Sadoshima Blak-blakan Mengatakan Manga Jepang Sedang mengalami Kemunduran Karena Komik dari Korea dan China

Manga adalah bisnis raksasa, baik di Jepang maupun Negara lainnya. Kita kerap mendengar tentang bagaimana volume manga dari One Piece atau Naruto terjual dengan jumlah yang fantastis di berbagai Negara, dan selalu ada judul manga baru yang menarik perhatian banyak orang seperti Kimetsu no Yaiba.

Tetapi masa-masa itu mungkin tidak akan berlangsung selamanya, terutama di Asia. Itulah pendapat dari Yohei Sadoshima, pendiri Cork, agensi sastra yang mewakili seniman manga seperti Chuya Koyama (Space Brothers) dan Moyoco Anno (Sugar Sugar Rune).

Sadoshima baru-baru ini diwawancarai di stasiun radio TOKYO FM, di mana ia berkata secara blak-blakan bahwa “manga Jepang sedang mengalami kemunduran di panggung dunia.” Terutama di China, di mana pasar untuk komik berbasis web sedang sangat booming, dan di mana komik China yang banyak dibaca diunduh sekitar 150 juta kali. Bandingkan dengan Jepang, katanya, di mana skala kesuksesannya hanya lebih dari 10 juta.

Sadoshima juga mengatakan, karena begitu boomingnya komik asli Cina, mereka tidak lagi berminat untuk melisensikan manga dari luar. Tiga atau empat tahun yang lalu, ia mencoba menjual lisensi untuk manga Jepang di China, tetapi ia malah diberi tahu bahwa “akan membuang-buang uang untuk menerjemahkannya.”

Dia menambahkan bahwa komik Cina dan Korea sebelumnya “pernah” memiliki kecenderungan untuk meniru manga Jepang, tetapi sekarang komik mereka penuh dengan orisinalitas. Dia secara khusus menyebutkan fakta bahwa komik web ditulis untuk dibaca dalam bentuk vertical scroll, konstan yang cocok untuk layar smartphone.

“Ini bukan hanya kasus mengambil komik dan membuatnya vertikal,” tambahnya, “seluruh metode ekspresi berbeda.”

Sadoshima mengakhiri dengan mengatakan bahwa Cina dan Korea akan terus meningkatkan bakat mereka dalam menciptakan komik, dan pembuat manga dari Jepang perlu memikirkan metode “baru,” seperti menambahkan warna pada tiap lembar manga agar dapat memberi gambaran yang lebih nyata dan tetap dapat menjadi komik tersukses di Dunia.

Memeng tidak dapat dipungkiri bahwa komik dari Korea dan China sekarang tidak bisa di pandang sebelah mata, kehadiran mereka yang terus berkembang perlahan menjadi sebuah ancaman untuk manga lainnya. Bahkan beberapa komik atau manhwa korea sekarang dapat membuat studio produksi anime Jepang tertarik untuk mengadaptasinya, seperti Tower of God, The God of High School, dan Noblesse.

Source
Tokyo FMOtakomu

Adblock Detected

Matikan Adblcoknya ya ^_^