MAPPA: Studio Baru Attack on Titan Season 4, Anime Apa Saja yang Digarap?

Shingeki no Kyojin season 4 atau yang juga dikenal dengan Attack on Titan The Final Season merupakan salah satu anime paling diantisipasi tahun ini, setelah tahun sebelumnya dikabarkan bahwa adaptasi anime berdasarkan manga Isayama Hajime ini akan berlanjut ke season 4 pada Fall 2020.

Tingkat hype untuk seri ini semakin meroket setelah trailer pertamanya dilepas pada 29 Mei, mereka berhasil menjadi sorotan dan pembicaraan fans anime dari berbagai penjuru dunia. Official Video Trailer-nya bahkan telah ditonton lebih dari 6,4 Juta kali di YouTube (belum termasuk banyaknya video reupload lain), hanya dalam kurun waktu 6 hari saja. Dan yang paling menjadi pembicaraan panas di antara fans tentu saja studio MAPPA yang seketika menjadi trending di Twitter setelah beberapa jam video tersebut di publikasikan.

Sejak tahun lalu Wit Studio memang telah dikabarkan akan mengakhiri kerjasamanya dengan anime ini dan tidak akan terlibat lagi dengan season ke-4. Beberapa minggu sebelum trailer tersebut di rilis, seri ini sempat dirumorkan dengan beberapa studio dan tidak satupun dari rumor tersebut yang mengarah pada MAPPA.

Tapi siapa sangka, dengan banyaknya proyek anime mendatang yang telah dikonfirmasi akan digarap oleh studio ini, (termasuk dua anime paling diantisipasi yaitu Jujutsu Kaisen dan The God of High School). Ternyata MAPPA juga akan menghadirkan Season ke-4 Attack on Titan.

Kualitas Animasi Attack on Titan Season 4

Sontak banyak penggemar Shingeki no Kyojin yang begitu heboh setelah menonton trailer tersebut pasalnya mereka tidak meyakini bahwa MAPPA akan dapat mempertahankan kualitas anime yang selalu hampir sempurna di setiap season ini. Terutama untuk kualitas visual di anggap beberapa orang mengalami penurunan.

Tapi jika Anda memperhatikannya lebih detail lagi sebenarnya MAPPA sama sekali tidak menampilkan animasi yang bisa kita sebut “buruk”, studio ini jelas menggarap season 4 Attack on Titan dengan gaya animasi mereka sendiri – menampilkan pewarnaan yang hangat dan lebih halus. Berbeda dengan Wit Studio yang pewarnaan-nya lebih terkesan gelap dan dengan efek shadow yang lebih membuat animasi serasa lebih real – terutama untuk bagian wajah karakter.

Desain karakter

Perbedaan yang paling di sorot juga adalah desain karakter yang dianggap cukup berbeda dengan tiga season Attack on Titan sebelumnya, ini sebenernya merupakan hal yang wajar mengingat pergantian studio ini juga berujung pada pergantian anggota staf, tidak terkecuali untuk desain karakternya. Season sebelumnya Asano Kyouji dan Yamada Ayumi bertanggung jawab untuk mendesain karakter anime tapi untuk Final season ini, Kishi Tomohiro di tunjuk sebagai desainer karakter baru menggantikan posisi mereka.

Keraguan Fans

Berbagai spekulasi dari para penggemar seri Attack on Titan mulai bermunculan tentang bagaimana season ke-4 atau season final ini, meski tidak sedikit diantaranya yang berpikir bahwa MAPPA cukup menjanjikan. Tapi banyak juga yang meragukannya, ini bukan semata hanya dari sebuah trailer saja – pasalnya jika melihat kilas balik dari apa yang terjadi dengan season ketiga Nanatsu no Taizai, season kedua One-Punch Man, dan beberapa anime lainnya yang juga mengalami penurunan kualitas setalah anime tersebut berpindah ke studio lain, rasanya anggapan tersebut “cukup” beralasan.

Anime Buatan Studio MAPPA

MAPPA yang merupakan singkatan dari acronym for Maruyama Animation Produce Project Association, adalah studio animasi Jepang yang didirikan pada 14 Juni 2011 oleh Masao Maruyama, seorang pendiri dan mantan produser studio Madhouse. Walaupun sebenarnya Maruyama yang merupakan pendiri dan bagian nama dari studio tersebut mengundurkan diri pada April 2016 dan mendirikan studio baru, yaitu Studio M2.

Estetika studio MAPPA sendiri dalam menggarap anime action tidaklah buruk, seperti apa yang telah mereka buktikan lewat anime Dororo, Inuyashiki, Banana Fish, Dorohedoro, Ushio to Tora, Garo: Vanishing Line,
Shingeki no Bahamut dan lainnya. Jelas kalau studio ini adalah salah satu studio yang memiliki reputasi yang baik. Mereka juga telah menggarap beberapa anime populer dengan genre berbeda yang berhasil menuai banyak pujian seperti Zankyou no Terror, Sakamichi no Apollon, Hajime no Ippo: Rising, dan berbagai judul lainnya. Daftar lengkap anime buatan MAPPA bisa kamu temukan DISINI.

Masih sebatas Trailer

Meskipun sentuhan khas studio MAPPA jelas terlihat lewat trailer berdurasi dua menit lebih tersebut. Tapi harus tetap di catat, kalau itu masih “sebatas” trailer dan yang tak kalah pentingnya – pihak studio sendiri telah mengkonfirmasi bahwa animasi yang mereka sajikan lewat trailer tersebut belum bisa disebut sebagai versi “final”, yang artinya kemungkinan tentang perubahan animasi saat Season 4 secara resmi ditayangkan nanti bisa saja terjadi.

Ada beberapa perubahan yang ditunjukkan lewat trailer tersebut, tapi menurut Anda. Diantara kedua studio tersebut siapakah yang penggambaran dunia dan karakternya lebih mendekati manga karya Isayama Hajime ini?

Apapun jawabannya, anime Attack on Titan atau Shingeki no Kyojin sudah sangat melekat dengan gaya animasi Wit Studio dan itu mungkin tidak akan bisa dihilangkan hanya dengan satu season apalagi untuk orang-orang yang tidak mengikuti seri manga-nya. Maka tidak heran meskipun semisalnya MAPPA berhasil menggarap Season 4 anime ini dengan baik nantinya, tetap masih akan ada beberapa orang yang akan merasa “kurang”.

Pada akhirnya Final season ini akan menjadi ajang pembuktian untuk MAPPA dan tentu saja menangani seri besar yang begitu populer seperti ini membuat mereka harus siap akan kritikan para penggemar yang sangat berpotensi menjadi sebuah kecaman nantinya.

Adblock Detected

Matikan Adblcoknya ya ^_^