Bentuk Kepedulian Atas Wabah Coronavirus, Majalah Manga Tersedia Secara Gratis

Shueisha dan Shogakukan mengumumkan bahwa mereka akan memposting kembali beberapa majalah manga digitalnya secara gratis untuk waktu yang terbatas, karena banyak sekolah, tempat, dan acara di Jepang ditutup untuk sementara karena kekhawatiran terhadap wabah coronavirus COVID-19.

13 edisi pertama majalah digital Weekly Shonen Jump milik Shueisha tahun ini tersedia secara gratis hingga 31 Maret melalui situs Zebrack. Ini adalah pertama kalinya majalah ini memposting 10 atau lebih untuk edisi gratis di Jepang. Para editor mengatakan bahwa mereka berharap anak-anak yang tidak dapat keluar dengan mudah bisa menikmati Jump online.

Shueisha

Shogakukan juga memposting 12 edisi pertama majalah Weekly Shonen Sunday miliknya secara gratis melalui situs Sunday Webry (Sunday Web Every). Situs ini memposting semua volume Shijo Saikyō no Deshi Kenichi, Kekkaishi, dan Hayate the Combat Butler secara gratis hingga Sabtu. Tiga volume pertama dari 100% lebih seri manga akan tersedia online secara gratis dalam beberapa batch, dimulai dengan Detective Conan, Teasing Master Takagi-san, Kimi wa 008,
Komi-san wa, Comyushou desu, dan 18 manga lainnya hingga 16 Maret.

Shogakukan

Shogakukan memposting beberapa edisi majalah sebelumnya seperti Betsucomi, Sho-Comi, Cheese!, Ciao Deluxe, Petit Comic, dan Monthly Flowers yang tersedia melalui e-Comic Store secara gratis hingga 15 Maret. Dengan orang-orang yang harus menghabiskan begitu banyak waktu di rumah, para editor mengatakan mereka ingin melakukan sebanyak yang mereka bisa untuk orang-orang itu.

Selain itu, majalah Monthly Coro Coro Comics edisi Januari 2020 tersedia secara gratis, dan Shogakukan juga akan menerbitkan edisi Februari 2020 secara gratis pada tanggal 9 Maret, melalui e-Comic Store. Ini akan membuat edisi majalah Monthly Coro Coro Ichiban! kembali tersedia secara gratis, mereka berencana untuk melanjutkan rilis gratis untuk kedua majalah hingga pertengahan Maret. Para editor mengatakan bahwa mereka memberikan segalanya untuk membuat Coro Coro Comics dapat membuat setiap orang selalu tersenyum setiap hari.

Shueisha sebelumnya merilis edisi ke-15 (2011) Weekly Shonen Jump online secara gratis setelah tertunda karena bencana gempa bumi dan tsunami Tohoku pada tahun 2011.

Jumat lalu, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengumumkan bahwa pemerintah akan meminta semua sekolah dasar, SMP, dan SMA di Jepang ditutup mulai 2 Maret hingga akhir liburan musim semi siswa, yang biasanya berlangsung pada awal April. untuk mencegah penyebaran wabah coronavirus COVID-19. Pemerintah juga menganjurkan anak-anak dan orang lain untuk tinggal di rumah dan menghindari acara besar selama beberapa minggu ke depan. Selama paruh pertama bulan Maret, tempat dan acara seperti Tokyo Disneyland, Universal Studios Japan, Ghibli Museum, NAMJATOWN, AnimeJapan, dan Shizuoka Hobby Show telah mengalami penutupan, pembatalan, atau penundaan.

Pada hari Minggu, WHO melaporkan bahwa Jepang memiliki 239 kasus virus, dengan lima kematian. Angka-angka ini tidak termasuk jumlah kasus dari kapal pesiar Diamond Princess yang bersandar di Yokohama. Kapal pesiar itu memiliki 705 penumpang yang terinfeksi, dengan enam kematian.