Hasil Survei Mengungkap Mengapa Kimetsu no Yaiba Begitu Populer

Seperti yang kamu ketahui, Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba adalah seri yang sangat populer, merupakan juara yang telah meraih berbagai penghargaan, memecahkan berbagai rekor, bahkan berhasil menjadi rival “dadakan” One Piece dan semua itu sudah tidak terbantahkan lagi. Jika di hitung secara keseluruhan, manga karya Gotouge Koyoharu ini sukses tercetak hingga lebih dari 60.000.000 eksemplar di Jepang, membuat beberapa toko buku kehabisan stok manga ini dalam waktu yang sangat singkat bahkan ada yang sampai harus menyembunyikannya dari calon penimbun.

Kesuksesannya yang luar biasa ini kerap kali menimbulkan pertanyaan di benak banyak orang, mengapa Kimetsu no Yaiba begitu populer? Untuk menjawab pertanyaan itu Animate Times mengadakan Survei untuk para pembacanya.

Usia & Jenis Kelamin

Usia & Jenis Kelamin

Dalam survei yang diikuti oleh 316 fans Kimetsu no Yaiba diatas, 99 pria (biru) dan 217 sisanya adalah perempuan (orange). Lalu untuk usia pembaca dari kanan: 10-19, 20-24, 25-29, 30s, 40s, 50s, 60. Hasilnya menunjukkan bahwa pembaca seri ini paling banyak dari usia antara 10 hingga 19 tahun, di ikuti oleh usia 40-50 tahun.

Awal Mengenal Kimetsu no Yaiba

Animate Times bertanya kepada para penggemar bagaimana awal mereka bisa mengetahui tentang Demon Slayer. Dari kiri ke kanan:

  • Menemukannya di majalah Shonen Jump
  • Melalui toko buku, toko anime, dll.
  • Dengan menonton anime
  • Dari seorang teman
  • Dari media sosial
  • Dengan mendengarkan lagu opening / ending
  • Dari berita acara TV
  • Lainnya

Survei Kimetsu no Yaiba

Seperti yang bisa diprediksi, jelas anime memiliki dampak yang sangat besar. Manga-nya telah diserialkan sejak 2016 dan tidak begitu populer, tetapi setelah diadaptasi ke anime oleh Studio Ufotable pada 2019, seri ini langsung menjadi sangat hype baik dari anime, manga, ataupun novel.

Apa yang Menarik?

Pertanyaan berikutnya tentang mengapa para penggemar menyukai seri ini, apa yang membuat mereka tertarik dari segi:

  • Characters
  • Story
  • Worldview
  • Setting

Demon Slayer survei

Peserta diizinkan untuk memilih sebanyak yang mereka suka. Hasilnya 80,7% memilih “karena karakter”, menjadikannya sebagai kategori dengan peringkat tertinggi, diikuti oleh pilihan “karena cerita” sebesar 72,8%.

Di akhir survei, Animate Times meminta para peserta untuk menulis alasan khusus mengapa mereka menyukai manga. Banyak yang berkomentar tentang langkah dan orisinalitas masing-masing karakter. Yang lain menulis bahwa “ceritanya mudah untuk diikuti oleh siapa saja, dan tidak menggunakan kata-kata yang rumit,” dan “tidak hanya karakter utama, tetapi oni itu sendiri, juga memiliki kisah mereka sendiri.”

Akhirnya, banyak peserta berkomentar bahwa saat manga berjalan di Shonen Jump, majalah ini seperti ditujukan untuk pembaca yang lebih muda, tapi manga ini juga menarik bagi orang dewasa. Itu menjelaskan rincian usia di atas, di mana dua kategori terbesar adalah orang-orang di usia remaja dan usia 40-an.

Entah ini hasil yang mengejutkan atau sesuai prediksi banyak orang. Harap dicatat bahwa Survei ini di ikuti oleh hanya ratusan orang saja (sangat sedikit dibandingkan dengan jumlah fans secara keseluruhan) dan hanya berdasarkan dari penggemar di Jepang sana.

Source
Animate Times

Adblock Detected

Matikan Adblcoknya ya ^_^