Shingeki no Kyojin Final Season Ditarik dari Daftar Rilis Oktober 2020

Hari Kamis kemarin, Animate Times mempublikasikan daftar 38 judul anime TV yang siap dirilis pada bulan Oktober mendatang, dan dari list tersebut terdapat satu judul yang sangat menyita perhatian warga net yaitu Shingeki no Kyojin Final Season. Setelahnya banyak orang – sempat meragukan hal tersebut karena ini belum dikonfirmasi sama sekali oleh pihak terkait, dan beberapa orang mulai mempertanyakan kebenarannya. Kini anime ini tidak lagi terlihat dari daftar tersebut.

Kurang dari sehari setelah Animate Times mempublikasikan daftar tersebut, lalu pada hari Jumat mereka kembali memperbaruinya dan kali ini nama Shingeki no Kyojin Final Season sudah tidak ada lagi dari daftar. Rilis anime untuk bulan Oktober mendatang sekarang menyisakan 37 judul diantaranya adalah DanMachi season 3, Mahouka Koukou no Rettousei season 2, Iwa kakeru! Climbing Girls, Majo no Tabitabi, Ikebukuro West Gate Park, dan beberapa seri populer lainnya.

Belum diketahui apakah seri AOT ditarik karena merupakan sebuah kesalahan atau atas permintaan dari staf anime. Tapi di situs resmi anime Attack on Titan sendiri masih tertulis bahwa season 4 ini direncanakan untuk dirilis pada tahun 2020, meski belum ada konfirmasi sama sekali tentang musim atau bulan penayangannya.

MAPPA selaku studio yang menggarap anime ini, juga belum angkat bicara soal kapan final season akan ditayangkan. Selain karena pandemi Covid-19 dan beberapa alasan lainnya, tidak menutup kemungkinan kalau MAPPA akan membutuhkan waktu sedikit lebih lama sebelum menyajikan anime popular ini ke para fans. Merupakan hal yang wajar jika mereka sedikit ragu untuk memutuskan jadwal rilis karena mengambil langkah untuk menggarap seri raksasa yang selalu tampil sempurna di tiga season sebelumnya ini tidaklah mudah, jutaan kritikan pedas atau hujatan sepertinya sudah siap menerjang studio ini jika mereka malah melepas anime dengan standar di bawah season-season sebelumnya, seperti yang telah menimpa studio Deen dengan season ketiga Nanatsu no Taizai dan beberapa judul lainnya.