Penjualan Manga Act-age Meningkat Pesat Setelah Skandal Sang Mangaka

Setelah Tatsuya Matsuki ditahan karena tindakan pelecehan yang dilakukannya terhadap dua orang anak di bawah umur. Belum lama ini dilaporkan bahwa penjualan semua volume manga Act-age karyanya mengalaminya peningkatan pesat baik dari bentuk fisik maupun digital. Beberapa toko buku di Jepang melaporkan bahwa permintaan untuk manga ini terus melonjak sampai membuat mereka kewalahan. Serial tersebut diperkirakan akan terjual habis dalam beberapa hari kedepan.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Menurut fans ada beberapa kemungkinan yaitu:

  1. Para fans tidak setuju tentang kemungkinan pembatalan/pemberhentian manga, jadi mereka membelinya.
  2. Banyak orang penasaran dengan manga Act-age karena belakangan ini kerap di angkat oleh media dan sempat menjadi trending pertama di Twitter Jepang.
  3. Bentuk dukungan terhadap sang mangaka.
  4. Sebagai perpisahan
  5. Manga ini akan menjadi langka dan nilainya dapat berlipat ganda jika manga sampai di berhentikan serialisasinya.

Saat ini, banyak toko buku di Jepang telah mengambil langkah-langkah untuk menghindari kemungkinan pembelian manga secara besar-besaran, di antaranya yang menonjol adalah – satu orang hanya dapat membeli satu volume serta jadwal khusus di mana produk ini akan dijual.
Sementara penerbitan volume terbarunya kemungkinan akan “tertunda” sampai waktu yang belum ditentukan karena situs resmi Shueisha tekah menghapus jadwal rilis untuk volume 13 yang pada awalnya ditetapkan pada awal Oktober. Begitu juga dengan adaptasi drama panggungnya yang dikabarkan mengalami masalah di proses audisi untuk pemerannya.

Shueisha sendiri belum mengambil tindakan tentang nasib manga Act-age kedepannya. Mereka baru mengeluarkan pernyataan sebagai berikut:

“Ada laporan tentang Tatsuya Matsuki, penulis Act-Age, serial manga di majalah Weekly Shonen Jump, yang akan ditanggapi secara serius oleh departemen editorial. Setelah mengonfirmasi peristiwa ini, kami akan menangani masalah ini dengan tepat. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin ditimbulkan oleh situasi ini pada pembaca kami.”

Act-agr adalah manga shounen yang telah diterbitkan di Indonesia pada 5 Agustus ini, ditulis oleh Tatsuya Matsuki dan diilustrasikan oleh Shiro Usazaki. Manga ini dimuat dalam majalah Weekly Shounen Jump terbitan Shueisha sejak bulan Januari 2018. Chapter-chapter tunggalnya telah dibundel dan diterbitkan oleh Shueisha hingga 12 volume. Viz merilis tiga chapter pertamanya untuk program “Jump Start” mereka dan mulai menerbitkan seri ini secara serentak sejak bulan Desember 2018 setelah melakukan proses restrukturisasi Shounen Jump versi bahasa Inggris. Shueisha juga telah merilis seri ini dalam bahasa Inggris di Manga Plus sejak bulan Januari 2019