10 Rekomendasi Anime Time Travel (Perjalanan Waktu) Yang Wajib Kamu Tonton!

Berbicara tentang anime time travel atau perjalanan waktu pada umumnya, anime yang menceritakan sang tokoh utama melakukan sebuah hal yang mungkin sebagian besar dari kita menginginkannya yaitu kembali ke masa lalu untuk memperbaiki sebuah kesalahan yang kita perbuat atau menuju ke masa depan untuk mengetahui baik atau buruknya diri kita di masa depan, sehingga kita bisa memperbaikinya sebelum hal itu terjadi.

Pasti dari kalian semua penasarankan kira-kira anime apa aja sih dengan tema time travel terbaik. Tanpa basa-basi lagi inilah 10 Rekomendasi Anime Time Travel Terbaik Yang Wajib Kamu Tonton versi Animesaku.

10. Irozuku Sekai no Ashita kara (Iroduku: The World in Colors)

Berlatar di Kota Nagasaki, cerita dalam anime ini terjadi di dunia dimana sejumlah sihir masih menjadi kebutuhan sehari-hari. Tsukishiro Hitomi adalah seorang gadis berusia 17 tahun keturunan keluarga penyihir yang tumbuh tanpa emosi ketika ia mulai tak mampu melihat warna di usianya yang sangat muda. Merasa kasihan akan masa depan cucunya. Kohaku, seorang penyihir sekaligus nenek dari Hitomi mengirimnya ke masa lalu, di tahun 2018. Dan bersama dengan neneknya yang masih berusia 17 tahun serta teman-teman satu klubnya yang lain, Hitomi mulai tumbuh menjadi seseorang yang baru.

Karena dihasilkan oleh salah satu studio populer yakni P.A. Works, yang terkenal dengan jalan cerita dramanya yang khas, maka jangan heran jika kalian menonton “Irozuku Sekai” memiliki pola yang sedikit berbeda dari anime time travel pada umumnya dan terasa agak sedikit membosankan. Lalu, sihir yang merupakan tema lain dari seri ini juga memiliki pengemasan yang sangat bagus. Agak berbeda dengan sihir-sihir lain yang biasa kita jumpai pada berbagai macam film atau seri anime, dalam anime ini arti sihir sedikit disederhanakan sebatas untuk membuat orang lain bahagia, tapi dari sinilah sisi menariknya selain karena ini juga cocok dengan tema utama yang dibawakan. Segala macam konflik dan peristiwa yang dilalui oleh sang tokoh utama hanya semata-mata untuk melihat warna yang telah terlupakan dalam hidupnya.

Total Episode13
Tayang6 Oktober 2018 = 29 Desember 2018
Musim PerdanaFall 2018
StudioP.A. Works
GenreDrama, Magic, Romance, School

9. Noein: Mou Hitori no Kimi e (Neoin: to your other self)

Berikut ada anime lawas yang hadir pada tahun 2005, mengambil konsep perjalanan waktu Pada 15 tahun ke depan, sebuah pertempuran besar telah berlangsung yang terjadi antar dimensi ruang dan waktu. Hanya ada satu cara menghentikan invasi Shangri-La dan menyelamatkan dimensi lainnya, Sebuah kelompok bernama Dragon Calvary dikirim melewati waktu untuk mencari benda misterius bernama Ryu no Toruku. La’cryma mempercayai bahwa Haruka adalah Dragon Torque dan Karasu bersumpah akan melindunginya sampai tetes darah terakhir.

Anime ini memiliki cerita yang cukup berat untuk dipahami, tidak hanya karena membahas tentang sains tingkat universitas, kita diharuskan memiliki pengetahuan awal sebelum mulai menontonnya. Namun di sisi lain, anime ini sebenarnya berhasil melakukan sesuatu yang tidak mudah, yaitu sukses menggabungkan sains yang kompleks dengan kisah menyentuh seputar para tokohnya.

Total Episode24
Tayang12 Oktober 2005 – 29 Maret 2006
Musim PerdanaFall 2005
StudioP.A. Works
GenreAdventure, Drama, Sci-Fi, Slice of Life

8. Orange

Biasanya anime time travel selalu membawa unsur action, namun dalam anime Orange unsur tersebut digantikan dengan genre romance dan drama. Dari situlah anime ini menjadi anime yang berbeda dari konsep time travel. Ceritanya tentang 5 orang sahabat, Naho Takamiya, Hiroto Suwa, Takako Chino, Saku Hagita dan Azusa Murasaka yang suatu hari mendpatkan kiriman surat dari masa depan. Hari di saat mereka mendapatkan surat tersebut, hari itu juga ada seorang murid baru asal Tokyo bernama Kakeru Naruse yang masuk ke kelas mereka. Seorang murid baru yang bertampang suram dan cukup pendiam.

Pesan untuk kalian yang suka dengan anime galau, bisa deh cicipin serial anime satu ini. Siapkan waktu luang dan perasaan yang anti luluh lantah sebelum kalian menyaksikan anime satu ini, karena ceritanya mungkin bisa meledakkan air mata kalian hingga bercucuran, bahkan sebelum mencapai ending yang sebenarnya.

Total Episode13
Tayang4 Juli 2016 – 26 September 2016
Musim PerdanaSummer 2016
StudioTelecom Animation Film
GenreSci-Fi, Drama, Romance, School, Shoujo

7. Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu (Re:ZERO – Starting Life in Another World)

Re:Zero adalah salah satu anime yang sangat bagus dan memiliki cerita yang menarik karena di anime ini kita tidak tahu siapa yang memindahkan sang karakter utama ke dunia lain atau Isekai namun anime ini juga termasuk ke dalam anime time travel karena mengambil konsep dari masa depan ke masa lalu namun bukan untuk mengubah diri sendiri melainkan mencari jalan keluar dari dunia tersebut.

Ceritanya bermula ketika Subaru Natsuki meninggalkan toko, hal terakhir yang dia harapkan adalah meninggalkan kehidupan sehari-harinya dan jatuh ke dunia fantasi. Awalnya dia terlihat bingung setelah masuk ke dunia fantasi saat keluar dari toko, lalu dia kemudian mencoba bertanya kepada orang-orang disana, tapi dia malah di seorang oleh orang dari tempat itu. Untungnya, seseorang yang misterius bernama Satella, yang saat itu sedang mengejar pencuri yang mengambil lencanya, perempuan itu menyelamatkan Subaru. Tapi tanpa sepengetahuan mereka, kekuatan yang jauh lebih gelap menghalangi pasangan dari bayang-bayang, dan beberapa menit setelah menemukan lencana itu, Subaru dan Satella dibunuh secara brutal. Tapi Subaru hidup kembali pada tempat awal dia datang ke dunia tersebut.

Total Episode25
Tayang4 April 2016 – 19 September 2016
Musim PerdanaSpring 2016
StudioTelecom Animation Film
GenrePsychological, Drama, Thriller, Fantasy

6. Charlotte

Dari anime yang memiliki kekuatan supernatural sampai melompati waktu demi menyelamatkan seseorang dan salah satunya masuk ke dalam anime Charlotte.

Berkisah di dunia dimana sebagian kecil anak-anak memiliki kemampuan super setelah mencapai masa pubertas. Yuu Otosaka, seorang anak yang memiliki kemampuan untuk mengambil alih tubuh oranglain selama 5 detik, berniat untuk menggunakan kekuatannya untuk menjalanin kehidupan SMA dengan mudah. Namun, ia tertangkap tangan oleh Nao Tomori dan dipaksa untuk pindah ke Akademi Hoshinoumi, di mana dirinya dan anggota OSIS lainnya harus membantu siswa yang memiliki kesulitan mengendalikan kemampuan mereka.

Total Episode13
Tayang5 Juli 2015 – 27 September 2015
Musim PerdanaSummer 2015
StudioTelecom Animation Film
GenreDrama, School, Super Power

5. Seikimatsu Occult Gakuin (Occult Academy)

Pada tahun 2012 dunia telah diserang oleh alien dan menyebabkan kehancuran untuk mengatasi kehancuran tersebut seorang penjelajah waktu bernama Fumiaki Uchida di kirim kembali ke waktu pada tahun 1999 dengan misi untuk menghancurkan kunci Nostradamus yang menyebabkan terjadinya sebuah ramalan Nostradamus tentang akhir dunia.

Untuk mencari kunci tersebut, Fumiaki memiliki sebuah ponsel khusus yang dapat menemukan sebuah objek menarik dan jika sebuah objek di foto dan memikirkan untuk menghancurkan maka ponsel tersebut akan menghasilkan sebuah gambar kabar keadaan dunia. Jika terdapat gambaran dunia yang damai maka benda tersebut adalah kunci Nostradamus, namun jika mendapatkan gambar dan dunia yang hancur maka benda tersebut bukanlah kunci Nostradamus, dengan bantuan ponsel miliknya Maya dan Fumiaki melakukan investigasi kejadian di kota.

Total Episode13
Tayang6 Juli 2010 – 28 September 2010
Musim PerdanaSummer 2010
StudioA-1 Pictures
GenreSci-Fi, Mystery, Comedy, Supernatural, School

4. Island

Mengkombinasikan perpaduan antara perjalanan waktu di tambah amnesia Island menjadi sebuah anime yang mempersembahkan cerita tersebut dengan konsep yang berbeda dan dikemas dengan cewek yang imut-imut. Mungkin ada beberapa yang tidak suka dengan anime ini karena cara penyajian ceritanya, tapi kalo menurut aku pribadi untuk persoalan cerita perjalanan waktunya anime ini bagus banget.

Island berfokus pada karakter utama bernama Setsuna yang dilempar ke masa lalu demi mengubah takdir dunia tapi sialnya Setsuna sama sekali tidak ingat apa-apa saat sudah sampai di tujuannya tersebut, ia malah seperti orang ling-lung yang tidak punya misi apa-apa. Kisah perjalanan Setsuna dengan amnesia yang dia derita jadi awal cerita utama anime Island.

Total Episode12
Tayang1 Juli 2018 – 16 September 2018
Musim PerdanaSummer 2018
Studiofeel.
GenreDrama, Sci-Fi

3. Suzumiya Haruhi no Yuutsu (The Melancholy of Haruhi Suzumiya)

Memang benar kalau anime atau film yang mengambil konsep time travel itu selalu punya plot yang unik sama seperti anime Suzumiya Haruhi ini yang wajib bagi kamu pecinta cerita mistis dan skenario yang tak terduga. Singkatnya, anime yang diangkat dari novel berjudul sama ini menceritakan tentang tokoh utama yang bernama Haruhi terlahir sebagai wanita cerdas, jago dalam olahraga namun memiliki satu kelemahan yang sebenarnya lumayan unik yaitu tidak pernah peduli dengan orang-orang disekitarnya.

Dia tidak tertarik dengan hal-hal yang normal, tapi dia lebih terobsesi pada hal-hal supernatural seperti alien, penjelajahan waktu dan esper. Ternyata, tanpa disadari olehnya dia memiliki kekuatan layaknya Tuhan. Dia mampu mengendalikan takdir, hanya dengan berharap sesuatu terjadi. Jadi dia dengan mudah mampu menghancurkan dan menciptakan dunia baru sesuai keinginannya. Untung saja Suzumiya tidak menyadari kekuatannya, apa jadinya jika dia sadar akan kekuatannya?

Total Episode14
Tayang3 April 2006 – 3 Juli 2006
Musim PerdanaSpring 2006
StudioKyoto Animation
GenreComedy, Mystery, Parody, School, Sci-Fi, Slice of Life

2. Kimi no Na wa (Your Name)

Sudah tidak diragukan lagi bahwa movie Kimi no Na wa sempat menjadi perbincangan dikalangan otaku karena anime ini memiliki jalan cerita yang seru dan tidak mudah ditebak dan itu menjadi daya tarik anime ini. Kimi no Na wa atau secara bahasa Indonesia yang artinya Siapa Namamu? Merupakan anime yang menceritakan hubungan pertukaran kehidupan antara Mitsuha dan Taki.

Dua orang ramaja yang lahir dan hidup di tempat yang berbeda. Mitsuha adalah seorang gadis SMA yang tinggal di daerah pedesaan di pegunungan. Mitsuha sering berkeinginan untuk pergi ke Tokyo karena bosan hidup di pedesaan. Sementara itu, Taki adalah seorang siswa SMA di kota Tokyo. Dalam kesehariannya, ia menghabiskan waktu untuk bermain dengan teman-temannya dan bekerja paruh waktu. Suatu hari mereka mengalami pengalaman aneh di mana Mitsuha bermimpi dirinya menjadi seorang laki-laki. Dan sebaliknya, Taki bermimpi dirinya menjadi perempuan yang tinggal di daerah pegunungan yang tak pernah ia datangi.

Total Episode1
Tayang26 Agustus 2016 – 7 Desember 2016
Musim PerdanaSummer 2016
StudioKyoto Animation
GenreDrama, Romance, School, Supernatural

1. Steins;Gate

Dipuncak ada anime Steins;Gate, pasti rata-rata orang yang menonton anime ini akan kebingungan dengan maksud yang ada pada anime ini. Anime yang membutuhkan konsentrasi tinggi saat menontonnya, karena anime ini menyimpan segala info penting dalam setiap episodenya. Jadi jangan sampai kamu melewatkan atau sekedar melakukan skip pada anime ini nanti pastinya kamu akan bingung dengan jalan ceritanya yang agak aneh.

Berkisah pada seorang ilmuan bernama Okabe bersama teman masa kecilnya, Mayuri dan seorang hacker sekaligus otaku, Daru telah membentuk “Laboratorium Penelitian Gadged Masa Depan”. Mereka menghabiskan waktu di laboratorium untuk menciptakan gadget futuristik yang luar biasa. Salah satu penemuan yang paling menarik adalah Phone Microwave yang dapat mengirim pesan teks ke masa lalu. Akibatnya aliran waktu berubah, Okabe dan seluruh anggota laboratorium pun harus menerima konsekuensinya.

Total Episode24
Tayang6 April 2011 – 14 September 2011
Musim PerdanaSpring 2011
StudioWhite Fox
GenreSci-Fi, Thriller

Itulah 10 Rekomendasi Anime Time Travel atau Perjalanan Waktu yang bisa kamu tonton. Apakah perjalanan waktu itu benar-benar ada? Atau cuma khayalan fiksi belaka?. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi anime buat kamu tonton. Jangan lupa share artikel ini keteman-teman kamu yang sedang mencari anime time travel. Sampai jumpa di pembahasan rekomendasi anime lainnya!

Adblock Detected

Matikan Adblcoknya ya ^_^