masih Populer Sampai Saat Ini

A Silent Voice atau biasa dikenal dengan Koe no Katachi merupakan film anime tahun 2016 tentang pembullyan, cinta, dan bunuh diri. Meskipun begitu Koe no Katachi tetap diterima dengan baik oleh penggemar anime.

Ceritanya berfokus pada Ishida Shoya, seorang pembully di sekolah dasar yang mencoba menghilangkan kebosanannya dengan cara membully orang lain. Suatu hari, sekolahnya kedatangan murid baru bernama Nishimiya Shoko, seorang gadis tunarungu yang menjadi sasaran pembullyan Ishida bersama teman-temannya. Melihat siksaan yang dilakukan Ishida semakin memburuk membuat dia pindah ke sekolah lain.

Maju beberapa tahun kedepan, Nishimiya yang sekarang menjadi siswa sekolah menengah dan Ishida yang sekarang telah menyesali perbuatannya di masa lalu. Kemudian dia mencoba melacak Nishimiya untuk meminta maaf atas apa yang telah dia lakukan di masa lalu, tetapi apakah Nishimiya akan menerima permintaan maafnya? Bisakah kedua mantan teman sekelas menyembuhkan luka satu sama lain?

Koe no Katachi (A Silent Voice) penuh akan seni dalam penggambaran cerita dan memasukan perasaan menyesal dengan kisah yang cukup serius. Film buatan Kyoani yang masih populer sampai saat ini membahas masalah yang jarang sekali ada dalam cerita anime lainnya.

TipeMovie
Tayang17 September 2016
Episode1
StudioKyoto Animation
GenreDrama, School, Shounen

4. Clannad: After Story

5 Anime Buatan Kyoto Animation yang Masih Populer Sampai Saat Ini

Film anime dari Kyoani yang masih populer sampai saat ini adalah Clannad After Story, disutradarai oleh Tatsuya Ishihara. Selain memiliki sakuel sendiri berjudul “Clannad” yang diambil dari novel dengan nama yang sama. Anime ini berfokus pada Tomoya dan Nagisa setelah kelulusan dari perguruan tinggi dan harus membangun kehidupan bersama sebagai suami istri.

Clannad: After Story lebih sering direkomendasikan daripada anime “Clannad” karena di After Story memiliki penempatan cerita yang bagus dan sangat matang. Bisa dibilang bahwa serial Clannad adalah anime romance yang hebat dalam menata setiap karakter dan nuansa yang dihadirkan lebih bagus dibandingkan dengan anime romance sekolah menengah lainnya. Di sisi lain, “Clannad After Story” lebih membahas masalah perkawinan, alkoholisme, permasalahan orang tua yang lalai, dan lebih membawa perasaan ketika kehilangan seseorang.

Dari sekian banyak daftar anime buatan Kyoani, Clannad After Story memiliki soundtrack yang lebih menyentuh dihati. Namun tidak hanya itu, poin yang paling mengesankan adalah campuran genre yang dirangkum oleh seri tersebut. Jika kamu sedang mencari anime untuk membuatmu menangis, Clannad After Story sangat saya rekomendasikan.

TipeTV
Tayang3 Oktober 2008 – 27 Maret 2009
Episode24
StudioKyoto Animation
GenreSlice of Life, Drama, Comedy, Supernatural, Romance

3. Tamako Love Story

5 Anime Buatan Kyoto Animation yang Masih Populer Sampai Saat Ini

Jika dibandingkan dengan judul-judul film anime lainnya dari Kyoto Animation, Tamako Love Story terbilang ringan. Meskipun demikian, film anime dengan kisah pertemanan masa kecil ini masih menjadi salah satu film anime yang populer sampai saat ini.

Tamako Love Story adalah film konyol dan lucu tentang romansa masa muda antara teman masa kecil. Berfokus pada Mochizo dan Tamako, dua siswa sekolah menengah yang tinggal berseberangan antara satu sama lain. Sebagai anak dari pemilik toko mochi (kue beras) yang berbeda.

Diceritakan Tamako jauh lebih tertarik membuat mochi, sedangkan Mochizo bercita-cita masuk sekolah film di Tokyo. Ketika Mochizo memutuskan untuk kuliah di Tokyo, waktu mereka telah habis untuk bersama-sama menceritakan bagaimana perasaan yang sebenarnya.

Film anime Tamako Love Story memiliki cerita yang ringan namun menyenangkan dan bisa membuat kita mengingatkan tentang cinta pada masa kecil.

TipeMovie
Tayang26 April 2014
Episode1
StudioKyoto Animation
GenreSlice of Life, Comedy, Romance

2. The Melancholy of Haruhi Suzumiya (Suzumiya Haruhi no Yuuutsu)

5 Anime Buatan Kyoto Animation yang Masih Populer Sampai Saat Ini

Salah satu judul yang paling disukai dan masih populer untuk menjadi rekomendasi anime dari Kyoto Animation adalah The Melancholy of Haruhi Suzumiya, memberikan sentuhan menarik pada genre romance bernuansa slice of life khas anak SMA. Anime tersebut berhasil memadukan unsur komedi, fiksi ilmiah, dan supernatural.

Bercerita mengenai tokoh utama Haruhi Suzumiya, yang terlahir sebagai wanita cerdas, jago dalam olahraga namun memiliki satu kelemahan yang sebenarnya lumayan unik yaitu tidak pernah peduli dengan orang-orang disekitarnya.

Karena dia ketua OSIS, dia pun menciptakan klub satuan SOS dengan tujuan utama adalah menemukan alien, penjelajah waktu, dan esper. Sang protagonis, Kyon, adalah satu-satunya anak SMA yang cukup berani mendekati Haruhi dan menanyai tentang kepribadiannya yang unik tersebut.

Akibatnya, dia terikat ke dalam klub SOS dan dengan enggan berpetualang bersama Haruhi. Namun, sedikit yang Kyon ketahui, gadis eksentrik ini mungkin memegang kunci untuk menaklukan seluruh alam semesta karena sebenarnya dia memiliki kekuatan yang tersembunyi dan tidak dia sadari sama sekali.

Anime Suzumiya Haruhi no Yuuutsu juga telah menginspirasi adaptasi film anime berdurasi penuh berjudul “The Disappearance of Haruhi Suzumiya” dan banyak video game lainnya.

TipeTV
Tayang3 April 2006 – 3 Juli 2006
Episode14
StudioKyoto Animation
GenreComedy, Slice of Life, Parody, Mystery, School

1. Violet Evergarden

5 Anime Buatan Kyoto Animation yang Masih Populer Sampai Saat Ini

Serial anime Violet Evergarden yang disutradarai oleh Taichi Ishidate berkisah tentang seorang gadis muda bernama Violet yang memiliki kecepatan, naluri, memiliki kekuatan seperti manusia super, Violet terjebak dalam perang dan digunakan sebagai senjata militer. Namun ia memutuskan untuk meninggalkan dunia tersebut dan beralih profesi menjadi penulis profesional di Auto Memory Dolls untuk menulis surat.

Befokus pada Violet saat dia mencoba mencari karier dan membangun kembali hidupnya setelah perang berakhir. Untuk memahami kata-kata terakhir kaptennya, Violet memulai pekerjaan barunya sebagai Memory Doll dan mencoba memasukkan emosi orang lain ke dalam surat buatannya sendiri.

Violet Evergarden masih menjadi anime populer sampai saat ini karena memiliki grafik yang realistis, sinematografi indah, dan lagu-lagu yang dihadirikan dari anime ini sangat bagus sampai-sampai mendapat penghargaan sebagai soundtrack anime terbaik.

TipeTV
Tayang11 Januari 2018 – 5 April 2018
Episode13
StudioKyoto Animation
GenreDrama, Fantasy, Slice of Life

Dari dulu sampai saat ini studio Kyoto Animation telah merilis banyak film dan serial anime TV dengan rating tinggi yang bisa kamu lihat di situs Myanimelist. Tambahkan beberapa judul dan beri tahu kami mana anime favorit kamu dari Kyoto Animation di kolom komentar dibawah ini.

Adblock Detected

Matikan Adblcoknya ya ^_^